Bandar Lampung

Kandungan Zat Rhodamin B dan Boraks Masih Mendominasi Pada Jajanan Anak Dilingkungan Sekolah

beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Kepala  Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung, Dra. Syamsulyani Apt, menegaskan masih banyaknya zat berbahaya yang terkandung dalam makanan yang dijual bebas terutama yang beredar di sekitaran sekolah.

Zat yang dimaksud adalah Rhodamin B dan Boraks yang memang sudah populer dikalangan pedagang untuk menambah rasa maupun mempercantik tampilan dari makanan yang di suguhkan.

” kalo pewarna gitu kan anak-anak jadi senang, jadi memikat untuk membeli. Kemudian boraks itu kan untuk mengembangkan makanan. Yang tadinya kecil bisa jadi sedikit membesar dijual dengan harga murah. Ini kan bahaya, bisa memicu kanker” katanya saat ditemui awak media usai melakukan pertemuan dengan Walikota Herman HN pada, 01/02.

Lagi Viral :   Pesan Herman HN Untuk Siswa Taruna Nusantara

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak BBPOM sendiri mengklaim jika pihaknya sudah menerjunkan sejumlah tim fasilitator yang bertujuan untuk mendampingi sebanyak 500 sekolah, guna melakukan kroscek terhadap sejumlah makanan yang dijajakan oleh pihak penjual yang berlokasi di kantin, maupun di arela luar sekolah.

” ada 50 fasilitator yang kami berikan pelatihan yang bertujuan untuk melakukan pendampingan untuk memberikan KIE, mengecek kondisi kantin sekolah. Meskipun belum terlalu efektif ” tuturnya

Lagi Viral :   Ini dua Pejabat Struktural Yang Di Lantik Oleh Nanang Ermanto

Akan tetapi pihaknya terus mendorong dengan mengadakan kompetisi untuk menstimulus pihak sekolah dan fasilitator memperbaiki kondisi kantin dan makanan yang dijual.

” ini merupakan upaya kami agar memenuhi stadar makanan sehat yang kami punya ” tambahnya.

Diketahui, BBPOM Provinsi Lampung menggelar pertemuan tertutup bersama pemkot Bandar Lampung. Dalam kegiatan tersebut, kedua belah pihak membahas PERMENDAGRI 41 thn 2018 yang berisikan tentang peningkatan pengawasan makanan serta pendanaan untuk pembinaan dari Pemerintah Daerah.

Lagi Viral :   Nanang Ermanto Kukuhkan Kepengurusan UMKM Lampung Selatan

” Dalam hal ini Walikota Herman HN akan mensupport kami sesuai dengan PERMENDAGRI 41 tahun 2018 ” tukasnya. (ido)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top