Uncategorized

Polsek Batam Kota Dan Polresta Barelang Bongkar Agen Pemalsuan Identitas Kartu Seluler

Batam, beeoneinfo.com

Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Batam Kota dan Satreskrim Polresta Barelang berhasil mengungkap agen pemalsuan identitas registrasi kartu seluler perdana yang biasa bermarkas di Batam.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Barelang Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo didampingi oleh Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan dan Kapolsek Batam Kota AKP Restia Octane Guchy, Rabu (8/1/2020) saat konferensi pers di Loby Mapolresta Barelang.

Dikatakan Prasetyo Satreskrim mengamankan lima orang tersangka yakni berinisial SS, JA, JH, JN, dan K. Para pelaku merupakan agen kartu perdana seluler yang memiliki jaringan antar Provinsi.

Menurutnya para tersangka membeli kartu ke dealer operator seluler resmi, lalu diaktivasi sendiri menggunakan data yang diambil dari orang lain tanpa sepengetahuan si pemilik data.

“Dalam satu hari para tersangka dapat meregristrasi sebanyak 5.000 kartu perdana, “ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa aktif kartu tersebut dijual belikan dengan selisih harga Rp 2 ribu dari harga kartu normal yang belum teregristrasi.

Prasetyo menambahkan, data pribadi mereka dapat dengan cara menjebol sebuah aplikasi seluler yang memang menyimpan ribuan nomor NIK milik masyarakat.

Prasetyo mengungkapkan barang bukti yang ikut diamankan ribuan SIM Card yang belum teregristrasi, ratusan SIM card yang sudah diregristrasi, 4 unit komputer dan sejumlah alat elektronik yang digunakan untuk menjebol server.

Menurutnya para tersangka dijerat Pasal 35 Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Nomor 11 Tahun 2008 dengan ancaman hukumannya selama 12 tahun penjara serta denda sebesar Rp12 miliar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top