Banten

KAMI Serang Banten Fasilitasi Simulasi Penanggulangan Pemadaman Hutan

Banten, beeoneinfo.com

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Serang, menggelar simulasi penanggulangan pemadaman hutan, di area Pasar Baru, Desa Kibin Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang Provinsi Banten Kamis (14/7/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Camat Kibin H.Imron Ruhyadi, Polsek Cikande diwakili Kanit Intel AKP Dodo Supriyadi, Koramil Cikande Pelda Siswahyudin Kepala Damkar Jawilan Suproni, penasehat Komunitas anduk Merah Enjat/ Badot, Relawan dari Taiwan Harison, Kepala Desa Kibin Achmad Samsudin dan sejumlah simpatisan Komunitas anduk Merah.

Ditemui dilokasi simulasi, penasehat Komunitas anduk Merah Indonesia (KAMI) Enjat/ Badot mengatakan, pihaknya diminta untuk memfasilitasi tempat dilaksanakan simulasi.

Lagi Viral :   Tingkatkan Pelayanan, Polda Kepri Bakal Launching Sistem Pengaduan Online

“Saya mendapat permintaan dari pak Camat untuk menyediakan tempat simulasi penanggulangan kebakaran hutan, saya juga sudah komunikasi langsung dengan relawan Taiwan Harison, tentang bagaimana penanggulangan kebakaran hutan melalui sistim yang disimulasikan,” ungkap Enjat / Badot.

Dikatakan Enjat bahwa sistem yang disimulasikan berupa Jaringan Pipa stabil dan sumber air.

“Ini merupakan sistem terbaru penanggulangan kebakaran hutan, dimana mirip dengan konsep menara air pendingin dengan air lakukan pertukaran panas denga udara dimenara air pendingin dan hantar panas di air dari udara.

Jaringan pipa dapat secara efektif mencegah kebakaran, membongkar energi api seluruh jaringan. Dan jaringan pipa bambu adalah sistim pembuangan energi menggunakan air sebagai media perpindahan panas,” jelas Ketua KAMI Banten.

Lagi Viral :   Mantap ! GWH Kalianda Kini Di Lengkapi Dengan Gym Center

Ditempat terpisah, Camat Kibin H.Imron Ruhyadi mengatakan melalui selulernya, terkait kegiatan simulasi di pasar Baru Tambak, Kibin.Dirinya menjelaskan tentang sistem yang disimulasikan.

“Tadi sudah dilakukan kegiatan simulasi percobaan pemadaman api degan cara konvensional degan menggunakan bak tampung air dan disambungkan dengan batang bambu,

tujuannya untuk melihat sampai sejauh mana alat ini berfungsi ketika terjadi kebakaran pada daerah yang memang jangakuannya jauh dari petugas Pemadam, dan lokasinya berada di area perkebunan atau hutan, dan Alhamdulillah hasil simulasi berfungsi dengan baik, dan mudah mudahan dapat di terapkan di area area yg jauh jangkauannya dari sisi letak tempat lokasi kebakarannya,” terang Camat.

Lagi Viral :   SEGENAP PRAJURIT DAN PNS LANTAMAL IV DENGAN GEGAP GEMPITA SAMBUT DANLANTAMAL IV YANG BARU

Tomi (kaperwil provinsi Banten)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top