Daerah

DIDUGA CURANG, CSR PT PERTAMINA HRZ4 ADERA FIELD DIGUNAKAN UNTUK MENGERJAKAN PROYEK APBD PALI 2021

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Miris yang terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan. Proyek yang sudah dianggarkan pada APBD Kabupaten PALI tahun 2021 namun pengerjaannya diduga  menggunakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field

Proyek APBD PALI tersebut adalah Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab, Instasi : Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten PALI,
Pagu : Rp. 1.500.000.000.00,.
Hps : Rp. 1.499.610.342.10,.
Pelaksana CV RAISYAH PRATAMA.

Proyek yang didanai oleh APBD Kabupaten PALI 2021 ini, ditenderkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten PALI, pada pelaksanaan tender, CV RAISYAH PRATAMA sebagai pemenangnya.

Namun diduga setelah itu, pada pengerjaan proyek ABPD PALI ini, disinyalir ada oknum yang bermain dengan cara mengajukan proposal ke pihak PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field yang berkantor di Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten PALI.

Diketahui ataupun tidak, diduga dengan tidak melakukan penelitian terlebih dahulu, sehingga diduga pihak PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field merealisasikan proposal tersebut

Dari narasumber yang berinisial AL, juga dari data SPK yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Pengerjaan Proyek APBD Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab tersebut, Pihak PT Pertamina Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field mulai mendatangkan peralatan berat Tanggal 01 September 2021, yakni :

1. ADR-007 (Motograder) – operator Mugi Anto,

2. ADR-014 (Vibro) – operator Jefri,

3. ADR-005 (Backhoe loader) – operator Febri.

Lagi Viral :   Jauh Dari Rasa Keadilan, 7 Konsumen Formosa Ajukan Kasasi Atas Putusan Pengadilan Niaga Medan

4. ADR-010 (Whelloder) – operator Asmudi,

5.ADR-013 (Dump truk) – operator Nurman,

6. ADR-018 (Dump truk) – operator Trisno.

Alat berat PT PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field tersebut mulai mengerjakan proyek APBD Kabupaten PALI tersebut, sampai selesai pada Tanggal 09 September 2021.

Diduga CSR PT PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field tersebut bukan cuma berupa bantuan alat berat. Namun juga memberikan bantuan material batu sekaligus menghamparkannya, yang diambil
dari SPU ABAB 02 PT PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Dengan maksud untuk mengelabuhi masyarakat. Kemudian setelah alat berat milik PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field keluar dari lokasi proyek pada Tanggal 09 September 2021. Pihak pelaksana CV RAISYAH PRATAMA mendatangkan kembali dua unit alat berat yakni gleder dan vibro ke lokasi proyek pada Tanggal 12 Septemner 2021. 

Namun karena proyek jalan APBD tersebut sudah selesai dikerjakan oleh alat berat CSR PT PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera, sehingga alat berat yang didatangkan pihak pelaksana CV RAISYAH PRATAMA tersebut ditarik keluar kembali dari lokasi pada Tanggal 14 September 2021, mengingat peralatan berat tersebut diduga didapat dari menyewa.

Dugaan Proyek APBD dikerjakan oleh Program CSR Perusahaan, hal ini jelas menyalahi aturan, ini merupakan kecurangan dan penyimpangan yang dilakukan oknum oknum yang tidak bertanggung jawab demi mencari keuntungan diri sendiri dan kelompok. Kata YS, dari LSM P3SS Provinsi Sumatera Selatan, kepada media ini, Rabu (22/09/2021).

Perbuatan ini bisa dijerat oleh Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi  sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Lagi Viral :   Pemkab Lampung Selatan Gencarkan Vaksin Di Kalangan Pelajar Dan Masyarakat

Dijelaskan YS sebagaimana pada pasal 3 Undang Undang  Pemberantasan Tindak pidana korupsi menyebutkan ” Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).

Oleh karena itu kata dia, dari data yang ada, dugaan adanya perbuatan melawan hukum ini, pihaknya akan melaporkan permasalahan ini ke aparat penegak hukum.

” Setiap perbuatan yang melawan hukum dan peraturan ada konsekwensinya. Kami menduga disini banyak yang terlibat termasuk  instansi yang terkait yang disinyalir merestui kecutangangan ini ” Tegas YS.

” Apalagi ada indikasi pada proyek Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab APBD Kabupaten PALI 2021 ini ada keterlibatan oknum legaslatif Kabuoaten PALI ” Pungkasnya.

Sementara itu, terkait masalah ini, Field Manager (FM) PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, Dody Tentra Atmadi ketika dikonfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp, Rabu (15/09/2021). Dia tidak banyak berkomentar. Dia hanya menjawab kalau permasalahan ini akan di teruskan nya ke bagian Legal & Relation (RL)

“Saya teruskan ke Legal & Relation kami ya pak” tulis singkatnya

Selanjutnya, dihari yang sama, awak media pun kembali kelakukan konfirmasi melalui pesan WhatsApp kepala humas PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, Yuddy.

Lagi Viral :   Gelar Deklarasi Damai Pilkades Di Aula Sebuku, Lampung Selatan Siap Sukseskan Gelaran Pada 28 Oktober Mendatang

Yudi menjawab, diawali dengan memperkenalkan dirinya, bahwa dia
mendapat tugas dari Mabes TNI untuk bergabung dilegalnya Adera.

” Baik pak, perkenalkan sy Kpt Cpm Yudi yg kebetulan mendpt tgs dr Mabes TNI utk bergabung dilegalnya adera, nanti stlh meeting akan sy klarifikasi atas fitnahan ke kami ttg tuduhan persekongkolan ini mas ” Tulisnya.

Selanjutnya, Yudi pun kembali memberikan klarifikasinya melalui pesan WA yang isinya ” Tanggapan terkait perbaikan jalan yang Pertamina Adera Field lakukan, Perusahaan mempunyai program rutin untuk perbaikan jalan perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan operasi Migas disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan perusahaan saat perbaikan jalan tersebut akan melakukan kegiatan monitoring program CSR kepada kelompok binaan Padi Organik yang melalui jalan tersebut. Terkait akan dilaksanakan pekerjaan peningkatan jalan yang di lakukan pemerintah Kabupaten Pali, pelaksana pemenang tender juga belom ada konfirmasi kepada pihak Pertamina Adera Field terkait adanya kontrak pekerjaan peningkatan jalan itu ”

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga “Sefpy Hendika ST” ketika dikonfirmasi terkait masalah ini, Rabu (15/09/2021). hingga berita ini di tayangkan tidak memberikan respon apapun (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top