Daerah

INI DUGAAN MASALAH YANG TERJADI DI DESA UJAN MAS BARU KECAMATAN UJAN MAS

Muara Enim
beeoneinfo.com

Pelaksanaan kegiatan di desa, baik itu kegiatan yang didanai pakai Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Muara Enim sering diketemukan tidak mengikuti juknis maupun juklak yang sudah ditentukan.

Padahal, kegiatan desa yang tidak patuh pada juklak maupun juknis jelas dianggap pelanggaran yang memiliki konsekuensi hukum.

Seperti yang terjadi di Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim.

Desa ini diduga sudah mengangkangi aturan dalam melaksanakan kegiatan desanya.

Hal itu diungkapkan oleh nara sumber kepada media ini, Rabu (08/03/2023).

Dibeberkannya, adapun dugaan permasalahan yang terjadi di Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas adalah :

  1. Bahwa pekerjaan beton pembuatan jalan setapak yang berlokasi di Dusun IV Desa Ujan Mas Baru tahun anggaran 2022 masih terus dikerjakan hingga tahun 2023.
  2. Dana silpa desa Ujan Mas Baru tidak jelas atau disinyalir belum dikembalikan oleh oknum Kepala Desa Ujan Mas Baru..
  3. Di Desa Ujan Mas Baru ada membagikan kotak sampah kepada masyarakat, namun mirisnya dari bulan Desember 2022 hingga sekarang sampah yang ada dalam kotak sampah warga  tidak diambil, sampah dibiarkan menumpuk begitu saja sehingga menimbulkan aroma kurang sedap dan sangat mengganggu kesehatan warga.
  4. Diduga dana anggaran Karang Taruna dan Lembaga Adat tidak direalisasikan kepada pihak yang berhak mengelolanya.
  5. Program Ketahanan Pangan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ujan Mas Baru juga perlu di ditelusuri dan diaudit kegiatannya.

“Kami ketahui 5 point diatas diduga terjadi di desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas,” ucap nara sumber yang minta namanya dirahasiakan ini.

Lagi Viral :   IZIN PT BARA SUMATERA ENERGI (BSE) SUDAH LENGKAP, TINGGAL MELAKSANAKAN SOSIALISASI

” Kami minta kepada Aparat Penegak Hukum untuk menelusuri dan mengaudit keuangan desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim, Syamsir, saat dikonfirmasi melalui pesan Wa terkait permasalahan itu, Rabu (09/03/2023), pesan dibaca tapi oknum Kepala Desa ini tidak memberikan hak jawab hingga berita ini ditayangkan.

Lagi Viral :   DALAM 3 JAM MUSDALUB SEPAKATI HADIONO JADI KETUA DPD GOLKAR KABUPATEN MUARA ENIM 2020 - 2025

Sementara itu terkait adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara para Kepala Desa se РKabupaten Muara Enim dengan Kejaksaan Negeri Muara Enim yang penanda tanggapannya di laksanakan di Kantor DPMD Kabupaten Muara Enim pada Selasa (07/03/2023).

Aktivis Pemerhati Kabupaten Muara Enim, Imam Suranto menanggapinya bahwa adanya MOU tersebut, hendaknya para oknum Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim jangan merasa senang dulu dan terlalu percaya diri tidak bisa tersentuh hukum ketika melakukan tindak pidana korupsi keuangan desa.

Yanto menjelaskan, MOU dimaksud,bukan berarti Kejaksaan Negeri Muara Enim akan tutup mata dan akan menjadi tameng (pelindung) para oknum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim yang melakukan tindak pidana korupsi, baik itu korupsi Dana Desa maupun korupsi Alokasi Dana Desa (ADD).

Lagi Viral :   BELUM SETAHUN BERDIRI, UMKM ANDALIN PERMATA GUNUNG MEGANG OPTIMIS IKUTI FREEDOM STREET KARNAVAL DI MUARA ENIM

” Kita yakin, MOU Kejari Muara Enim dengan para Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim bukan bertujuan melindungi oknum Kepala Desa yang melakukan tindak pidana korupsi, ” beber pria yang populer di sebut Yanto Kaco Mato ini.

” Nanti kita akan buktikan, temuan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oknum Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim, akan kita laporkan ke Aparat Penegak Hukum,” pungkasnya (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top