Daerah

JANGGAL, PROYEK APBD KABUPATEN PALI 2021 DISINYALIR DIKERJAKAN OLEH PT. PERTAMINA HULU ROKAN ZONA 4 ADERA FIELD

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Awalnya warga menyangka kalau
Proyek Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menujuh persawahan Desa Pengabuan kecamatan Abab Kabupaten Penukal Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 adalah Proyek bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field untuk warga Desa Pengabuan.

Pasalnya pada kegiatan proyek ini, disinyalir sudah penggunakan alat berat PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, bahkan juga sudah dibantu material batu sekaligus dihamparkan oleh pihak PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Ternyata warga sangat kaget setelah mengetahui bahwa Proyek Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama menujuh persawahan Desa Pengabuan
kecamatan Abab adalah Proyek APBD Kabupaten PALI tahun 2021 dan itu bukan proyek CSR PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Proyek itu, sesuai data yang ditayangkan di LPSE, yakni Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menujuh persawahan desa pengabuan Kecamatan Abab, Instasi : Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten PALI, Pagu : Rp. 1.500.000.000.00, Hps : Rp. 1.499.610.342.10,.Pelaksana : CV. RAISYAH PRATAMA.

” Sebelumnya kami sangat mengapresiasi PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field yang sudah mengalokasikan dana CSR nya untuk jalan utama menujuh persawahan Desa Pengabuan ” Ujar warga Desa Pengabuan yang berinitial AL kepada media ini, Selasa (14/09/2021).

” Namun ternyata kami bingung, ternyata proyek itu bukan proyek CSR PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, melainkan proyek APBD Kabupaten PALI tahun 2021 ” Ujar AL.

Dituturkannya lagi, Menurut dia, niat baik belum tentu bisa menghasilkan sesuatu yang baik kalau melanggar aturan. Sebagai warga Desa Pengabuan, dirinya sering mendatangi lokasi proyek jalan itu. Dirinya mengetahui dilapangan kalau pelaksanaan proyek itu mulai dari pembukaan badan jalan, penimbunan jalan bahkan ada juga bagian badan jalan yang sudah di hamparkan pengerasan batu yang dilakukan oleh pihak perusahaan BUMN PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Ditambah lagi dilokasi proyek itu tanpa ada papan informasi proyek APBD.Jadi wajar kalau warga menyebut itu adalah proyek bantuan CSR BUMN PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Lagi Viral :   Winarni Sambut Kunjungan Pusdiklatcab Pramuka Banyuasin

” Atau bisa jadi proyek jalan utama menujuh persawahan Desa Pengabuan itu memang Proyek CSR bantuan PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Lantas dimana proyek menujuh persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab yang dianggarkan APBD Kabupaten PALI dengan dana Rp. 1.500.000.000.00,. itu ? ” Tanyanya.

” Kalau memang Proyek jalan itu bantuan CSR PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field , berarti Proyek APBD Kabupaten PALI tahun 2021, dana Rp 1,5 Miliar yang dikerjakan oleh CV. RAISYAH PRATAMA diduga belum bekerja. Kalau pada lokasi yang sama berarti disinyalir fiktif atau terjadi double anggaran dan tumpang tindih (Overlap) ” Dia menegaskan.

Atas ketidak jelasan ini, dirinya sangat menyesalkan niat baik dari pihak PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field ini tidak teliti atau tidak tepat dalam merealisasikan bantuannya kepada lingkungan sekitar.

” Kalau sudah dianggarkan di APBD Kabupaten PALI, kenapa juga pihak PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field mau turut campur, melibatkan diri. Karena proyek APBD itu segala sesuatunya sudah didanai APBD. Terkecuali memang ada unsur kesengajaan, karena ada persengkongkolan oknum di PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field dengan pihak pelaksana Proyek ” Tukasnya.

Karena, lanjut dia, dirinya sangat paham dengan proses bisa terealisasinya sebuah bantuan dari pihak perusahaan yang dalam hal ini PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Kegiatan yang di lakukan oleh pihak perusahaan itu tercatat, dipastikan diawali dengan pengajuan proposal ke manajemen perusahaan. Karena bantuan perusahaan itu tidak serta merta datang tanpa ada usulan. Sebab memang begitu managementnya, apalagi PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field adalah BUMN.

” Artinya kalau bantuan CSR PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field berada satu lokasi dengan proyek APBD Kabupaten PALI. Sudah bisa kita pastikan bantuan dan keterlibatan pihak perusahaan pada proyek perbaikan akses jalan menujuh persawahan Desa Pengabuan itu ada oknum yang bermain dengan cara pengajukan proposal ke pihak perusahaan, Padahal proyek itu sudah dianggarkan di APBD Kabupaten PALI ” Ungkapnya.

