Daerah

DUA PROYEK JEMBATAN RP 12 M LEBIH DI KABUPATEN PALI TIDAK ADA DIREKSI KEET

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Mendirikan direksi Keet untuk pekerjaan proyek kecil mungkin tidak terlalu penting. Tapi untuk proyek yang sudah bernilai Miliaran Rupiah, mendirikan direksi Keet adalah keharusan.

Karena keberadaan kantor lapangan atau Direksi Keet sifatnya mutlak bahkan tertulis pada surat rencana persiapan proyek pembangunan. Kontraktor belum bisa mengerjakan proyek  jika belum menyelesaikan pembuatan Direksi Keet. Hal ini tercantum dalam Petaturan Menteri Pekerjaan Umum RI Nomor 12/PRT/M/2014.

Karena didalam Direksi Keet inilah terdapat tansparansi proyek berupa gambar skedul proyek dan gambar bestek proyek.

Juga didalam Lampiran II Permen PU 12/2014 tentang Persyaratan dan Lingkup Pelaksanaan Konstruksi Kontraktor wajib mendirikan Direksi Keet, yang gunanya untuk tempat konsultasi konsultan proyek dengan Pengawas Proyek dalam merancang proyek, pemanfaatan lahan bagi keperluan pelaksanaan Pekerjaan serta tempat menerima kunjungan tamu dari luar.

Penempatan bangunan Direksi Keet juga harus terpisah dari bangunan lainnya.dekat dengan lokasi proyek. Direksi Keet ini biasanya tidaklah terlalu besar, hanya berukuran sekitar 4 x 6 =24 m². Rangka kayu, atap asbes / seng gelombang, dinding triplek, pintu triplek, lantai plesteran, didalamnya memililiki peralatan meja rapat 120 x 240 cm, Kursi rapat, Meja kursi ½ biro, Kursi kerja dapat berputar, White board, Rak contoh bahan, Helm proyek, Sepatu proyek, dll.

Lagi Viral :   DUGAAN PEMOTONGAN BLT DD DIDESA SUNGAI BAUNG PALI RP100 RIBU, WARGA MINTA DIPROSES HUKUM

Bagi kontraktor nakal, bangunan Direksi Keet ini sering dianggap sepele, bahkan ditiadakan. Padahal mendirikan Direksi Keet ini keharusan dan tercantum didalam anggaran pengeluaran proyek.

Hal ini diuraikan Nasution, Warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terkait tidak ditemukannya bangunan Direksi Keet pada pelaksanaan dua paket proyek pembangunan dua jembatan berdekatan yang berlokasi di Sungai Beracung Talang Ubi Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan.

” Kami sudah melihat langsung ke lokasi proyek dua jembatan itu, kami tidak menemukan ada Direksi Keet disana. Padahal mendirikan Direksi Keet itu mutlak untuk 2 proyek jembatan yang total nilai dananya lebih dari Rp 12 Miliar itu ” Ungkap Nasution, Selasa (31/08/2021).

Lagi Viral :   Plt Bupati Lampung Selatan Buka Kejurnas Sepak Bola Piala Bupati 2019

” Dua paket proyek dua jembatan itu, terkesan asal asalan, tidak rapi, jangankan Direksi Keet, bahkan papan proyeknya pun ditempatkan sembarangan, entah dimana, konsultannya darimana, padahal yang dikelolah itu uang negara ” Imbuhnya.

” Yang agak menarik dilihat itu, ada 4 orang petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten PALI yang dilibatkan untuk mengatur lalulintas di jembatan sementara di Proyek Jembatan itu. Lucunya lagi Pegawai Dinas Perhubungan PALI itu, berpasangan pula, lelaki dan prempuan. Itukan tanggungjawab kontraktor, kenapa harus menggunakan pegawai Dinas perhubungan ” Sindirnya.

Dijelaskan Nasution, pada APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 ada dianggarkan proyek pembangunan 2 jembatan yang berlokasi di Beracung Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yaitu :

1. Nama tender : Pergantian Jembatan A Beracung Kabupaten PALI. Kategori : Pekerjaan Konstruksi. Instansi : Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Satker : Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang. Pagu : Rp. 6. 841.019.950.00,-. Hps : Rp. 6. 841.019.950.00,-.Pelaksana : PT Ratri Sempana (Palembang).

Lagi Viral :   Anggota Dewan Benarkan Pembentukan AKD Adalah "Settingan", Ini Alasannya

2. Nama tender : Pergantian Jembatan Golf Kab. PALI. Kategori : Pekerjaan Konstruksi. Instansi : Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Satker : Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang. Pagu : Rp. 5. 629.307.600,00,-. Hps :  Rp. 5. 629.307.600,00,-. Pelaksana : PT Ratri Sempana (Palembang).

Sementara itu terkait masalah ini,pihak PUBM dan Tata Ruang Provinsi Sumsel belum bisa dikonfirmasi (A/E)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top