Nasional

VIRAL VIDEO ANAK SEKOLAH SD OKI SUMSEL NYEBRANG SUNGAI GUNAKAN STYROFOAM UNTUK BELAJAR

Jakarta
beeoneinfo.com

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR, Fadli Zon syok saat melihat video perjuangan siswa untuk ke sekolah. Ia miris saat menyaksikan sejumlah bocah harus menyebrang sungai menggunakan kotak styrofoam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Politikus Partai Gelora ini di akun Twitter resminya. Ia bertanya di mana momen siswa menyebrang sungai dengan modal styrofoam itu terjadi.

“Dimana ini ada siswa berjuang menyebrang dengan kotak styrofoam?” cuit Fadli Zon seperti dikutip Suara.com, Jumat (24/9/2021).

Fadli Zon bahkan memberikan sindiran menohok terhadap pemerintah. Ia menilai hal itu tidak seharusnya terjadi di Indonesia.

Apalagi, perkembangan Indonesia saat ini sudah semakin maju. Hal ini terbukti dari rencana pemerintah yang bersiap membuat mobil listrik.

“Luar biasa negara kita. Padahal sebentar lagi mau buat mobil listrik,” kritik Fadli Zon.

Cuitan Fadli Zon itu sendiri ditulis untuk mengomentari sebuah postingan video yang dibagikan akun @UmarChelsea_70. Akun ini membagikan video detik-detik siswa berseragam sekolah dasar (SD) yang mau berangkat ke sekolah.

“Setelah 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI),” tulis @UmarChelsea_70.

Mereka semua tampak membawa sekotak styrofoam di pinggir sungai. Ternyata, kotak styrofoam itu difungsikan sebagai kapal mereka untuk menyeberang sungai.

Para siswa pun menjejalkan tubuh dan tas mereka ke dalam kotak styrofoam kecil itu. Mereka harus menahan ketidaknyamanan selama menyebrang sungai demi menimba ilmu.

Selain itu, para siswa juga harus mengerahkan tenaga ekstra untuk mendayung kapal buatan mereka. Hal ini berpotensi membuat mereka kelelahan bahkan sebelum sekolah dimulai.

Tak sampai di situ, siswa-siswa yang masih kecil itu juga menghadapi bahaya tenggelam. Selain arus sungai yang tidak bisa diprediksi, bahaya juga bisa terjadi jika kotak styrofoam itu hancur.

Walau begitu, mereka terus membahayakan nyawa setiap pagi demi menimba ilmu di sekolah. Siswa-siswa itu tetap bersemangat menyeberang sungai dengan modal kotak styrofoam, karena tidak memiliki pilihan lain.

Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan Fadli Zon itu telah di retweetsedikitnya 400 kali. Postingannya itu juga telah mendapatkan 1.300 tanda suka.

Bahkan, cuitan Fadli Zon itu sudah sampai ke telinga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti. Ia menawarkan agar bisa patungan untuk membeli kapal bagi murid-murid tersebut.

“Pak Fadli Zon, dimana ini? Kita bisa patungan saya kasih perahu Susi, cek ombak dan mesinnya. Bapak yang bayar ongkosnya transport kesananya. Kita patungan bisa bantu mereka,” ajak Susi Pudjiastuti.

Warganet juga ramai menyoroti video memprihatinkan tersebut. Berikut komentar-komentar warganet:

“Jadi teringat apa yang Krisdayanti koar-koar kan tempo hari tentang gaji dewan dan dana aspirasi. Halo @DPR_RI dan pemerintah dengan instansi terkait sudah dengar keluh rakyatmu belum,” sindir warganet.

“Ini pasti seragam sekolah anak SD negara Kufukiland. Indonesia mana ada begini. Pemerintahnya kan amanah,” komen warganet.

“Kalau mau disandingkan dengan bakal buat mobil listrik sih kurang pas (menurutku). Karena kita bukan negara miskin atau negara yang gaptek. Justru kita negara yang kaya dan banyak orang pinter. TAPI sayangnya banyak juga yang korupsi pejabatnya,” tulis warganet.

“Ini dimana ya? Harusnya ada jembatan. Kalau muternya terlalu jauh pasti ada kapal. Saya gak yakin tiap hari mereka seperti ini,” tambah yang lain.

“Kreativitas yang muncul saat terjepit situasi. Daripada mengeluh dan dropout lebih baik menikmati proses secara swadaya,” timpal lainnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpum, Viral video di media sosial seorang anak Sekolah Dasar (SD) menyeberangi sungai menggunakan styrofoam saat pulang sekolah itu. Diketahui lokasi peristiwa itu di Desa Kuala Dua Belas, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatra Selatan. (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Diminati

To Top