Lagi Viral :   KASUS DUGAAN PENYELEWENGAN ANGGARAN DI SEKWAN PALI 2020, TIM KEJAKSAAN GELEDAH SEKRETARIAT DPRD PALI

Al juga menyindir, kalau itu memang kegiatan rutin perusahaan yang seolah perduli terhadap lingkungan sekitarnya, mengapa juga akses jalan yang sudah dibangun APBD PALI disekitar camp perusahan Pengabuan itu dibiarkan saja hancur lebur, dipenuhi lobang, tidak di perbaiki oleh perusahaan. Sementara akses jalan itu merupakan  akses jalan utama masyarakat. Bukan cuma itu, mala diduga sarana jalan setapak cor beton yang sudah dibangun APBD Kabupaten PALI jadi hancur gegara digilas alat perusahaan yang mau mengerjakan proyek perbaikan akses jalan menujuh persawahan Desa Pengabuan dimaksud.
.
” Jadi yang jelas apa pun alasannya,, Kalau akses jalan tersebut sudah di anggarkan di APBD kabupaten PALI, tapi dikerjakan pihak perusahaan dengan alasan CSR berarti disinyalir sudah terjadi double anggaran..Ini yang perlu diusut ” Tegasnya lagi

Dia juga menjelaskan, alat berat milik PT. Pertamina yang digunakan pada proyek akses jalan menujuh persawahan Desa Pengabuan tersebut terhitung dari tanggal 01 September hingga 09 September 2021 (9 Hari). Dan itu dilaksanakan setelah proses tender proyek jalan tersebut selesai.

Jenis alat berat bantuan PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field yang diduga digunakan serta kode kendaraanya dan operatornya adalah ADR-007 (Motograder) – operator Mugi Anto, ADR-014 (Vibro) – operator Jefri,ADR-005 (Backhoe loader) – operator Febri, ADR-010 (Whelloder) – operator Asmudi, ADR-013 (Dump truk) – operator Nurman, ADR-018 (Dump truk) – operator Trisno.

Sedangkan material batu yang diduga dihampar oleh pihak perusahaan untuk melakukan pengerasan badan jalan itu di ambil di SPU ABAB 02 yang sudah dihampar dibeberapa titik akses jalan yang diduga sudah anggarkan juga melalui APBD PALI 2021

Sementara itu, terkait hal ini, Field Manager (FM) PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field, Dody Tentra Atmadi ketika dikonfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp, Rabu (15/09/2021). Dia tidak banyak memberikan tanggapan. Dia hanya menjawab kalau kalau permasalahan ini akan di teruskan nya ke bagian Legal & Relation (RL)

Lagi Viral :   Nanang Ermanto Buka Sosialisasi Mahasiswa Penting Dan 1000 HPK

“Saya teruskan ke Legal & Relation kami ya pak” tulis singkatnya

Selanjutnya, dihari yang sama, awak media pun kembali kelakukan konfirmasi melalui pesan WhatsApp kepala humas PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field Yuddy.

Yudi menjawab, diawali dengan memperkenalkan dirinya, bahwa dia mendapat tugas dari Mabes TNI untuk bergabung dilegalnya Adera.

” Baik pak, perkenalkan sy Kpt Cpm Yudi yg kebetulan mendpt tgs dr Mabes TNI utk bergabung dilegalnya adera, nanti stlh meeting akan sy klarifikasi atas fitnahan ke kami ttg tuduhan persekongkolan ini mas ” Tulisnya.

Selanjutnya, Yudi pun kembali memberikan klarifikasinya melalui pesan WA yang isinya ” Tanggapan terkait perbaikan jalan yang Pertamina Adera Field lakukan, Perusahaan mempunyai program rutin untuk perbaikan jalan perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan operasi Migas disesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan perusahaan saat perbaikan jalan tersebut akan melakukan kegiatan monitoring program CSR kepada kelompok binaan Padi Organik yang melalui jalan tersebut. Terkait akan dilaksanakan pekerjaan peningkatan jalan yang di lakukan pemerintah Kabupaten Pali, pelaksana pemenang tender juga belom ada konfirmasi kepada pihak Pertamina Adera Field terkait adanya kontrak pekerjaan peningkatan jalan itu ” Begitu tulisnya melalui peaan WA.

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga “Sefpy Hendika ST” ketika dikonfirmasi terkait masalah ini, Rabu (15/09/2021). hingga berita ini di tayangkan tidak memberikan tanggapan (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top