Bandar Lampung

Meradang, Lurah Se-Bandar Lampung Geruduk Pemkot Bandar Lampung

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Sebanyak 126 lurah menggeruduk gedung pemerintahan kota bandar lampung pada Rabu (22/1).

Hal tersebut merupakan aksi protes atas pemberitaan di sejumlah surat kabar maupun media online terkait dengan pernyataan wakil wali kota, yusuf kohar yang menyudutkan lurah se-kota Bandar Lampung terkait pendataan Program Keluarga Harapan (PKH).

Rosbandi selaku ketua forum lurah sekaligus lurah Tanjung Gading mengatakan, lurah se-Bandar Lampung ingin melakukan hak jawab atas tudingan yang di ucapkan oleh Yusuf Hohar di ruang publik.

“Jadi kami ingin melakukan hak jawab terkait tudingan yang di lontarkan oleh pak wakil yang mengatakan lurah se-kota Bandar Lampung tidak benar terkait pendataan dan pendistribusian PKH,” ujarnya.

Untuk pendataan penerima PKH tersebut dilakukan sejak tahun 2015 dan sudah ada datanya dari Kementerian Sosial (KEMENSOS).

“Dan tim verifikator yang memverifikasi data yang diusulkan. Jadi kita tidak bisa usulkan sendiri dan tidak benar infonya kalau kenal RT/camat bisa,” ungkap Hendri Lurah Kedamaian.

Senada dengan Hendri, Tomo selaku lurah Panjang pun mengungkapkan hal serupa. Landasan operasional program ini bahwa pendataan dilakukan oleh BPS yang dilakukan di tahun 2011.

“Setelah dapat data dari BPS, ada petugas dari Kemensos yang mengeksekusi data itu sehingga keluarlah data itu yang diterima di setiap kelurahan,” paparnya.

Tomo pun menegaskan, posisi lurah hanya tinggal menunggu hasil verifikasi dari tim KEMENSOS dan pendamping petugas sosial masyarakat (PSM) kecamatan.

“Karena PSM secara dejure menguasai. Sehingga lurah merasa perlu untuk mengklarifikasi pernyataan itu untuk menentramkan rakyat di wilayah kelurahan masing-masing,” tukasnya. (ido)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top