Bandar Lampung

Ini 4 Cara Awal Agar Kartu ATM Anda Tidak Di Duplikasi

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Kasus duplikasi (Skimming) kartu ATM yang terus marak di Indonesia membuat resah para nasabah Bank di Indonesia. Meskipun pada akhirnya dikembalikan pihak Bank, namun untuk proses pembuktian dan pengembaliannya pun akan sangat ribet dan memakan waktu.

Lalu bagaimana solusinya ?. Tim redaksi sendiri telah mencari informasi dari berbagai sumber bagaimana cara meminimalisir agar kartu ATM kita tidak di duplikasi dan dikuras oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Jika anda seorang nasabah aktif yang selalu menggunakan layanan ATM, hindarilah penggunaan mesin ATM di tempat seperti toko, pusat perbelanjaan, restoran dan paling utama hindari bertransaksi di bandara. Upayakan agar melakukan transaksi menggunakan mesin ATM yang berada di Bank dimana nasabah menyimpan uang. Sebab sudah sangat dipastikan pelaku pengganda kartu ATM akan berpikir dua kali jika akan memasang alat skimming ditempat yang berpenjagaan ketat.

Teliti dalam menggunakan mesin ATM. Hindari transaksi jika ada hal yang mencurigakan di tempat memasukan kartu ATM. Jika ada alat tambahan menempel di tempat memasukan kartu ATM di mesin tersebut. segeralah cari tempat lain atau bertanya pada penjaga jika ada.

Tutupi saat anda memasukan nomor PIN kala menggunakan mesin ATM. harus selalu diingat, para pelaku pengganda ATM membutuhkan PIN anda. Mereka juga sering memasang kamera pengintai tersembunyi di ATM untuk mengintip PIN anda. Ganti secara berkala nomor PIN anda agar keamanan terjamin.

Cek saldo anda, dan catat berapa jumlahnya setiap selesai melakukan transaksi. Rajinlah melakukan cek ulang saat anda akan melakukan transaksi berikutnya. Hal ini akan memudahkan anda mengetahui apakah rekening anda dibobol pelaku skimming jika kemudian rekening anda berkurang.

Setiap mesin ATM memang dipasangi alat pengawas tersendiri oleh pihak Bank demi keamanan. Namun perlu diingat, kamera pengawas tidak diawasi setiap saat oleh petugas.

Bersikap hati – hati sejak dini akan mengurangi resiko kartu ATM anda di duplikasi dan merepotkan anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top