EKBIS

Import Bahan Pangan Meningkat, Swasembada RI Kapan ?

Ekonomi, beeoneinfo.com

Janji pemerintah untuk melakukan swasembada pangan tampaknya masih belum bisa diwujudkan. Nyatanya, menurut data dan penelusuran tim beeoneinfo.com hingga saat ini pangan import di Indonesia sendiri bukannya turun justru malah meningkat drastis.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Januari 2022 lalu Indonesia sendiri sudah memulai import beberapa jenis pangan yang diantaranya sangat miris sebenarnya tersedia juga di Indonesia. Jumlah import inipun meningkat dari tahun sebelumnya berdasarkan data BPS tersebut.

Berikut adalah 10 besar bahan pangan yang diimport oleh Indonesia :

  1. Beras :  Pemerintah mengimpor beras pada bulan lalu sebanyak 37.485 ton dengan nilai US$ 15,39 juta. Dimana volume impor beras ini naik 57,05% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
  2. Daging Ayam : Bulan lalu impor daging ayam Indonesia tercatat sebanyak 23 ribu kilogram dengan nilai US$ 83 ribu. Impor ini berasal dari Jepang dan Singapura.
  3. Daging Lembu : Indonesia masih melakukan impor daging lembu pada bulan lalu sebanyak 7.967 ton dengan nilai US$ 28,92 juta. Impor daging lembu ini berasal dari Australia, Amerika Serikat, Brasil, Selandia Baru hingga India.
  4. Cabai : Bulan lalu, Indonesia juga melakukan impor cabai dengan jumlah sebanyak 1.572 ton yang bernilai US$ 3 juta. Impor ini berasal dari India, China, Malaysia, Taiwan hingga Singapura.
  5. Bawang Putih : Indonesia masih melakukan impor bawang putih di Januari 2022 namun jumlahnya lebih kecil dibandingkan Januari 2021. Pada bulan awal tahun ini impor bawang putih mencapai 1.015 ton dengan nilai US$ 1,36 juta. Impor terutama berasal dari China, India dan Jerman.
  6. Kedelai : Pada awal tahun, RI melakukan impor kedelai sebanyak 224.384 ton dengan nilai mencapai US$ 127,32 juta. Impor berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Australia, Malaysia hingga Singapura.
  7. Gula : Impor gula pada Januari 2022 tercatat sebanyak 506.072 ton dengan nilai US$ 246,18 juta. Ini berasal dari negara Thailand, India dan Australia.
  8. Susu : Impor susu di Januari tercatat dengan nilai US$ 53,46 juta. Impor berasal dari negara Selandia Baru, Amerika Serikat, Australia, Perancis hingga Belgia.
  9. Jagung : Impor jagung tercatat sebanyak 32.576 ton dengan nilai US$ 11,83 juta. Impor berasal dari Brasil, Argentina, Thailand, Amerika Serikat hingga Malaysia.
  10. Garam : Meski Indonesia terbentang dengan lautan yang luas tak membuat terhindar dari impor garam. Dimana impor garam masih terjadi sebanyak 23.015 ton dengan nilai US$ 1,21 juta. Impor berasal dari Australia, China, Korea Selatan, Jepang hingga Amerika Serikat.
Lagi Viral :   ICW SURATI KAPOLRI, TERKAIT LAPORANNYA, DUGAAN GRATIFIKASI KETUA KPK FIRLI BAHURI
Lagi Viral :   Horor : Kenal Di Facebook, Di Ajak Ketemuan, Di Bunuh Kemudian Di Perkosa

 

Lagi Viral :   Fadli Zon Ngeluh Tagihan Listrik Naik, Ini Alamat Pengaduan Ke Kantor Luhut

(Dirangkum dari cnbcindonesia.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top