Daerah

DANA DESA TEMPIRAI – PENUKAL UTARA – PALI TERENDUS ADA INDIKASI PENYELEWENGAN

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Belum lama ini Oknum Kepala Desa Purun Timur Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan, AL ditangkap Tim Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres PALI atas dugaan perbuatan melawan hukum melakukan korupsi Dana Desa.

Kemudian disusul lagi pernyataan dan laporan dari salah satu LSM di Kabupaten PALI yang mengindikasikan adanya dugaan penyelewengan pengelolaan dana desa oleh sejumlah oknum Kepala Desa di Kabupaten PALI.

Sepertinya laporan LSM dimaksud bukanlah sekedar opini belaka. Karena LSM ini sudah melakukan pemantauan serta investigasi ke sejumlah desa di Kabupaten PALI. Hasilnya ada indikasi kuat bahwa pengelolaan dana desa di sejumlah desa di Kabupaten PALI banyak diselewengkan. Dan laporan ini patut ditindak lanjuti oleh Aparat Penegak Hukum di Kabupaten PALI dengan melakukan penelusuran serta mengaudit langsung ke lapangan seperti melihat bukti fisik bangunan yang sudah dilaksanakan oleh oknum kepala desa melalui program dana desa.

Laporan LSM terhadap dugaan penyelewengan dana desa di Kabupaten PALI itu diperkuat dengan informasi masyarakat  desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI, bahwa di desa Tempirai pengelolaan dana desa terutama tahun anggaran 2021 dan tahun 2022 telah terjadi penyelewengan.

Lagi Viral :   DIDUGA KORUPSI, NR, DIREKTUR PERUSDA MUARA ENIM (PD SPME) RESMI DITAHAN KEJARI MUARA ENIM

Karena kata dia, walaupun dirinya masyarakat biasa namun dia tahu dan bisa melihat pengelolaan dana desa di desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI.

Lelaki ini juga meminta Aparat Penegak Hukum, baik Kepolisian maupun Kejaksaan untuk menelusuri sekaligus mengaudit pengelolaan Dana Desa Tempirai Kecamatan Penukal  Utara Kabupaten PALI, baik tahun anggaran 2021 maupun tahun anggara. 2022.

” Sepengetahuan saya sebagai warga desa Tempirai Kecamatan Penukal utara, dana desa Tempirai terutama tahun anggaran 2021 nyaris tidak ada kegiatan fisik bangunan, kalaupun ada sangat kecil sekali,” ungkap warga Tempirai yang minta namanya dirahasiakan ini.

” Memang Dana Desa Tempirai tahun anggaran 2021 setahu saya ada bangunan fisik tapi sedikit sekali, sedangkan Dana Desa tahun 2022, saya sama sekali tidak melihat ada fisik bangunannya atau program lainnya yang dirasakan masyarakat,” tambahnya.

” Entah dialokasikan kemana Dana Desa Tempirai  tahun anggaran 2021 maupun tahun anggaran 2022,” dia mempertanyakan.

Lagi Viral :   APH DIMNTA BERTINDAK!, LEBIH DARI RP 1,6 MILIAR DUGAAN MARK UP PADA PEMBELIAN MOBIL OPERASIONAL DESA DI KABUPATEN PALI TAHUN 2023

Lelaki ini mencurigai ada dugaan kuat pelaksanaan Dana Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya atau disinyalir telah terjadi penyelewengan.

Pria ini juga menjelaskan bahwa realisasi Dana Desa Tempirai itu pada periode Kepala Desa sebelumnya  sekitar Rp 1,5 Miliar. Namun untuk periode saat ini, dia belum mengetahuinya bertambah atau berkurang.

“Dana Desa Tempirai, pada periode Kepala Desa lalu besarnya sekitar Rp 1,5 Miliar, Namun untuk saat ini saya belum tahu berapa besarnya, bertambah atau berkurang,” ucapnya.

Lanjut dia, adanya laporan LSM perihal adanya dugaan penyelewengan dana desa oleh sejumlah oknum Kepala Desa di Kabupaten PALI. Kami masyarakat PALI sangat mendukung Aparat Penegak Hukum untuk menelusuri dan mengaudit pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten PALI, terutama didesa kami sendiri, yakni pengelolaan Dana Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara

” Kami sangat mendukung Aparat Penegak Hukum melakukan penelusuran dan mengaudit pengelolaan Dana Desa di Kabupaten PALI, terutama dana desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara,” pintanya seraya mengakhiri perbincangannya.

Sementara itu terkait dugaan ini, Kepala Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Muhamad Jonod ketika di konfirmasi media ini melalui pesan WA mengatakan kalau ada dugaan Dana Desa desa Tempirai tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya (fiktif) silahkan saja dinaikan beritanya, karena menurut dia, dirinya tidak pernah melakukan kegiatan fiktif.

Lagi Viral :   PEMKAB PALI PRIORITASKAN 5 POIN PEMBANGUNAN TAHUN 2024

” Ya terima kasih atas informasinya, ya kalau menurut kalian ada yang fiktif silahkan dinaikan beritanya. Tapi menurut saya, selama ini saya tidak pernah melakukan kegiatan fiktif. Hanya itu saja terimakasih,’ cetusnya melalui pesan suara WA Kamis (15/12/2022).

Kepala Desa Tempirai Muhamad Jonot juga menjelaskan bahwa dana desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara di masa dirinya menjadi Kepala Desa sebesar Rp 1,2 Miliar (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top