Daerah

HUT PTBA KE 42 TAHUN 2023, ARSAL ISMAIL UMUMKAN LABA BERSIH RP 10,0 TRILIUN

Muara Enim
beeoneinfo.com

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail bertindak sebagai inspektur upacara pada Hari Ulang Tahun PTBA yang ke 42 tahun 2023 yang digelar di Kantor Pusat PTBA, Tanjung Enim – Sumatera Selatan, Kamis (02/03/2023.

Pada kesempatan ini, PTBA yang merupakan  anggota Grup MIND ID terus berupaya meningkatkan kontribusi untuk negeri dan menjaga ketahanan energi.

Pada HUT nya yang ke 42 tahun 2023 mengangkat tema “Raise Beyond The Limits”, Bukit Asam diharapkan dapat mengatasi semua tantangan untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

“Sebagaimana tema yang diusung pada edisi perayaan HUT PTBA ke-42, yaitu “Raise Beyond the Limits” ini secara makna bahwa PTBA harus lebih bisa melewati batas-batas yang ada, keluar dari paradigma bisnis yang selama ini nyaman dan hanya fokus pada bisnis eksisting.

Kini sudah saatnya PTBA memiliki terobosan-terobosan untuk bisa mencapai visi PTBA secara jangka panjang melalui upaya transformasi yang saat ini sedang kita jalankan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail saat upacara memperingat HUT PTBA yang ke 42 di Kantor Pusat PTBA, Tanjung Enim – Sumatera Selatan, Kamis (02/03/2023).

Arsal mengatakan, tahun 2023 adalah tahun yang penuh tantangan dan peluang. Perubahan terjadi dengan sangat cepat. Ketidakpastian global, kondisi geopolitik dunia, perkembangan teknologi, serta isu lingkungan perlu diantisipasi.

Arsal berharap seluruh Insan Bukit Asam dapat semakin solid dan tangguh dalam beradaptasi menghadapi tantangan baru, berkolaborasi memaksimalkan setiap peluang yang ada, membawa PTBA melesat melampaui batas.

Pria lyang selalu nampak ceria ini menegaskan agar insan PTBA tetap meningkatkan kinerja walaupun hasil yang sudah dicapai PTBA begitu sudah sangat mengembirakan.

Lagi Viral :   HEBAT, PT. MUSI PRIMA COAL (MPC) ENGGAN TAAT KEPUTUSAN RAPAT PEMDA MUARA ENIM, BEGINI KATA PLT BUPATI

“Kita jangan hanya puas dengan kondisi PTBA saat ini. Walau tahun 2022 adalah tahun yang cukup menggembirakan buat kita semua, namun jangan lah kita lengah. Saya selalu ingatkan dan mengajak rekan-rekan semua bahwa tantangan kita ke depan akan jauh lebih berat lagi. Kita masih perlu tingkatkan ketahanan bisnis kita,” tutur Arsal.

Karena itu,dia mengingatkan kepada seluruh Insan Bukit Asam untuk fokus menjalankan transformasi. Mulai dari hilirisasi, percepatan monetisasi cadangan dan sumber daya batu bara, pengembangan energi baru dan terbarukan, hingga manajemen karbon.

“PTBA nantinya bukan lagi perusahaan yang hanya berfokus pada penjualan batu bara, tapi sudah lebih dari itu. Kita akan masuk ke bisnis yang benar-benar berbeda dari selama ini, yakni hilirisasi batu bara, dan energi baru dan terbarukan, serta manajemen karbon,” ungkapnya.

CAPAIAN POSITIF

Arsal Ismail membeberkan bahwa HUT ke-42 Bukit Asam ini diwarnai oleh berbagai capaian positif. Perusahaan berhasil mencetak kinerja positif pada 2022. Per Kuartal III tahun 2022, Perusahaan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,0 triliun. Laba bersih tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Bukit Asam.

