EKBIS

Bongkar Rahasia !, Ini Dia 4 Aplikasi AI Yang Berguna Buat Bantu Penjualan UMKM

Bisnis, beeoneinfo.com

Di era digital ini, banyak pebisnis ingin bersaing lewat segi storytelling yang unik, namun tidak punya banyak waktu untuk menuangkannya dalam bentuk konten. Hal ini tentunya cukup beresiko, karena bisnis Sahabat Wirausaha bisa saja kalah menarik dibandingkan brand-brand lain yang jauh lebih rajin mengunggah konten informatif.

Meski begitu, kita tidak perlu risau karena teknologi saat ini juga sudah semakin canggih. Sebagai pemilik usaha kecil dan menengah, kita bisa memanfaatkan aplikasi AI (Artificial Intelligence) untuk membuat konten secara otomatis dan lebih cepat. Berdasarkan penelitian terbaru dari Universitas Stanford dan MIT, AI bisa meningkatkan produktivitas hingga 14 persen bagi para pebisnis. Nah, Ini dia 4 rekomendasi aplikasi AI yang bisa membantu UMKM bikin konten secara praktis dan lebih produktif!

1. CopyAI

CopyAI merupakan aplikasi AI gratis yang bisa kita akses di browser. Meskipun gratis, tapi aplikasi ini berguna sekali untuk kita yang terkadang bingung harus menulis status seperti apa di sosial media. Berikut ini daftar fitur dan kelebihan aplikasi CopyAI yang akan menguntungkan pemilik bisnis online di sosial media :

  1. Membuat caption (status) di Instagram secara otomatis
  2. Memiliki Business name generator, yang berguna untuk Sahabat Wirausaha yang ingin mendirikan bisnis namun butuh ide nama bisnis. Fitur ini juga bisa kita manfaatkan untuk nama varian produk baru di bisnis kita yang sudah berjalan.
  3. Bisa digunakan untuk konten sosial media, situs website, E-commerce, dan juga iklan digital.
  4. Bisa membuat deskripsi produk secara otomatis
  5. Pengguna tidak perlu login saat menggunakan aplikasi
  6. Bisa disesuaikan dengan gaya bahasa yang diinginkan, misalnya santai, formal, persuasif, atau jenaka.

Bagi Sahabat Wirausaha yang ingin menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu mengunduh apapun. Kita hanya perlu membuka browser dan mengetikkan “Copy.ai” lalu klik situs tersebut. Setelah itu, kita perlu mendaftarkan akun dengan gmail yang dimiliki. Aplikasi siap dipakai!

2. Chat GPT

Khusus untuk aplikasi AI yang satu ini pastinya Sahabat Wirausaha sudah tidak asing lagi. Ya, Chat GPT mendadak menjadi viral setelah banyak orang mulai me-review tingkat keakuratan informasi yang diinginkan penggunanya.

Lagi Viral :   IDUL ADHA 1440 H/2019, PT BUKIT ASAM SAMPAIKAN 113 HEWAN KORBAN KEPADA MASYARAKAT

Chat GPT merupakan teknologi jenis Generative Pre-trained Transformer. Kegunaannya beragam, mulai dari membuat teks orisinil, menerjemahkan bahasa yang lebih akurat, hingga menjawab pertanyaan rumit yang membutuhkan analisa lebih dalam.

Bagi pelaku UMKM, teknologi ini sangat bermanfaat untuk mencari ide konten sosial media maupun website. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Bagi Sahabat Wirausaha yang ingin menggunakan aplikasi ini, caranya adalah membuka browser dan mengetikkan openai.com lalu klik situs tersebut. Setelah itu, kita perlu mendaftarkan akun dengan Gmail pribadi atau perusahaani. Setelah itu, kita bisa mengetikkan kebutuhan kita, misalnya :

“Berikan saya ide cerita menarik tentang dunia kuliner khususnya makanan ringan”

“Berikan saya ide cerita tentang sepasang suami istri yang membutuhkan produk (sebutkan produknya)”

Setelah mengetikkan dan klik enter, Chat GPT akan secara otomatis memberikan ide konten yang kita butuhkan. Meskipun banyak review positif tentang Chat GPT di Internet, namun kita juga tetap harus menyaring dan memeriksa ulang setiap informasi yang akan kita unggah kembali ke akun bisnis sosial media kita. Pasalnya, Chat GPT hanyalah mesin yang terkadang tidak memahami isu terkini dan realita di lapangan sehingga perlu disaring kembali. Sangat praktis, bukan?

3. Pictory

Bagi Sahabat Wirausaha yang masih pemula dalam menangani media sosial, perlu diketahui bahwa zaman sekarang sedang trending video pendek. Artinya, konten berbentuk video akan lebih disukai para audience dibandingkan konten berbentuk tulisan. Sebagai pemilik bisnis sudah seharusnya beradaptasi dengan perubahan zaman dengan mengikuti selera pasar.

Kini ada teknologi baru bernama Pictory yang memudahkan kita untuk mengubah script konten tulisan menjadi video. Hal ini tentunya sangat menghemat tenaga para pelaku UMKM yang tidak punya waktu banyak untuk mengedit video.

