Bandar Lampung

Ancaman Virus Corona Semakin Nyata, Ini Komentar Pemkot Bandarlampung

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Pemerintah kota Bandarlampung menghimbau agar masyarakat harus membiasakan diri mencuci tangan usai melakukan interaksi baik dengan manusia ataupun hewan.

Hal tersebut adalah upaya pencegahan dini agar tidak tertular virus corona (N-cov 2019) yang sedang membuat panik seluruh penjuru belahan dunia.

Sedikitnya ada 14 negara yang sudah tertular dan 41 orang tewas serta 1.438 orang terinfeksi virus yang belum ditemukan obatnya itu.

Kota Bandarlampung yang merupakan ibu kota dari provinsi Lampung masuk daftar kota yang diharuskan memperketat pemeriksaan terhadap masuknya orang asing.

Bandarlampung yang berdekatan dengan bandara Raden Intan II di klaim bisa menjadi celah masuk bagi Corona virus melalui manusia.

Wali Kota Herman HN dengan tegas mengatakan agar pihak yang berwenang harus melakukan antisipasi sejak dini dengan memperketat Bandara Raden Intan.

“Kuncinya ya di Bandara. Kalo ada yang sudah terlihat kena flu, batuk langsung bawa ke rumah sakit,” katanya kepada pewarta pada Selasa (28/1).

“Pokonya kalau sudah batuk flu gitu, sikat!. Supaya steril. Kalau bandaranya steril kan aman kitanya,” tambahnya.

Sementara itu, Edwin Rusli selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung mengatakan, sejauh ini Cornona virus ditularkan melalui air liur.

“Melalu hubungan langsung ya, contohnya minum dalam satu tempat yang sama, dari makanan. Pokonya melalui air liur,” ujarnya.

Ia pun belum bisa memastikan, apakah virus tersebut bisa tersebar melalui udara. Namun ia mengatakan, hal yang terpenting adalah menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan.

“Yang saya tahu tidak ya, sejauh ini dari kontak langsung air liur.

Makanya untuk warga kota Bandar Lampung agar membiasakan mencuci tangan mulai dari sekarang.

“Takutnya kan terkena cipratan air liur saat orang sedang bersin atau sebagainya,” katanya.

Edwin pun memastikan untuk di bandara Raden Intan sendiri sudah menerapkan sistem scanning bagi para pendatang yang masuk melalui direct flight.

“Kemarin pak Gubernur sudah meninjau langsung ke bandara untuk pengamanan. Jadi disana sudah ada alat scanning untuk suhu tubuh. Kalo sudah mencapai 38 drajat, langsung diamankan oleh petugas,” katanya. (ido)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top