“Di tahun 2022, alhamdulillah PTBA telah berhasil mencapai target kinerja keuangan perusahaan terbaik sepanjang PTBA berdiri, suatu pencapaian yang patut kita syukuri dan kita banggakan bersama,” ujarnya

Lebih jauh Arsal memaparkan, bahwa Bukit Asam terus melakukan transformasi dan diversifikasi bisnis untuk menghadapi tantangan ke depan. Salah satu program Bukit Asam untuk mewujudkan visi tersebut adalah hilirisasi Coal to DME. Selain merupakan sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan, implementasi DME akan mengurangi impor LPG serta memperbaiki neraca dagang Indonesia.

Lagi Viral :   KMGMB : TUTUP TAMBANG BATU BARA PT TBBE DAN PT RMK DI GUNUNG MEGANG

Di samping itu, Bukit Asam memiliki sejumlah lahan bekas tambang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Di antaranya adalah lahan pasca tambang Ombilin di Sumatera Barat seluas 201 hektar (ha), dan di Tanjung Enim seluas 224 ha. Potensi PLTS di masing-masing lahan tersebut mencapai 200 Megawatt (MW). Ada juga lahan pasca tambang Bantuas seluas 30 ha di Kalimantan Timur dengan potensi 30 MW.

Baru-baru ini, Bukit Asam juga menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG), PT Timah Tbk, dan jalan tol Jasa Marga Group. PTBA juga menjajaki pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan China Huadian Corporation (CHD).

” Terkait capaian-capaian positif, saya sangat mengapresiasi kepada seluruh Insan Bukit Asam, para mitra kerja, dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi,” ujarnya

“Saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Insan PTBA di seluruh unit wilayah kerja, para mitra kerja, serta para stakeholder atas dukungan dan kontribusinya dalam memajukan PTBA untuk lebih baik lagi ke depannya. Sejatinya pencapaian PTBA sampai dengan saat ini bukan hanya hasil dari pribadi PTBA sendiri, melainkan hasil seluruh team work yang sukses mengantarkan PTBA sampai dengan saat ini,” imbuhnya.

RANGKAIAN KEGIATAN HUT KE – 42 PTBA.

Pada momen HUT yang ke 42 tahun 2023, seperti sebelumnya, sebagai bentuk komitmen terhadap masyarakat di sekitar wilayah Perusahaan dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, Bukit Asam menyalurkan sejumlah bantuan dan menggelar kegiatan-kegiatan sosial. Sejalan dengan Noble Purpose (Tujuan Mulia) Bukit Asam sebagai anggota Grup MIND ID.

Lagi Viral :   PEDULI SESAMA, PT BUKIT ASAM BAGIKAN 9000 PAKET SEMBAKO

” Berangkat dari Tujuan Mulia kita yang kita ambil dari Noble Purpose MIND ID, eksistensi PTBA bukan hanya sekadar menambang. Kami menambang untuk membangun peradaban, untuk menciptakan kesejahteraan dan pastinya untuk masa depan yang lebih baik,” kata Arsal.

Kegiatan sosial tersebut di antaranya adalah operasi katarak gratis untuk 40 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, pemberian bantuan kaki palsu untuk 15 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim.

Kemudian dilakukan khitanan massal untuk 500 anak di 5 wilayah, yaitu Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Merapi Barat, dan Kecamatan Merapi Timur.

Selain itu, program bedah rumah dilaksanakan sebagai upaya menciptakan hunian yang layak, aman, dan tangguh. Sebanyak 4 unit rumah mendapatkan perbaikan. Lokasinya di Kelurahan Tanjung Enim, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, dan Desa Tanjung Raja.

Pada Upacara HUT yang ke 42 tahun 2023 ini dihadiri oleh jajaran komisaris,jajaran direksi seperti Direktur SDM Suherman, Direktur Operasi dan Produksi Suhedi setta ibu ibu dari PTBA.

Rangkaian acara HUT ke-42 PTBA juga dimeriahkan oleh Bazar UMKM di GOR Berangau. Sebanyak 57 UMKM turut serta dalam bazar ini. (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top