Daerah

Gelar Musrenbang, Pemkab Lampung Selatan Kucurkan Rp 43 M Lebih Untuk Kalianda

LAMPUNG SELATAN, beeoneinfo.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan untuk tahun anggaran 2023.

Kecamatan Kalianda menjadi yang pertama melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan. Kegiatan yang digelar di Lapangan Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Senin (31/01/2022).

Hadir juga dalam acara Mursenbang perdana itu, Anggota DPRD Lampung Selatan dari Dapil 1, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin beserta para pejabat utama dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Lampung Selatan, Camat serta Forkopimcam Kalianda.

Nampak hadir juga Keta Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta elemen masyarakat lainnya.

Lagi Viral :   Laskar Merah Putih Lampung Timur Meminta Bupati Untuk Segera Evaluasi Kinerja Sekdakab Lampung Timur

Dalam Musrenbang itu terungkap, Pemkab Lampung Selatan mengucurkan anggaran pembangunan tahun 2022 untuk Kecamatan Kalianda sebesar Rp. 43.095.119.350.

Rinciannya, anggaran operasional kecamatan sebesar Rp. 8.441.178.000, serta Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 sebesar Rp. 34.653.941.350.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, berbicara pembangunan tentu saja tidak terlepas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang setiap tahun dianggarkan. Dimana, pada tahun 2022 APBD Kabupaten Lampung Selatan mencapai Rp. 2,22 triliun.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 1,73% dan pertumbuhan ekonomi nasional juga mengalami kontraksi sebesar 2,07%. Hal ini disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 yang telah menyerang wilayah Indonesia, termasuk Lampung Selatan selama kurang lebih 2 tahun terakhir,” kata Nanang.

Lagi Viral :   PWI Lamtim Rapat Persiapan HPN dan Konforkab

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa yang baik, harus disertai pula dengan sinkronisasi rencana antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta mengoptimalkan potensi unggulan daerah, yang didukung oleh infrastruktur dan inovasi dari seluruh stakeholder terkait.

“Jangan sampai kota Kalianda ini jadi penonton. Tapi bagaimana Bakauheni Harbour City dibangun kita punya penyangganya. Kita harus kreatif, ada inovasinya. Ada 10 destinasi wisata yang akan kita promosikan menjadi wisata nasional bahkan internasional,” katanya.

Sementara, dalam Musrenbang tahun 2022 kali ini tidak hanya diisi dengan kegiatan seremonial semata. Pemkab Lampung Selatan juga membuka berbagai stand pelayanan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Lagi Viral :   Tingkatkan Keamanan, Pemkot Bandar Lampung Berlakukan Kartu Parkir

Seperti pelayanan kesehatan gratis dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Kalianda. Ada juga pelayanan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan dan Terpadu Satu Pintu, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Dinas Sosial.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top