Daerah

DUGAAN KORUPSI BUMDES, DD DAN ADD,, OKNUM KADES SUKA MAJU -:TALANG UBI DILAPORKAN BPD

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Rumaya dan Andre, anggota dan Wakil Ketua BPD desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan melaporkan oknum Kepala Desa Suka Maju atas dugaan korupsi dana BUMdes, Dana Desa dan ADD.

Laporan itu disampaikan Rumaya ke Polres PALI, Selasa (13/12/2022).

Rumaya menjelaskan kalau pengelolaan BUMDes Desa Suka Maju saat ini ada banyak kejanggalan, karena BUMdes Desa Suka Maju saat ini dalam kondisi mati suri alias mangkrak. Ada dugaan kuat pengelolaan Bundes Desa Suka Maju sudah diselewengkan.

Karena kata Rumaya, dulu BUMDes Desa Suka Maju sempat maju dan berhasil, namun saat ini BUMdes Desa Suka Maju seperti tidak ada kegiatan, sirna tidak tersisa.

“Kalau dahulu pada masa kepemimpinan Kepala Desa Muslimin (Alm) pengelolaan BUMDes Desa suka maju itu sangat jelas, ada wujudnya bahkan keberadaanya menambah income bagi Desa,Suka Maju,” ungkap Rumaya, Selasa (13/12/2022).

Lebih rinci, diceritakan Rumaya, bahwa pada awalnya yang BPD ketahui bahwa kepengurusan BUMDES DESA SUKAMAJU pada tahun 2017 yang lalu / di masa Pemerintahan Desa di Pimpin Oleh Kepala Desa Sdra. MUSTIKA dan BUMDES di Ketuai oleh Saudara Kholil. BUMdes Desa Suka Maju di kelola dengan baik serta berjalan dengan lancar dengan bidang usaha diantaranya Bidang Usaha Simpan Pinjam dan Bidang Usaha Hiburan / menyewakan Organ Tunggal.

Lagi Viral :   Kodim 0429/Lamtim Rutin Olahraga Bersama Jaga Imun Tubuh Ditengah Pandemi Covid-19

Namun dengan berakhirnya kepemimpinan Kepala Desa yang lama dan terpilihnya Kepala Desa yang baru Sdra. RUDINI, diadakan perombakan struktur kepengurusan BUMDES DESA SUKAMAJU yang diketuai Oleh Saudara Medi. dengan membentak unit usaha tambahan / baru berupa bidang Usaha Pembuatan Batu Bata / Bangsal BATA merah, Bidang Usaha LINK BRI/ BRI LINK dan  Bidang Usaha Depot Isi ulang Air Minum serta Bidang Usaha Simpan Pinjam.

Yang dicurigai, setiap pertemuan perangkat desa terkait pembahasan BUMDES desa Suka Maju, kenapa tidak ada penjelasan yang bisa dipahami.

” Saat kami mempertanyakan tentang keberlangsungan usaha BUMDES DESA SUKAMAJU terkait Modal usaha BUMDES dan keuntungan dari BUMDES selalu saja kami tidak mendapatkan keterangan atau klarifikasi dari keberlangsungan Usaha BUMDES Desa Suka Maju,” kata Rumaya.

” Tapi aneh BUMdes pada masa Kepala Desa yang sekarang, walaupun pernah menambah modal anggaran BUMDes desa Suka Maju untuk menambah aset aset BUMDes, tapi BUMdes Desa Suka Maju bukan tambah maju melainkan tambah tenggelam, hilang sirna seperti di telan bumi,” ungkap Rumaya.

  • Surat Laporan BPD Desa Suka Maju Ke Polres PALI, dugaan Korupsi BUMdes oleh oknum Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi – PALI

 

” Oleh karena itu kami meminta Pihak Kepolisian Untuk dapat mengusut tuntas terkait dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa pada BUMDES DESA SUKAMAJU kecamatan Talang Ubi Kabupeten Penukal Abab Lematang lis.,” harapnya.

” Kami meminta kepada Aparat Penegak Hukum Kabupaten PALI baik itu Unit Tipikor Polres PALI maupun Kejaksaan Negeri PALI untuk melakukan audit dan pemeriksaan terkait laporan saya itu,” tegas Rumaya lagi

” Jika memang terbukti oknum Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi melakukan penyelewengan atau korupsi, kami minta oknum Kepala Desa Suka Maju di tindak sesuai hukum berlaku ” pintanya.

Rumaya juga menambahkan bahwa permasalahan di desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi saat ini bukan cuma masalah BUMdes, namun juga masalah DD dan ADD,” ujarnya.

” Kami mohon kepada Aparat penegak hukum untuk menelusuri, melakukan audit keuangan Desa Suka Maju baik itu BUMdes, DD dan ADD, karena disinyalir BUMdes, DD maupun ADD Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi sudah terjadi penyimpangan,” Tutup Rumaya.

Sebelumnya Desa Suka Maju ini sempat viral lantaran  warga menolak proyek aspirasi DPRD PALI pembangunan Embung di desa Suka Maju.

Penolakan warga desa Suka Maju tersebut bukan tanpa alasan. Karena menurut warga setempat, pembangunan embung itu tidak ada azaz manfaat sama sekali. Apalagi di desa Suka Maju sebelumnya juga pernah dibangun Embung yang juga belum ada manfaat, bahkan hanya sekedar proyek yang menghambur hamburkan uang rakyat,bahkan hanya membuat lobang jebakan yang membahayakan warga terutama anak anak yang sewaktu waktu bisa terpeleset dan tenggelam didalam embung.

Penolakan warga itu disampaikan langsung ke DPRD PALI. Namun kandas,DPRD PALI mala terkesan memaksa warga untuk menerima proyek embung dengan mengancam tidak akan mengalokasikan proyek proyek di desa Suka Maju jika warga Suka Maju menolak proyek pembangunan embung.

Embung hanya menjadi jebakan yang membahayakan warga ternyata jadi kenyataan. Desa Suka Maju kembali heboh karena meninggalnya seorang anak karena terpeleset masuk kedalam Embung.

Semrntara itu terkait permasalahan ini, Kepala Desa Suka Maju belum dikonfirmasi (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top