Nasional

Bergerak Merayap, Intip Peluang Airlangga Bentuk Koalisi Nasionalis – Religius

Jakarta, beeoneinfo.com

Geliat politik menyambut pesta besar di 2024 makin marak terlihat. Salah satunya adalah gerakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang kian gencar melakukan safari politik ke beberapa tokoh partai.

Airlangga sendiri diketahui telah menemui dua tokoh partai politik Surya Paloh (Nasdem) dan Prabowo Subianto (Gerindra).

Bukan hanya itu saja, Airlangga juga menemui ketua umum PPP, Suharso Monoarfa. Pengamat menilai, langkah Airlangga ini bisa jadi untuk menyiapkan diri membangun koalisi menghadapi Pemilu di 2024 kedepan.

Sebagai salah satu partai besar di Indonesia, Golkar sendiri tidak menutup kemungkinan untuk mengusung calon di pemilihan presiden 2024.

Melihat dari langkahnya, Airlangga sendiri berusaha memadukan antara partai nasionalis dan religius selain menggarap sisi millenial di tubuh – tubuh partai besar tersebut. Pendekatan dirinya pada Surya Paloh dan Prabowo juga bisa dianggap tidak akan menemui banyak kesulitan, sebab keduanya memang alumni anggota Golkar yang notabene sangat mengetahui dengan visi misi Golkar.

Dengan dipadukannya PPP, kedepan jika benar terjadi koalisi ini adalah sebuah koalisi yang merepresentasikan pemilih Islam. Namun tidak menutup kemungkinan jika koalisi Nasionalis – Religius ala Airlangga ini makin gemuk jika dia mampu juga berkomunikasi dengan baik dengan PKB.

Untuk pemilih millenial sendiri baik Golkar, Nasdem dan Gerindra memiliki basis – basis sendiri yang lumayan aktif menyeser pemilih pemula.

Jika melihat dari chemistry yang ada, Airlangga dipandang tidak akan kesulitan membentuk koalisi Nasionalis – Religius. Namun konstelasi politik ini tentu masih bisa terjadi perubahan, mengingat saat ini sendiri masih menguat wacana Gerindra dan PDIP akan jalan bersama di Pilpres 2024.

Tanpa mengabaikan sisi elektabilitas dan popularitas, Airlangga sendiri tentu memiliki mesin – mesin politik aktif dipartai Golkar. Seperti kita ketahui bersama, Golkar adalah partai besar yang elit politiknya berisi orang – orang yang memang tidak diragukan lagi potensinya.

Pertanyaan besarnya adalah, sebagai apakah kemudian Airlangga akan mencalonkan diri jika koalisi ini benar – benar terbentuk ?

 

(Dhit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top