Berita Viral

Benarkah Main HP saat Hujan Petir Bisa Membuat Kita Tersambar ?

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Kerap kita mendengar, jika bermain HP saat hujan petir bisa membuat kita tersambar petir. Dengan adanya korban sambaran petir yang kebetulan sedang bermain HP, maka isu dengan mengkambing hitamkan HP sebagai penyebab tersambarnya petirpun kian marak ditengah masyarakat.

Lalu benarkah bermain HP saat hujan petir bisa menyebabkan kita tersambar petir ?. Melalui kolom Konsultasi Gadget di inet.detik.com, Lucky Sebastian seorang arsitek yang menggandrungi dunia gadget sejak 1998 menjawab jika dugaan HP menjadi penyebab korban tersambar petir adalah mitos.

Di petik langsung, berikut adalah jawaban Lucky Sebastian pada seseorang yang bertanya tentang kebenaran HP bisa membuat kita tersambar petir.

Petir itu terjadi karena awan yang sarat bermuatan listrik negatif, tertarik dengan listrik positif di Bumi untuk segera menetralkan muatannya. Aliran listrik negatif dari awan ke Bumi ini yang kita kenal sebagai petir.

Karena segera ingin mencapai Bumi, maka petir atau kilat ini akan tertarik untuk menyambar atau melewati benda-benda yang tinggi di permukaan Bumi. Kalau di kota berarti lewat gedung-gedung tinggi, atau kalau di lapangan akan lewat pohon, dan kalau di jalanan akan lewat tiang-tiang listrik atau telepon.

Ini alasannya mengapa saat hujan berpetir, kita tidak disarankan berlindung di bawah pohon, atau bermain bola di lapangan terbuka. Hal ini akan membuka peluang untuk tersambar petir.

Sebelum era ponsel, telepon di rumah-rumah menggunakan sambungan kabel tembaga, yang tersambung dari tiang telepon di jalan dan masuk ke rumah-rumah. Saat petir kemungkinan menyambar tiang telepon yang lebih tinggi dari jalan, ada kemungkinan beban listrik yang besar juga teraliri ke rumah dan merusak telepon berkabel di dalam rumah.

Kemungkinan ini yang kemudian berkembang menjadi mitos bahwa saat hujan apalagi berpetir, kita dilarang menggunakan ponsel di dalam rumah. Padahal, ponsel zaman sekarang tidak tersambung melalui kabel untuk terkoneksi, atau kita kenal sebagai wireless, nirkabel alias tanpa kabel.

Jadi, bermain ponsel di dalam rumah selagi hujan petir aman-aman saja. Yang tidak aman adalah kalau sedang hujan petir, kita bermain ponsel di lapangan terbuka, dan kemungkinan petir menyambar bukan karena ponselnya, tetapi karena kita menjadi bidang paling tinggi di lapangan.

Yang mungkin menjadi perhatian saat bermain ponsel di dalam rumah saat hujan petir, adalah ketika ponsel terhubung dengan charger ke colokan listrik. Saat listrik menyambar tiang listrik, ada kemungkinan beban listrik bisa memenuhi jaringan listrik rumah dan turut merusak ponsel yang sedang diisi daya.

Tetapi kejadian ini jarang sekali terjadi, karena kebanyakan rumah-rumah yang cukup tinggi juga dilengkapi dengan penangkal petir, dan jaringan listrik di rumah yang baik senantiasa memiliki ground yang tersambung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

Belum lagi, jaringan listrik rumah memiliki pengaman sekring atau fuse yang segera memutus listrik ketika beban berlebih.

Intinya, saat hujan petir, bermain ponsel di dalam rumah atau gedung, aman-aman saja, dan informasi yang banyak beredar tentang tidak boleh memainkan ponsel di dalam rumah saat hujan petir, hanya mitos.

Lagi Viral :   Cadar Dan Celana Cingkrang, MUI Pertanyakan Rok Mini

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top