Bandar Lampung

Dampak Cuaca Ekstream, Komoditas Sayuran Mengalami Kenaikan Harga

beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Sejumlah komoditas sayur mengalami kenaikan di beberapa pasar induk yang ada di kota Bandar Lampung.

Mengetahui hal tersebut, Adiansyah selaku Kepala Dinas Perdagangan kota Bandar Lampung melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga.

Adiansyah mengatakan, pihaknya telah mencari daerah-daerah penghasil sayuran sebagai langkah alternatif untuk menjaga stabilitas harga komoditas sayur di Bandar Lampung.

““Nanti kita upayakan di agen-agen itu. Kita cari solusinya untuk membeli ke daerah yang memang harganya masih stabil,” ujarnya pada, Kamis (9/1).

Selain itu, pihaknya pun kerap melakukan inspeksi mendadak (sidak) turun langsung ke pasar-pasar induk untuk mengecek harga komoditas yang ada.

Menurutnya, kenaikan sejumlah komoditas yang ada di pasar merupakan dampak dari kemarau panjang. Sehingga, ketersediaan stok barang menjadi terbatas.

“Kemarau kan panjang kalau sudah kelamaan di akhir-akhir mereka sudah tidak bisa lagi panen,” paparnya.

“Untuk cabai memang lambat laun agak naik. Namun sebagian juga yang lain sudah ada yang turun,” sambungnya.

Terkait dengan harga cabai yang naik, Adiansyah menerangkan, ketersediaan cabai memang sedikit sejak beberapa bulan lalu.

Meskipun beberapa petani memang sudah melakukan penanaman, sejumlah daerah masih terkendala dengan cuaca ekstream seperti adanya banjir yang menyulitkan para petani untuk melakukan penanaman.

“Mudah-mudahan kondisi cuaca ekstrem cepat berlalu dan bisa produksi normal kembali sehingga harga-harga dapat kembali normal,” pungkasnya.(Ido)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top