Daerah

TRENDING TOPIK DUGAAN PROYEK APBD PALI 2021 DIKERJAKAN PAKAI CSR PT PERTAMINA, DINAS TERKAIT TERUS BUNGKAM

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Dugaan adanya program CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field tumpang tindih dengan proyek APBD PALI 2021 dari dinas PUPR Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan semakin jadi trending topik yang hangat dibicarakan.

Lantaran antara program CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field dengan Proyek APBD Kabupaten PALI leading sektor Dinas PU Bina Marga Kabupaten PALI disinyalir terjadi persamaan baik lokasi maupun waktu pengerjaannya.

Paket pekerjaan itu adalah Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab, Instasi : Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten PALI,
Pagu : Rp. 1.500.000.000.00,.
Hps : Rp. 1.499.610.342.10,.
Pelaksana CV RAISYAH PRATAMA.

Dari narasumber yang bisa dipercaya bahwa titik nol proyek pekerjaan jalan tersebut berada tepat dilokasi yang dikerjakan program CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field

Artinya ada dugaan bahwa Proyek APBD Kabupaten PALI 2021 Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan Kecamatan Abab adalah proyek yang dikerjakan oleh CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Atau diduga satu lokasi proyek didanai 2 anggaran yaitu anggaran APBD Kabupaten PALI 2021 dan anggaran CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Menurut warga sebagai narasumber, juga dari data yang didapat, terbukti, karena dilokasi proyek APBD PALI tersebut yang mengerjakannya adalah alat berat dari PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field dari Tanggal 01 September 2021 sampai Tanggal 09 September 2021, sekelian membantu material pengerasan batu 

Lagi Viral :   Bergerak Terus, Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Kini Sosialisasikan 1000 HPK Di Katibung

Tapi disinyalir karena dugaan kecurangan ini mulai tercium publik,  untuk mengelabuhi masyarakat pihak pelaksana CV RAISYAH PRATAMA juga ada mendatangkan alat berat dilokasi yang sama pada Tanggal 12 September 2021 sampai tanggal 14 September 2021.

Dari keterangan seseorang yang minta namanya dirahasiakan, ia membenarkan kalau pihak pelaksana CV RAISYAH PRATAMA ada mendatangkan alat berat ke lokasi proyek yang sudah dikerjakan CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field itu.

Namun karena pekerjaan proyek jalan APBD PALI tersebut sudah selesai dikerjakan oleh alat berat PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Maka alat berat yang didatangkan pihak pelaksana CV RAISYAH PRATAMA tersebut ditarik keluar lagi dari lokasi pada Tanggal 14 September 2021.

Selanjutnya ada informasi teranyar yang didapat terkait proyek APBD Kabupaten PALI 2021 paket Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan ini.

Proyek yang sudah selesai dikerjakan CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field itu tiba tiba mendadak di CCO  atau Contract Change Order.

Narasumber, initial RK mengatakan bahwa pelaksanaan proyek Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan ini
tidak lagi berada di posisi titik 0 awal melainkan sudah di geser kelokasi lain. Karena katanya kalau di posisi titik 0 awal proyek tersebut masuk dalam bantuan CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field.

Lagi Viral :   Pemkab Lampung Selatan Gencarkan Vaksin Di Kalangan Pelajar Dan Masyarakat

Menurut informasi pelaksana kata dia, proyek tersebut, lokasinya di majukan lagi sekitar 500 meter dari titik nol awal. Mungkin itu yang dimaksud CCO dari dinas terkait.

Contract Change Order (CCO) itu sendiri adalah Surat kesepakatan antara pemilik (owner) dengan kontraktor dikarenakan adanya revisi atau perubahan perencanaan awal pada proyek konstruksi yang dikondisikan dengan keadaan dilapangan.

Contract Change Order (CCO) di dalam pelaksanaan proyek Pemerintah didefinisikan sebagai perubahan secara tertulis antara pejabat Pemerintah yang terkait dengan Penyedia / Rekanan / Kontraktor, yang dalam hal ini Dinas PU Bina Marga Kabupaten PALI dengan kontraktor CV RAINSYAH PRATAMA untuk mengubah kondisi dokumen kontrak awal, dengan menambah atau mengurangi pekerjaan.

Namun belum diketahui datail dugaan CCO pada proyek itu, apakah memindahkan lokasinya atau menambah – mengurangi pekerjaan.

Warga (AL) mensinyalir CCO mendadak ini lantaran dugaan permainan pada proyek ini sudah terungkap ke publik.

Namun kata dia, masyarakat PALI juga berhak mengetahui alasan mengapa proyek yang sudah dikerjakan itu mendadak di CCO. Berikut dasar hukum CCO dimaksud. Karena jelas ketika titik nol lokasi proyek Peningkatan Jalan Sawah dan Jembatan jalan utama Menuju Persawahan Desa Pengabuan tersebut adalah lokasi yang dikerjakan CSR PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field. Dan hal inipun disinyalir diketahui oknum dinas terkait.

Terkait adanya infornasi CCO ini, Direktur Perusahaan CV. RAISYAH PRATAMA ketika dikonfirmasi media ini, Jum’at (24/09/2021) mengatakan kalau dirinya sebagai pemilik perusahaan sudah mengkonfirmasi ke pengawas proyek terkait permasalahan CCO tersebut, namun katanya (pengawas) tidak ada CCO pada proyek tersebut.

Lagi Viral :   Sambut Selly, Nanang Ermanto Apresiasi Atlet Karate Asal Karang Anyar, Jati Agung

Sedangkan Instansi yang terkait, Dinas PU Bina Marga Kabupaten PALI sepanjang trending topiknya berita proyek ini, tidak perna memberikan klarifikasi sedikitpun, Dinas terkat masih terus bungkam.

Bahkan Sekretaris PUBM Kabupaten PALI,  Hilmansyah yang menurut informasi sebagai PPK pada proyek Jalan Persawahan desa pengabuan tersebut, ketika di konfirmasi melalui via sambungan telpon ke nomor +62 811-7878-*** menolak telpon wartawan.

Terpisah, terkait adanya dugaan keterlibatan PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field pada pekerjaan APBD Kabupaten PALI ini. Humas SKK Migas Provinsi Sumsel “Darwan” ketika dikonfirmasi melalui pesan WA ,Jum’at,(24/09/2021).

Dia membalas, namun tidak banyak memberikan penjelasan. Dia hanya mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan.dan pihaknya akan Konfirmasi ke KKKS Pertamina EP

” Baik pak terima kasih atas penyampaian infonya, kami akan konfirmasi ke kkks Pertamina EP” Tulisnya (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top