Nasional

Status Jadi ASN, Karyawan KPK Malah Mengundurkan Diri

Jakarta, beeoneinfo.com

Setidaknya ada tiga karyawan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengundurkan diri pasca UU KPK disahkan. Selain itu, turut serta tiga penasihat juga mengundurkan diri dari lembaga antirasuah itu.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan jika ada karyawannya yang mengundurkan diri. Agus juga mengatakan mundurnya ketiga karyawan tersebut dikarenakan mulai diberlakukannya UU 19 Tahun 2019, soal pengangkatan para pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara yang tercantum dalam Pasal 1 Nomor 6, Pasal 24 ayat 2, Pasal 69B, dan Pasal 69C.

“Yang mengajukan mundur sudah tiga orang. Sisanya masih wait and see,” kata Agus saat itu.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, jika sebelum UU KPK tersebut diberlakukan memang sudah banyak yang akan mengundurkan diri. Maka dari itu, Alex juga mengatakan jika hal ini adalah hal yang wajar.

“Bagi saya sih enggak masalah (pegawai resign). Silakan pakai (nama) KPK kalau di luar itu bisa mengemban karier dan dia mengembangkan dan mengembangkan pemasaran KPK, integritas dan profesional kan bagus. Artinya KPK punya partner juga di luar,” kata Alex dikutip dari liputan6.com

Selain karyawan, tiga penasihat KPK juga akan mengundurkan diri. Bahkan satu diantaranya telah menerima surat pengunduran diri yaitu Mohammad Tsani Annafari.

“Yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri. Per 1 Desember (2019) sudah resign,” ujar Alex di Hotel Wyndham Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Ketiga penasihat KPK tersebut mengundurkan diri sebab memang didalam UU KPK yang baru tidak ada lagi jabatan penasihat, namun diganti dengan dewan pengawas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top