Daerah

PENAMPAKAN SPBU MUARA ENIM DIPENUHI KENDERAAN PERUSAHAAN

Muara Enim
beeoneinfo.com

Negara sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang larangan untuk hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari 6, kecuali ada rekomendasi untuk kebutuhan tertentu misalnya pertanian, perikanan, usaha mikro/kecil.

Juga pada Peraturan Menteri (Permen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 1 tahun 2013 mengenai larangan penggunaan BBM bersubsidi untuk mobil dinas pemerintah BUMN dan BUMD. Selain itu, industri seperti perusahaan minyak dan gas, pertambangan, perkebunan, dan perusahaan kayu juga diwajibkan menggunakan solar nonsubsidi.

Namun kenyataan yang ada, di salah satu SPBU yang berlokasi di Muara Enim Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim menunjukan panjangnya antrean pembeli BBM di SPBU didominasi oleh kendaraan besar seperti truk, kendaraan operasional industri dan tambang.

Lagi Viral :   Winarni Sambut Kunjungan Pusdiklatcab Pramuka Banyuasin

Ada dugaan bahwa antrean kenderaan perusahaan tersebut sedang mengisi BBM bersubsidi.

Imam mahmudi, salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Muara Enim yang menyaksikan sendiri, mengkritisi hal tersebut, Rabu (04/08/2021).

Menurut dia, mengamati penampakan yang ada di SPBU dimaksud disinyalir banyak kenderaan perusahaan yang seharusnya menggunakan BBM non subsidi, namun diberi peluang membeli BBM bersubsidi.

” Kalau itu terjadi di SPBU,  jelas masyarakat banyak yang dirugikan. karena jatah untuk masyarakat habis oleh kenderaan perusahaan, masyarakat jadinya tidak kebagian ” Ujarnya.

Lagi Viral :   BAGAIMANA KELANJUTAN KASUS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK KETUA BPD SUNGAI BAUNG DIPOLSEK TALANG UBI

Dikatakan Imam, pihak pihak yang berwenang seharusnya dapat mengawasi penyaluran BBM subsidi di SPBU, berikan sanksi yang berat bagi SPBU yang nakal.

Selain itu, sambung Imam, bila BBM subsidi diberikan kepada kenderaan kategori industri. Hal  tersebut juga bisa merugikan pihak SPBU sendiri. Logikanya pelaku bisnis SPBU juga tidak mau persediaan solar nonsubsidi mereka tidak laku sehingga mereka harus tegas menjualnya ke industri.

” Peraturan dibuat tanpa ada pengawasan dan sanksi bagi yang melanggarnya, ya sama saja nonsen” Tegas Imam.

Juga dari pantauan langsung media ini ke SPBU Muara Enim, Rabu (04/08/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Memang di SPBU tersebut dipenuhi oleh kenderaan besar milik perusahaan yang sedang antrian mengisi BBM.

Lagi Viral :   Beberapa Jabatan Definitif OPD Di Lampung Selatan Kosong, 15 Pejabat Eselon II Ikuti Uji Kompetensi

Sampai berita ini ditayangkan, pihak SPBU Jalan lintas Muara Enim belum dikonfirmasi ( Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top