Nasional

ALEX NOERDIN, SETELAH JADI TERSANGKA KASUS PDPDE, KINI JADI TERSANGKA MASJID SRIWIJAYA

Jakarta
beeoneinfo.com

Diketahui bahwa mantan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dua priode, Ir H Alex Noerdin sebelumnya sudah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan Kejaksaan Agung atas dugaan kasus korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan periode 2010-2019.

Selain dugaan kasus itu, kini Kejaksaan kembali menetapkan politisi Partai Golkar tersebut sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Perkara korupsi ini berkaitan dengan pembangunan masjid yang diproyeksi menjadi terbesar di kawasan Asia. Tempat ibadah itu akan berdiri di atas lahan seluas 20 hektare (ha).

Lagi Viral :   KASUS DUGAAN PENYELEWENGAN ANGGARAN DI SEKWAN PALI 2020, TIM KEJAKSAAN GELEDAH SEKRETARIAT DPRD PALI

“Iya benar (Alex Noerdin tersangka), hari ini penetapannya,” kata Aspidsus Kajati Sumsel, Victor Antonius Saragih Sidabutar saat dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (22/09/2021).

Namun Viktor belum dapat menjelaskan secara rinci mengenai kronologi keterlibatan Alex Noerdin dalam kasus dugaan korupsi Masjid  Sriwijaya tersebut.

Dia menerangkan, Kejaksaan Agung akan merilis perkara itu secara lengkap.

“Pasal sangkaan pasal 2 dan 3 UU no.31 tahun 1999. Untuk penjelasan resmi agar melalui Kapuspenkum,” jelasnya.

Lagi Viral :   BAGAIMANA KELANJUTAN KASUS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK KETUA BPD SUNGAI BAUNG DIPOLSEK TALANG UBI

Sebagai informasi, perkara korupsi ini berkaitan dengan dana hibah pembangunan masjid yang diproyeksi menjadi terbesar di kawasan Asia. Pasalnya, tempat ibadah itu akan berdiri di atas lahan seluas 20 hektare (ha).

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mengeluarkan Rp130 miliar untuk pembangunan awal masjid, yang
menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Ada empat orang yang sudah disidang sebagai terdakwa. Kemudian, dua tersangka lain masih dalam tahap penyidikan yakni Mantan Sekda Sumsel era Alex Noerdin, Mukti Sulaiman dan mantan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel Ahmad Nasuhi.

Lagi Viral :   DUGAAN OKNUM SEKWAN SETUJUI PEMBAYARAN SPJ FIKTIF OKNUM DPRD PALI.

Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa pada Selasa (27/07/2021) lalu, disebutkan bahwa Alex menerima aliran dana sebesar Rp2,4 miliar. (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top