Berita Viral

Fenomena Suara Dentuman Dan Meteor Yang Menimpa Rumah Warga Di Lampung, LAPAN : “Agak Aneh Rasanya”

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Suara dentuman misterius kembali terdengar, kali ini terdengar di beberapa wilayah provinsi Lampung. Suara dentuman itu terdengar pada Kamis (28/01) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Menurut catatan BMKG, dentuman itu terdengar oleh warga di daerah Tanggamus, Pringsewu dan Lampung Utara.

BMKG sendiri memastikan jika dentuman tersebut bukanlah suara yang disebabkan oleh adanya gempa bumi disekitar wilayah Lampung.

“Terkait suara dentuman dan getaran di wilayah Tanggamus, Lampura, dan Pringsewu, bahwa jam 10-an tadi alat kami tidak mencatat adanya gempa bumi di wilayah Lampung maupun awan-awan hujan di sekitar lokasi tersebut,” demikian keterangan BMKG Lampung.

Tak lama berselang, sebuah video berdurasi 30 detik menjadi viral di sosmed. Dalam video tersebut, tampak seorang warga yang menunjukkan sebuah batu diduga meteor jatuh dan menimpa atap rumahnya.

Lagi Viral :   Kemenkes Dan Kemendagri Ganjar Lampung Selatan Dengan Penghargaan Kabupaten Sehat

Dari gambar yang beredar, tampak batu tersebut berbentuk memanjang dan memiliki diameter terbesar sekitar 15-20 cm. Tampak batu tersebut menghitam di beberapa sisinya.

Karena menjadi viral dan juga menjadi bahan pembicaraan, aparat kepolisian pun kemudian mendatangi rumah warga bernama Katmini di Dusun 5 Astomulyo, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro saat dihubungi, Jumat (29/1/2021) saat dikonfirmasi pun mengatakan jika keadaan dilapangan sesuai dengan apa yang ada di video yang disampaikan masyarakat padanya.

“Memang ada sebuah batu disana, juga ada genteng yang sampai pecah seperti yang ditunjukan video tersebut” Terang AKBP Popon.

Lagi Viral :   Bunda PAUD Lampung Selatan Buka Bimtek PAUD HI

Terkait keberadaan batu diduga meteorit tersebut, Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera), Robiatul Muztaba mengatakan, pihaknya sudah mendatangi lokasi dan mengambil sampel dari batu tersebut.

Namun dirinya belum berani memastikan apakah itu memang benar batu meteorit seperti yang diceritakan karena akan diteliti dahulu.

Adanya pengakuan warga dengan jatuhnya meteorit menimpa rumah dan dentuman misterius memang tampak seperti serangkaian kejadian yang berkaitan. Namun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tampak ragu.

Astronom sekaligus peneliti madya LAPAN, Rhorom Priyatikanto, mengatakan ada kemungkinan dentuman di Lampung berasal dari benda langit yang jatuh. Namun, menurutnya, hal ini terasa agak aneh secara statistik.

Lagi Viral :   Jaga Stabilitas Harga Sembako, Pemkab Lampung Selatan Gelar Operasi Pasar Murah

“Bisa saja (dari meteor), tapi memang agak aneh kalau kita mendapatkan banyak laporan dentuman dalam sebulan dan semuanya diasosiasikan dengan meteor. Secara statistik, meteor yang mampu menimbulkan dentuman semacam itu hanya beberapa kali terjadi dalam 10 tahun. Itu pun terbagi di seluruh wilayah Bumi, tidak hanya di Indonesia,” ujarnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top