Daerah

Pemudik Meningkat, Dishub Lampung Selatan Perketat Pintu Masuk Bakauheni

LAMPUNG SELATAN, beeoneinfo.com

Meningkatnya arus mudik masyarakat dari Pulau Jawa langsung disikapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. Posko Covid-19 didirikan di Pelabuhan Bakauheni untuk memantau kesehatan pemudik.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan yang terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, Polres serta Organda, memperketat keluar masuk penumpang dan angkutan umum guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus korona.

Kepala Dishub Lampung Selatan, Mulyadi Saleh mengatakan, Pemkab Lampung Selatan berupaya serius memutus penyebaran Covid-19 lewat pemudik. Mengingat Kabupaten Lampung Selatan merupakan pintu gerbang Pulau Jawa bagi pemudik dari ibukota.

“Bersama Polres kita pasang tenda sebagai posko tetap. Ini sesuai arahan Plt Bupati, H. Nanang Ermanto. Kita lakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap penumpang di Pelabuhan Bakauheni. Ini untuk mencegah penyebaran virus korona,” ujar Mulyadi, Senin (6/4/2020).

Mulyadi menambahkan, kegiatan yang dilakukan tim di posko Covid-19 yakni, melaksanakan pengecekan kesehatan terhadap penumpang. Baik yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Bakauheni. Pengemudi angkutan umum juga menjalani pengecekan kesehatan.

“Selain pemeriksaan suhu tubuh, kita juga lakukan pendataan terhadap penumpang. Semua angkutan yang tiba maupun yang akan berangkat juga kita sterilkan dengan disinfektan,” kata Mulyadi.

Tak hanya itu, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Dishub Kabupaten Lampung Selatan juga melakukan kegiatan terpadu di perbatasan Kecamatan Tanjung Bintang guna mendeteksi warga yang keluar masuk kabupaten setempat melalui jalur darat.

Mulyadi mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan angkutan yang masuk ke daerahnya. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya penyebaran virus korona.

“Hari ini, bersama tim dari kecamatan dan Puskesmas Tanjung Bintang, dibantu TNI-Polri, kita lakukan pengawasan di Jalan Ir. Sutami, Kecamatan Tanjung Bintang. Setiap kendaraan yang lewat kita stop, kita berikan edukasi untuk mencegah penyebaran virus korona,” terangnya.

Nasabah Bank BRI Di Lampung Kebobolan 50 Juta
PD KAMI Bandar Lampung Siap Demo Bank BRI Di Lampung
Uang 50 Juta Raib Dari Rekening, BRI Teluk Betung Bandar Lampung Enggan Tunjukkan Rekaman CCTV
Sembunyi Di Mobil Pengangkut Bawang, 6 Pemudik Di Tangkap Polisi
Youtuber Pemberi Bantuan Sampah Di Buru Polisi
Beli BBM Ada Cashbacknya, Ini Syaratnya
Ini Sanksi Pemudik dari DKI Jakarta Dan Polisi
Dugaan Penculikan Anak Di Tulang Bawang
Pelaku Peletak Benda Mirip Bom Di Masjid Nurul Yaqin Tertangkap
Ibu Pembuang Anak Di Kandang Kucing Tertangkap

Disamping itu, Mulyadi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menunda berpergian apabila tidak sangat penting. Tetapi apabila urgent, dia meminta masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Tadi kita juga bagikan masker kepada setiap penumpang maupun pengemudi.  Pesan dari Plt Bupati supaya warga menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena sesuai anjuran WHO, mulai hari ini masyarakat diminta memakai masker ketika keluar rumah,” imbuhnya.

Mulyadi mengungkapkan, Pemkab Lampung Selatan bersama instansi terkait lainnya akan terus bekerja bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerahnya. Ia berharap, kegiatan itu menjadi penangkal masuknya wabah virus Corona di Lampung Selatan.

“Kegiatan seperti ini kita lakukan seminggu dua kali secara terpadu dan berkelanjutan. Kamis besok, kita lakukan pengawasan terhadap keluar masuk kendaraan di perbatasan ruas jalan Metro Kibang dan Sukadana, Lampung Timur,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top