Bandar Lampung

HIPAKAD Ajak Seluruh Ormas Cegah Tangkal Terorisme dan Radikalisme Sedini Mungkin

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Himpunan Putra Putri Keluarga AD (HIPAKAD) Lampung menggelar seminar daerah dengan tema Peran Ormas Terhadap Cegah Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Hotel Nusantara pada, Jumat (12/11).

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh HIPAKAD di 8 titik se-Provinsi Lampung dan menjadikan Bandar Lampung sebagai titik terakhir dari rangkaian kegiatan tersebut.

Kegiatan ini di hadiri berbagai Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang ada dilampung, serta turut dihadiri ketua DPRD Lampung Ningrum Gumay selaku narasumber dan perwakilan dari KOREM 043/Garuda Hitam.

Pembahasan pada seminar ini menitik beratkan pada peran ideologi Pancasila dalam mencegah munculnya ideologi baru yang dibawa oleh kelompok terorisme dan radikal yang meresahkan masyarakat Indonesia.

Lagi Viral :   Sepakat Dengan Pakar Hukum Unila, Praktisi Hukum Sai Bumi Selatan Paparkan Alasan Nanang Ermanto Baru Satu Periode

Ningrum Gumay mengatakan, tugas untuk melakukan pencegahan tentang terorisme dan radikalisme sedini mungkin adalah tugas kita bersama. Dalam hal ini masyarakat termasuk seluruh ormas yang ada didalamnya.

Bahkan ia pun mendorong pemerintah agar pendidikan Pancasila berbangsa dan bernegara bisa kembali di gaungkan sejak pendidikan dini untuk menjadi doktrin agar para pemuda Indonesia nantinya mempunyai jiwa Nasionalisme yang kuat.

“Kita juga mendorong di pendidikan tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi pemahaman tentang pancasila dan berbangsa bermasyarakat perlu juga dikembangkan,” katanya.

Lagi Viral :   Bupati Chusnunia Chalim Melepas Rombongan KBNU (Keluarga Besar Nadhatul Ulama) Menuju Gelora Bung Karno (GBK)

Selain itu, Ningrum Gumay berharap dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat saat ini ORMAS bisa menjadi mata dan telinga untuk masyarakat tentang bahaya akan paham radikalisme dan terorisme yang terus berkembang di dunia maya.

“Tentang pemahaman dan informasi yang banyak kita ketahui dengan berkembangnya teknologi di dunia maya ini kita berharap teman-teman ormas bisa menjadi mata dan telinga dalam keamanan dan kenyamanan di daerahnya. Juga memberikan pemahaman secara internal di organisasinya tentang berbangsa bermasyarakat,” tuturnya.

Diwaktu yang bersamaa, Syaiful Bahri selaku ketua DPD HIPAKAD Lampung mengatakan, pihaknya ingin menjadikan HIPAKAD sebagai perekat untuk ORMAS lain  agar bersatu bahu-membahu membantu pemerintah dalam menanggulangi terorisme dan radikalisme di Lampung.

Lagi Viral :   Pemkot Metro Gelar Lomba O2SN Di Iringmulyo Metro Timur

“Disini kita memberikan pemahaman bahwa generasi muda untuk memegang teguh 4 pilar kebhinekaan yaitu Pancasila, UUD45, Kbhinekaan dan NKRI Harga mati. Pancasila adalah ideologi yang tidak bisa di pisahkan dari NKRI,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top