Daerah

Lubang Tambang Emas Ilegal Di Duga Penyebab Bencana Longsor Di Kabupaten Bogor

Kab Bogor, beeoneinfo.com

Penambangan secara liar dan ilegal sudah sangat dipastikan akan menjadi biang keladi bencana alam. Apalagi di masa penghujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini, lubang – lubang galian tambang emas tersebut bisa berubah menjadi tambang bencana.

Sangat beralasan memang, jika tambang – tambang emas ilegal tersebut dituding menjadi biang bencana. Sebab dengan digalinya tanpa ijin, sudah sangat dipastikan ada kelalaian dalam memperhatikan ekosistem dan tingkat bahaya saat menggali.

Tanpa pengawasan dan penelitian terlebih dahulu, umumnya para penggali tambang tidak mengetahui kekerasan struktur tanah apakah bisa menyebabkan longsor atau tidak.

Salah satu contoh terjadi di Kabupaten Bogor, beberapa hari yang lalu. Bagaimana banjir hebat melanda kabupten Bogor yang akhirnya menarik perhatian presiden RI, Jokowi.

Menyikapi kejadian ini, Polri dan TNI pun tidak tinggal diam. Bersama pihak keamanan PT Antam Tbk TNI – POLRI mengerahkan ratusan anggotanya untuk melakukan pemeriksaan tambang emas ilegal didaerah tersebut.

Alhasil, 23 lokasi tambang emas ilegal kemudian ditutup, dan penyelidikan untuk mengungkap kasus pembukaan tambang emas ilegal ini dilakukan secara intensif oleh aparat Reskrim kepolisian resort Bogor.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang dan longsor melanda empat kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 1 Januari 2020. Kecamatan Sukajaya terdampak paling parah dilanda bencana alam tersebut.

Tercatat, sembilan orang meninggal dunia dan 3.499 unit rumah rusak. Sebanyak 11.309 jiwa sampai saat ini masih mengungsi di tenda darurat, sekolah, dan rumah warga.

Akses ke desa-desa sempat terputus karena jalan rusak dan tertimbun longsor. Bahkan, ada 27 jembatan yang menghubungkan antardesa maupun kampung roboh sehingga warga terisolir.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top