Nasional

Biasakan Membaca, Ini Fakta Tentang Isu Seragam Sekolah Baru 2024

Nasional, beeoneinfo.com

Jagad medsos diramaikan oleh isu tentang penggantian seragam sekolah baru. Banyak narasi yang menyebut jika kebijakan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim ini bertentangan dengan keadaan ekonomi nasional saat ini.

Lalu,seperti apakah sebenarnya seragam baru sekolah yang ditetapkan Nadiem Makarim ? dan kapankan peraturan baru tersebut diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan ?.

Tidak Ada Aturan Baru Di Tahun 2024

Melansir dari JDIH (Jaringan Informasi Dan Hukum) disitus Kemendikbudristek, tidak ada aturan baru masalah seragam yang diterbitkan oleh Nadiem dan instansinya pada 2024 ini.

Aturan terkini masalah penggunaan seragam sendiri diterbitkan pada tahun 2022 lalu berdasar Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022.

Lagi Viral :   Atap Sekolah SDN Di Indonesia Kembali Ambruk, Kok Separah Itu ?

Seragam Sekolah Masih Sama

Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 memuat aturan terkait beberapa jenis seragam bagi peserta didik baik di tingkat SD hingga SMA. Misalnya, pakaian seragam nasional adalah pakaian peserta didik di sekolah dengan model dan warna yang sama, untuk tingkat SD berwarna atasan putih dengan bawahan merah, untuk SMP atasan putih dan bawahan biru dongker dan untuk tingkat SMA atasan putih dan bawahan abu – abu.

Seragam nasional ini dalam Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 diatur penggunaannya pada hari Senin hingga Kamis serta digunakan pada acara – acara Upacara perayaan hari nasional lainnya.

Terkait pakaian seragam Pramuka, mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Penggunaan seragam Pramuka sendiri kemudian diserahkan pada pihak sekolah untuk hari penggunaannya.

Lagi Viral :   RATUSAN PELAJAR ANTUSIAS KUNJUNGI KAPAL PERANG KOLINLAMIL

Terkait pakaian seragam khas sekolah model dan warna ditetapkan sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinan. Pakaian seragam khas sekolah digunakan peserta didik pada hari yang ditetapkan masing-masing sekolah.

Mengenai pakaian adat, digunakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu. Khusus untuk pakaian adat ini sendiri Nadiem meminta agar sekolah tidak memaksa siswa agar wajib memiliki baju adat.

Dalam peraturan itu juga ditekankan, pihak sekolah dalam aturannya tidak boleh memaksa tiap siswa dan wali murid untuk membeli seragam baru baik itu dalam penerimaan siswa baru ataupun setelah uji kenaikan kelas, apalagi memaksanya untuk membeli disekolah tersebut.

Lagi Viral :   SATLINLAMIL JAKARTA GELAR LATIHAN SEA SURVIVAL 2019

(Dirangkum dan dikutip dari berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top