Bandar Lampung

Dorong Industri Batik Tulis Lampung, Festival Batik Akan Diselenggarakan Setiap Tahun

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Melihat atensi dan semakin banyaknya designer batik tulis khas lampung membuat Festival Batik Tulis Lampung menjadi semakin hidup dengan berbagai motif hasil inovasi para pembatik itu sendiri.

Pantauan Beeoneinfo.com di pelataran parkir Dekranasda Provinsi Lampung, pada gelaran Festival Batik Lampung untuk kali pertama ini sedikitnya 13 kabupaten dan kota se provinsi lampung mengirimkan perwakilan pengrajin batik tulis khas daerahnya masing-masing.

Ketua pelaksana Festival Batik Lampung, Ashori Djausal mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Provinsi Lampung dalam membudayakan batik menjadi bagian dari keseharian masyarakat lampung.

“Tujuannya sendiri adalah untuk mendorong minat masyarakat dalam membudayakan penggunaan dan memperkenalkan batik kepada generasi muda kita,” katanya kepada beeoneinfo.com pada Rabu (31/10).

Rencananya, kegiatan Festival Batik Lampung ini akan diadakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. “Setiap tahun akan kita adakan. Agar supaya batik ini semakin membudaya dan pada kegiatan festival ini juga kita memberikan edukasi membatik,” ujarnya.

Ia pun berharap, kedepan dunia batik tulis khas Lampung ini mampu bersaing dan berkembang di tingkat Nasional, bahkan Internasional dan bisa berdampak pada perekonomian masyarakat Lampung.

Andri Saprianto, salah satu pengrajin batik dari Deandra Batik Tulis yang berdomosili di kota Bandar Lampung mengatakan, momentum Festival Batik Lampung ini merupakan langkah yang tepat terutama untuk meningkatkan rasa cinta terhadap batik dan perekonomian pengrajin batik itu sendiri.

“Harapan saya sih kedepan bisa berdampak pada perekonomian masyarakat, karena kita kan mempunyai pengrajin yang didominasi dari kalangan ibu-ibu, secara tidak langsung kita menekan angka pengangguran,” ungkapnya.

Andri pun berharap, kegiatan Festival Batik ini akan diadakan secara berkala untuk melakukan silaturahmi dengan sesama pengrajin dan saling bertukar ide maupun inovasi tentang motif batik dari daerah lain. (Ido)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top