Aplikasi Pictory memiliki stok lebih dari 3 juta video disertai gambar berlisensi sehingga kita tidak perlu khawatir jika videonya akan monoton dan itu-itu saja. Selain itu, Pictory juga memiliki fitur yang bisa mengubah teks menjadi suara, sehingga pesan atau konten yang terdapat dalam video kita bisa tersampaikan lebih jelas kepada audience. Suara AI yang dihasilkan juga terdengar jelas dan jernih, sehingga tidak terdengar seperti robot.

Lagi Viral :   Temuan Maladministrasi Di PKH, Sri Mulyani : "Itu Tanggung Jawab Pemerintah Daerah"

Cara menggunakan aplikasi Pictory ini cukup mudah, yaitu seperti pada langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan link artikel atau script konten yang ingin diubah ke dalam bentuk video
  2. Setelah itu, mesin AI Pictory akan menyeleksi ringkasan dan teks copywriting terbaik untuk video kita. Setelah teks yang dipilihkan AI sudah jadi, Sahabat Wirausaha masih bisa mengedit atau menghapus kalimat yang tidak perlu.
  3. Pictory juga memiliki fitur untuk mengatur durasi video dan jumlah maksimal kata pada video, sehingga memudahkan pemilik UMKM seperti kita untuk membuat video iklan dengan waktu ideal di Instagram, yakni maksimal 30-60 detik.
  4. Setelah semuanya disesuaikan, Pictory akan secara otomatis memilihkan gambar dan juga footage terbaik sesuai script konten yang diminta. KIta juga masih bisa memilih secara manual video/gambar yang diinginkan
  5. Video sudah selesai dan siap untuk diunggah ke akun sosial media bisnis kita!

Kelebihan lain yang dimiliki Pictory adalah bisa digunakan secara gratis hingga 3 project dengan batasan 10 menit. Jika kita memiliki kebutuhan di atas itu, kita bisa upgrade fitur ke paket standar dengan biaya kurang lebih 285 ribu rupiah per bulan. Aplikasi ini bisa diunduh melalui link berikut Pictory.

4. Synthesia

Hampir mirip dengan Pictory, aplikasi AI bernama Synthesia ini juga memudahkan para pemilik UMKM untuk membuat konten promosi bisnis di media sosial. Perbedaannya terletak pada kemampuan Synthesia untuk menghasilkan avatar layaknya manusia yang bisa berbicara, sehingga video kita lebih menarik dan interaktif. Melalui fitur ini, diharapkan engagement yang dihasilkan juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan video footage dan kompilasi gambar biasa.

Kelebihan Synthesia dibandingkan aplikasi AI lainnya adalah kita tidak perlu merekam suara sendiri, tidak perlu menunjukkan wajah, dan tidak perlu alat audio yang canggih. Hal ini karena kehadiran kita akan digantikan oleh karakter avatar yang bisa kita pilih sendiri.

Lagi Viral :   Pemerintah Singapura Tutup Seluruh Masjid 13 - 17 Maret, Ini Alasannya

Cara membuat video di Synthesia juga cukup mudah. Sahabat Wirausaha hanya perlu mengunjungi website synthesia.io dan mendaftar akun. Setelah berhasil login, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Memilih avatar yang diinginkan
  2. Memilih video latar belakang yang diinginkan
  3. Masukkan script video yang ingin dibacakan oleh si avatar, jangan lupa untuk memilih bahasa yang digunakan agar avatar bisa mengucapkannya dengan benar.
  4. Rekam layar kita saat avatar mulai membacakan isi konten kita. Kita juga bisa menggunakan fitur screen recording yang disediakan oleh aplikasi Synthesia
  5. Setelah semuanya selesai, kita masih bisa mengedit script dan juga meningkatkan kecepatan jika dirasa si avatar membacakan kalimat terlalu lambat.
  6. Konversi video ke mp4 dan konten siap diunggah ke akun sosial media

Sedikit tips dalam menggunakan aplikasi ini adalah sebaiknya kita bisa mengeksplor fitur lebih jauh lagi, karena ada banyak pilihan transisi, emoji, dan juga nada suara yang bisa kita pilih. Untuk membuat audiens tidak cepat bosan dalam menonton video kita, sebaiknya gunakan transisi setiap beberapa detik sekali agar lebih menyenangkan.

Nah, itu tadi 4 rekomendasi aplikasi AI yang bisa kita gunakan untuk membuat konten iklan dan promosi bisnis di sosial media. Bagaimana, sangat menghemat waktu dan tenaga, bukan?

Meskipun terlihat praktis dan mudah, Sahabat Wirausaha tidak boleh lupa untuk memeriksa kembali hasil tulisan atau informasi yang dibuat oleh AI tersebut, karena di beberapa kasus hasilnya tidak sesuai fakta dan tidak 100% akurat. Karena sejatinya, AI hanya untuk meningkatkan produktivitas, namun tidak bisa menggantikan kebutuhan pokok manusia pada umumnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top