Bandar Lampung

Intip Kesiapan Tim Pemekaran Kabupaten Bandar Lampung

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Meski belum diketahui kapan moratorium tentang pemekaran daerah akan dicabut, namun Nanang Ermanto selaku plt bupati Lampung Selatan telah menandatangani Surat Keputusan (SK) untuk membentuk tim persiapan pemekaran daerah (TPPD) pada Rabu, (27/11) lalu.

Tim tersebut berjumlah 43 anggota dari berbagai latar belakang dengan dikomandoi oleh mantan anggota DPRD Lampung Selatan, H. Puji Sartono. Beliau sendiri kemudian sangat optimis akan pemekaran ini, mengingat semakin mulusnya usaha mereka untuk mendirikan daerah baru di Provinsi Lampung dengan nama Kabupaten Bandar Lampung.

“kita sudah dapat SK dari plt bupati Lampung Selatan, kemudian menemui ketua DPRD, Ahli dari UNILA dan yang berkaitan lainnya. Kami memutuskan harus jemput bola, jadi saat moratorium dicabut kami sudah siap” Ujar Puji Satono dipetik dari lampungpro.co

Lima kecamatan di Lampung Selatan yang akan digabungkan menjadi kabupaten Bandar Lampung adalah Natar, Tanjung Bintang, Merbau Mataram, Jatiagung dan Tanjungsari. Dengan jumlah penduduk 550 ribu jiwa pemekaran kabupaten Bandar Lampung diharapkan mampu memberikan pelayanan yang efektif dan pemerataan pembangunan di bidang infrastruktur dan sumber daya.

Rencananya, Kecamatan Jatiagung sendiri akan menjadi ibukota dari kabupaten Bandar Lampung ini jika kemudian memang berdiri. Sebab menurut para ahli, kecamatan Jatiagung aksesnya sangat strategis dilihat dari posisinya yang ditengah maupun geografisnya.

“Kecamatan Jati Agung letaknya di tengah, sedangkan empat kecamatan yang lain posisinya non center (tidak tengah). Sedangkankan dari syarat geostrategis atau jarak terdekat ke kantor Gubernur di Telukbetung Utara, Kecamatan Jati Agung strategis. Sedangkan sedangkan empat kecamatan yang lain posisinya kurang strategis,” kata Ketua Tim Peneliti Studi Kelayakan Pembentukan Kabupaten Bandar Lampung dari Universias Lampung (Unila), Yuswanto, Jumat (29/11/2019).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top