Daerah

LP2M KABUPATEN MUARA ENIM GELAR PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Muara Enim
beeoneinfo.com

Lembaga Pendamping Pemberdayaan Masyarakat(LP2M) Kabupaten Muara Enim menggelar Seminar Pendidikan Berkarekter dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Generasi Muda Kabupaten Muara Enim, yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Puteri Dayang Rindu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (09/01/2020).

Hadiri pada acara ini Ketua DPRD Muara Enim Aries HB, Mantan Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim Ir Hanan Zulkarnain MTP, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Sekreraris Daerah, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah atau yang mewakili Lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Kepala Intansi Vertikal, pimpinan perusahaan atau yang mewakili, pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Muara Enim, Kepala Sekolah yang ada di Kabupaten Muara Enim, Para Pelajar, Mahasiswa, dan tamu undangan lainya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber anggota Komisi IX DPR RI Ir. Sri Meliyana  dan Umar Abdulah MEd PhD Dosen UIN Raden Fatah Palembang.

Sri Meliyana dalam sambutannya mengatakan, bahwa proses globalisasi saat ini telah memberikan dampak pada perubahan masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada prilaku negatif di Masyarakat,  seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan obat – obatan terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak dan lainya sebagainya.

“Pendidikan karakter erat kaitanya dengan pendidikan moral dimana tujuanya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan indivindu secara terus menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik”, Ungkap Sri.

Dijelaskannya juga bahwa peningkatan SDM merupakan salah satu kunci dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan dan menuntut  agar menyiapkan tenaga kerja yang kompenten. Ini juga termasuk dalam upaya menghadapi persaingan bebas Asean atau yang sering dikenal dengan istilah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Sekarang pendidikan dari pra Sekolah mulai dari Paud sampai tamat SMA/SMK itu menjadi kewajiban setiap warga negara, bahkan sampai ke jenjang perguruaan tinggi, dan Perguruaan Tinggi di kabupaten merupakan kunci keberhasilan Pemerintah Daerah”, Tuturnya

Sementara itu Plt. Bupati Muara Enim yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Irawan Supmidi mengatakan, pendidikan karekter adalah salah satu unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan nasional di Indonesia yang termasuk pada rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) tahun 2005 – 2025, dan ini merupakan agenda nasional berupa rencana aksi Nasional Pendidikan Karakter.

Upaya mempercepat pengurangan pengangguran katanya merupakan program prioritas Pemkab Muara Enim dan pelatihan berbasis kompetensi salah satu upaya untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM di Kabupaten Muara Enim.

“Program prioritas pendidikan gratis anak – anak Sekolah dasar dan SLTP Negeri dan Swasta diberikan sepatu, baju, buku dan perlengkapan sekolah dengan gratis. Beasiswa untuk siswa SMA dan Mahasiswa yang berprestasi, serta program Ekonomi kerakyatan dan kreatif dimana Pemerintah menargetkan tumbuhnya 1000 pemuda desa berwira-usaha, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan lain-lain”.Papar Irawan.

Sementara itu, Terpisah Ir Hanan Zulkarnain MT selaku penanggung jawab LP2M menuturkan bahwa “lembaga ini untuk membantu program pemerintah agar menjadi tepat sasaran dimana didaerah yang membutuhkan untuk harus dibantu.

” Program lembaga ini untuk membantu program Pemerintah agar pembangunan yang berjalan menjadi tepat sasaran ” Terang Hanan singkat.

Laporan : Rahmad
Editor : Aben CN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top