Daerah

Di Kunjungi Tim Kreatif Si Bolang, Ini Kata Bupati Lampung Selatan

LAMPUNG SELATAN, beeoneinfo.com

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima kunjungan Tim Kreatif Program Acara Si Bolang TRANS 7 beserta Aparat Desa Palembapang, Kecamatan Kaianda.

Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Bupati Lampung Selatan, Rabu (22/09/2021).

Hadir juga Asisten Administrasi Umum Badruzzaman, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Thomas Amrico, Camat Kalianda Zaidan dan Kepala Desa Palembapang Hendryadi.

Adapun kunjungan Tim Kreatif TRANS 7 itu dalam rangka menyampaikan kepada Bupati Lampung Selatan terkait program acara Si Bolang (Bocah Petualang) yang dilaksanakan di Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda.

Salah satu Tim Kreatif TRANS 7, Andhika menjelaskan, bahwa Kepala Desa Palembapang adalah salah satu pihak yang aktif mengirimkan materi tentang kearifan lokal dan potensi yang dimiliki Desa Palembapang.

Karena itu, pihaknya tertarik mengeksplorasi daerah yang memiliki kearifan lokal yang menarik.

“Jadi memang sedikit banyak perlu bantuan dari dari masyarakat khususnya aparat desa yang aktif memberikan materi tentang desanya. Karena tanpa mereka kami tidak bisa bekerja dan liputan dengan lancar,” ujarnya.

Lagi Viral :   FKUB Provinsi Lampung Dan Lampung Selatan Kunjungi Pemkab, Ini Tujuannya

Sementara, Kepala Desa Palembapang Hendryadi menjelaskan, dirinya berserta aparat desa lainnya mencoba menawarkan materi-materi kearifan lokal yang ada di desanya dan umumnya yang ada di kabupaten Lampung Selatan kepada pihak TRANS 7.

“Terkait peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Desa Palembapang seperti batu tulis, kebiasaan masyarakat terkait kearifan lokal dan juga seni budaya,” katanya.

Hendryadi mengatakan, dengan adanya program acara Si Bolang, lantas memacu pemerintah desanya untuk mencoba membuat kreativitas memunculkan kearifan lokal yang menarik dalam bidang seni budaya.

“Materi yang ditawarkan kemarin adalah tentang kebiasaan anak-anak di Desa Palembapang dengan permainan tradisional yang dapat menghasilkan karya seni. Seperti topi yang dibuat dari daun kelapa yang memiliki nilai seni. Kita buat juga Bergambus, Kias serta permainan anak-anak lainnya. Dengan harapan anak-anak bisa lebih mengenal permainan tradisional yang ada di desanya,” tuturnya.

Lagi Viral :   Jauh Dari Rasa Keadilan, 7 Konsumen Formosa Ajukan Kasasi Atas Putusan Pengadilan Niaga Medan

Tidak hanya anyaman topi dari daun kelapa, Tukkus yang merupakan salah satu icon Lampung Selatan yakni peci topi tapis khas Lampung ini juga akan menjadi tutup kepala para talent Si Bolang selama pengambilan gambar berlangsung sebagai kearifan lokal milik Lampung Selatan.

“Kemarin bersama Tim Kreatif TRANS 7, kita juga coba angkat potensi yang ada di perkebunan. Kebetulan baru saja panen duren, kita buat duren itu tidak hanya bisa di makan langsung begitu saja, tapi dikemas menjadi kuliner,” ujarnya.

Selain kearifan lokal, seni budaya dan kuliner yang ada di Desa Palembapang, Tim Kreatif TRANS 7 dan aparat Desa Palembapang juga telah berkordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk mempublikasikan keindahan Pantai Marina sebagai salah satu latar belakang yang mendukung dalam program Si Bolang.

Lagi Viral :   Pemkab Lampung Selatan Buka Perekrutan 220 Orang Di Posisi Satpol PP

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengapresiasi kegiatan program acara Si Bolang yang sesuai dengan program yang ada di Kabupaten Lampung Selatan yaitu terkait Desa Wisata.

“Saya memang selalu tekankan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Lampung Selatan untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada di wilayah desanya agar menjadi potensi wisata. Supaya dapat meningkatkan perekonomian di desanya,” kata Nanang.

Nanang berharap dengan adanya program ini dapat lebih memajukan wisata dan kebudayaan yang ada di Lampung Selatan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top