Bandar Lampung

Erick Thohir Bersama Eva Dwiana Lepas 2 Kontainer Kopi Lampung Untuk di Ekspor

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Menteri BUMN Erick Thohir bersama Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menghadiri pelepasan dua kontainer kopi Lampung pada, Minggu (30/1) di Pergudangan Kopi, Jl. Ir. Sutami No. 52, Kelurahan Campang Jaya, Kota Bandarlampung.

Dengan tema Kick off “Kick off dan Launching Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara” menjadi awal dari sebuah ekosistem yang di bangun oleh BUMN untuk mensejahterakan petani kopi yang ada di Indonesia.

Dua kontainer yang dilepas rencananya akan mengirimkan biji kopi dari Lampung menuju Mesir. Selidik punya selidik, rupanya biji kopi dari Indonesia baik itu arabika dan robusta memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat di Mesir.

Hal tersebut dibuktikan dengan terus meningkatnya nilai ekspor biji kopi ke negeri piramida tersebut. Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, secara memaparkan jika peningkatan ekspor biji kopi ke Mesir meningkat sebesar 58 persen selama periode Januari – November 2021.

Lagi Viral :   Dua Warga Way Ratai Tertangkap Membawa Puluhan Liter BBM Subsidi Di Kedondong Pesawaran

“Pada periode sebelumnya sekitar $ 50,20 juta sedangkan untuk periode 2021 menjadi $ 80,20 juta. Ini adalah hasil kerja keras dari PT. PPI dan juga semua pihak kedepan potensi itu sangat besar,” tuturnya.

Gagasan project kopi ini bermula saat Menteri BUMN, Erick Thohir bertemua dengan sejumlah petani di 4 provinsi yaitu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Ia melihat potensi dari kopi yang masih 96 persen dimiliki oleh petani. Berkaca dari keberhasilan project yang dilakukan untuk petani Padi, Tebu dan Jagung ia pun memulai pilot project di 4 provinsi tersebut.

“Untuk pilot projek 4600 hektar untuk di Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Timur dan Jawa Barat. Bukan tidak sayang dengan provinsi lain, tapi lebih baik kecil tapi menjadi besar dari pada besar tapi gagal,” ujar Erick kepada wartawan.

Lagi Viral :   Sekda Lampung Selatan Hadiri Pengajian Akbar Jelang Pemberangkatan Calon Haji

Lebih lanjut, erick menjelaskan jika kopi dari Indonesia mempunyai rasa dan aroma yang berbeda dengan negara lain. Namun ia menekankan saat ini kualitas dan kuantitas kopi dari Indonesia masih kalah dari Vietanam.

“Eksportir dari Egypt mengatakan kualitas dari kopi kita masih kalah dari Vietnam dalam hal kadar airnya. di Vietnam 1 hektar bisa menghasilkan 5 ton biji kopi dengan kadar air 13%, sedangkan di kita 1 hektar hanya menghasilkan 2 ton biji kopi dengan kadar air diatas 13%,” terangnya.

“Namun ini yang harus sama-sama kita perbaiki tidak bisa sendiri-sendiri atau hanya mendiamkan petani kita. Apalagi khususnya kopi ini 96% masih dimiliki oleh petani,” imbuhnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Erick Thohir menugaskan PT. Pupuk untuk melakukan pendampingan kepada para petani agar bisa memberikan pupuk dan bibit yang tepat supaya hasilnya bisa menjadi lebih baik.

Disaat yang bersamaan, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, menegaskan jika pihaknya akan turut ambil peran dalam upaya peningkatan serapan kopi di dalam kota dengan cara memberikan asuransi kepada pengrajin dan pengusaha kopi.

Lagi Viral :   Pemkab Lampung Selatan Kolaborasi Bersama Kantor Bahasa Provinsi Lampung Gelar Giat Pendampingan Komunitas Penggerak Literasi

“Nanti kita akan kumpulkan para pengrajin kopi dan pengusaha kedai kopi yang ada di kota Bandar Lampung. Kita kan sudah memberikan pinjaman tanpa bunga kepada UKM yang ada di kota Bandar Lampung, jika di kolaborasikan maka akan semakin baik nantinya,” tukas Eva

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top