Daerah

BAGAIMANA KELANJUTAN KASUS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK KETUA BPD SUNGAI BAUNG DIPOLSEK TALANG UBI

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan ke Polsek Talang Ubi Polres PALI oleh pelapor Ketua BPD sedangkan terlapor adalah oknum Bidan Desa. Keduanya merupakan warga Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Laporan ini berpangkal dari suatu rapat desa Sungai Baung pada 12 Agustus 2021 lalu. Oknum bidan desa yang berinisial Y, dalam rapat yang dihadiri perangkat desa Sungai Baung dan Dinas PMD Kabupaten PALI itu diduga sudah mengucapkan kata kata tuduhan kepada SW yang merupakan Ketua BPD Desa Sungai Baung.

Dari keterangan SW, Oknum Bidan Desa Sungai Baung itu sudah mengucapkan kata kata yang bukan kapasitasnya pada rapat desa itu.

SW mengatakan, seharusnya oknum bidan desa yang menuduhnya itu paham dulu bahwa dirinya adalah ketua BPD Desa Sungai Baung, bukan bendahara desa, bukan juga Kepala Desa. Jadi bukan kewenangan dirinya untuk mengelolah uang desa, apalagi terlibat dengan urusan uang desa. Jadi apa yang dituduhkan itu salah alamat, cuma ingin mencemarkan nama baik dirinya sebagai Ketua BPD Desa Sungai Baung.

” Oknum Bidan Desa sungai Baung itu sudah mengucapkan kata kata ” Aku ada korupsi uang desa pada rapat desa itu, uang desa apa, uang desa mana yang saya korupsikan. Saya sendiri tidak perna tahu uang desa. Itu salah alamat, karena saya bukan bendahara desa, bukan pula kepala desa ” Ucap SW, Selasa (19/10/2021).

Mana pula lanjut SW, selain salah alamat, bukanlah kapasitas dia sebagai bidan desa untuk menjustice seseorang itu ada melakukan korupsi atau tidak.  Bukan rana dia itu. Itu tugasnya penegak hukum setelah melalui pengadilan.

Lagi Viral :   DPMPTSP Lampung Selatan Gelar Bimtek LKPM - Online

” Oknum bidan desa itu ada menyinggung masalah dana tebas bayang bantuan perusahaan, masalah racun rumput, masalah dana operasional BPD, juga masalah kenderaan operasional Bumdes, macam macam masalah,  yang dikait – kaitkan dengan laporan saya ke Polsek Talang Ubi atas dugaan pencemaran nama baik itu. Ngerti gak sih, bidan desa itu, itu bukan kewenangan dan tugas bidan desa untuk mengurusi masalah itu. Itu juga sama sekali tidak ada hubungannya dengan kasus yang saya laporkan itu. Paparnya

” Apa kapasitas seorang bidan desa mau membawa permasalahan itu, kemudian dikait kaitkan dengan laporan saya itu. selain saya memang tidak terbukti melakukan apa yang dia tuduhkan, juga itu bukan wewenang dia sebagai bidan desa, jauh panggang dari api mau mengurusi rumah tangga orang ” Sindir SW

Masih kata SW, Kalaupun ada informasi oknum bidan desa itu ada membawa saksi ketika diperiksa penyidik terkait laporannya itu, saksi dalam hal apa yang dihadirkan itu, kasus apa.  Namun dia yakin penyidik Polsek Talang Ubi itu profisional

” Ada informasi ada saksi saksi yang dihadirkan pihak oknum bidan desa ketika dipanggil penyidik Polsek Talang Ubi itu, saya kira itu tidak ada hubungannya dengan kasus laporanku ke Polsek Talang Ubi ” Tegasnya.

” Saya tegaskan lagi, yang saya laporkan ke Polsek Talang Ubi itu, kasus dugaan pencemaran nama baik dan fitnah, bukan kasus korupsi seperti yang mereka tuduhkan ” Tukasnya.

Lagi Viral :   KEJARI PALI KEMBALIKAN BERKAS KE POLSEK, ALASAN PERLU SAKSI AHLI

Untuk diketahui, terang SW, laporan dia ke Polsek Talang Ubi itu tertanggal 12 Agustus 2021, sudah lebih lebih 2 bulan. Dirinya meminta agar dapat diproses secara serius. Jangan ngambang tanpa kejelasan.

” Saya itu Ketua BPD, Mendapat amanah sebagai pemimpin BPD, sebagai wakil masyarakat desa, saya tidak ingin difitnah, dicemarkan nama baik saya, saya sangat merasa dirugikan oleh perbuatan oknum bidan desa itu, Saya mohon kasus ini diproses secara hukum ” Harapnya.

SW juga menerangkan bahwa dirinya sebagai pelapor, juga oknum Bidan desa sebagai terlapor sudah menerima surat panggilan lagi dari Polsek Talang Ubi nomor 8/42/X/2021/Sek Talang Ubi tertanggal 18 Oktober 2021. agar hadir di Polsek Talang Ubi pada Rabu (20/10/2021) besok.

” Terkait laporan saya itu, besok kami dipanggil lagi oleh Polsek Talang Ubi, saya berharap para pihak menghormati surat panggilan dari penegak hukum itu,” Harap SW.

” Penegak hukum harus tegas terhadap oknum yang tidak memenuhi panggilan atau mengelak dengan bermacam alasan untuk tidak datang, karena kita semua sama dihadapan hukum, tidak ada yang bisa diistimewakan ” Ucapnya.

” Saya sebagai pelapor, minta kasus ini ditangani secara tuntas, bisa diproses hukum, jangan dibiarkan berlarut larut” Pungkasnya

Sebelumnya terkait laporan ketua BPD itu, Bidan desa Sungai Baung Y didampingi keluarganya Yk ketika dikonfirmasi juga diantaranya membenarkan laporan itu sudah 2 bulan lebih.

” Laporan itu benar sudah sekitar 2 bulan, kalau prosesnya tidak berlanjut, kepolisian agar segera menerbitkan surat penghentian penyidikan atau SP3, begitu juga kalau berlanjut, bagaimana prosesnya ” Ucap YK (80th),Minggu (17/10/2021).

Lagi Viral :   Gubernur Ansar Ahmad Dijadwalkan Melantik Pengurus Perkit Kepri

Juga sebelumnya, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triyadi, S.I.K melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Alfian disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Talang Ubi IPDA Arzuan SH ketika dijonfirmasi membenarkan adanya laporan tersebut.

” Adanya laporan itu kami sudah memanggil para saksi , begitu juga pelapor dan terlapor sudah dilakukan pemanggilan ” Jelas Arzuan, Jum’at (15/10/2021).

Kata Arzuan, pihaknya juga sudah mengupayakan mediasi namun, ketika dilakukan pemanggilan, pelapor datang yang terlapor tidak datang, kemudian dipanggil lagi, yang terlapor datang tapi pelapor tidak datang.  Jadi mereka belum ada titik temu

”  Namun nanti, Senin kita akan panggil lagi, kalau memang sudah cukup bukti akan kita ajukan ke JPU ”  Tegas Arzuan.

Diketahui Laporan Ketua BPD Desa Sungai Baung itu tersebut teregistrasi  di Polsek Talang Ubi Polres PALI dengan Surat Tanda Terima Pengaduan, Nomor : STTP/41/VIII/2021/Polres Pali/Polsek Talang Ubi Tanggal 12 Agustus 2021 atasnama Pelapor Susnita Wulandari Binti Sudin Efendi (31th) Warga Dusun III Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).(AE)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top