Daerah

KETUA FORUM KADES MUARA ENIM, DI MINTA JELASKAN KEMANA DANA MEDIA DI TAFSIR RP 1,7 MILIAR

Muara Enim
beeoneinfo.com

Untuk diketahui bahwa pada tahun anggaran sebelumnya ( 2019 – 2020) memang sudah tercipta kerjasama Forum Kepala Desa se Kabupaten Muara Enim dengan insan pers di Kabupaten Muara Enim. Namun ketika itu hanya ada beberapa gelintir media saja yang diikutsertakan, sehingga timbul protes dari insan media di Kabupaten Muara Enim yang lain, agar bisa diikutsertakan dalam kerjasama tersebut.

Pada tahun tahun itu pun pengelolaan dana media dari Forum Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim ini dikoordinir langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muara Enim bersama Forum Kepala Desa.

Dari protes itulah.kemudian Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muara Enim (DPMD) Pada tahun anggaran 2020 mengadakan rapat bersama Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, pihak Bank Sumsel Babel bersama sejumlah insan pers di Kabupaten Muara Enim, tahun 2020.

Pada rapat tersebut diawali dengan keputusan dari Dinas DPMD Kabupaten Muara Enim bahwa pengelola dana media dari Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim diserahkan langsung kepada Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim. Artinya DPMD Kabupaten Muara Enim tidak bertanggung jawab lagi dengan dana media dimaksud

Kala itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muara Enim, Imran Tabrani mengatakan untuk tahun tahun selanjutnya, Dana media dari Kepala Desa Kabupaten Muara Enim silahkan dikelola oleh Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim sendiri.

Selanjutnya, rapat itu pun dikoordinir langsung oleh Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, Maman, mengingat Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim sudah dipercaya oleh Para Kepala Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat untuk mengelolah dana yang berkaitan dengan kerja sama media di Kabupaten Muara Enim dengan para Kepala Desa Se Kabupaten Muara Enim.

Wacana itu, bukanlah pepesan kosong, atau cuma sekedar kebijakan . Pasalnya sudah diadakan pertemuan / rapat beberapa kali antara insan media dengan Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim yang menghadirkan pihak Bank Sumsel Babel, dengan tujuan agar kerjasama itu legal standing nya jelas.

Dari beberapakali rapat antara Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan perwakilan organisasi pers di Kabupaten Muara Enim tahun 2020.

Untuk mengakomodir media di Kabupaten Muara Enim yang belum kerjasama, untuk tahun anggaran 2021 disetujui oleh Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, yang sebelumnya dana media Rp 5 Juta perdesa, ditambah anggaran menjadi Rp 7 Juta perdesa dari yang diusulkan Rp 10 Juta per desa.

Dana sebesar Rp 7 Juta perdesa ini sudah ditetapkan akan dialokasikan kepada media sebagaimana hasil keputusan rapat yang sudah beberapakali dilaksanakan antara Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan wartawan Kabupaten Muara Enim.

Pengalokasian dana media kepada sejumlah media di Kabupaten Muara Enim ini berbentuk kerjasama sejenis  Memorandum of Understanding (MoU) antara Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan insan jurnalis di Kabupaten Muara Enim, baik untuk berlanggananan media cetak maupun untuk publikasi media cetak dan media online pada tahun anggaran 2021.

Namun fakta yang terjadi, hasil rapat dan pertemuan yang sudah berapakali dilaksanakan antara pihak media dengan Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim. Dana media ini tidak perna tersalur ke insan media ssbagaimana hasil rapat hingga sudah diakhir tahun 2021.

Kerjasama antara Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan insan media di Kabupaten Muara Enim tidak perna terlaksana hingga menjelang tutup tahun 2021.

Sementara dana media dari desa desa sudah ditarik oleh pihak Bank Sumsel Babel sewaktu pencairan dana desa tahun anggaran 2021.

Hal inilah yang menjadi tanda tanya besar bagi insan media di Kabupaten Muara Enim.

Sampai saat ini, pihak media belum mengetahui titik permasalahan dan apa kendalanya sehingga kerja sama ini tidak dilaksanakan.

Ada semacam ingkar janji atau wanprestasi antara pihak Forum Kepala Desa, yang dipercaya para Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim dengan pihak media di Kabupaten Muara Enim.

Ketua Forum Kepala Desa sendiri, Maman yang juga Kepala Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), sudah beberapakali hubungi perwakilan media ini guna meminta penjelasan, kenapa kerja sama Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan insan pers di Kabupaten Muara Enim tidak terlaksana

Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim tidak perna memberikan respon. Bahkan sudah terjadi ” lost contact ” antara perwakilan insan media Kabupaten Muara Enim dengan Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, terkait masalah ini.

Sedangkan salah seorang Kepala Desa di Kabupaten Muara Enim yang sempat dihubungi, mengakui kalau dana yang berkaitan kerjasama dengan media pada tahun anggaran 2021 sudah diambil dari tiap desa di Kabupaten Muara Enim.

Dikatakannnya bahwa dana untuk media itu sudah dibekukan oleh pihak bank Sumsel, masing masing Rp 7 Juta perdesa. Dana itu tidak bisa diambil oleh desa karena sudah dipatok untuk dana kerjasama dengan media tahun anggaran 2021.

” Yang saya ketahui sebagai Kepala Desa, dana untuk media itu sudah dibekukan oleh pihak bank sebesar Rp 7 juta ” Terang Kepala Desa yang minta namanya dirahasiakan ini.

Namun kata dia, dirinya sebagai Kepala Desa tidak perna tahu kegunaan dana Rp 7 Juta itu, karena dirinya tidak perna diberitahu oleh Ketua Forum Kepala Desa, dialikasikan ke media mana saja dana itu.

” Seharusnya kami Kepala Desa harus mengetahui media mana saja yang bekerjasama dengan anggaran Rp 7 Juta perdesa itu Namun yang terjadi,  sampai saat ini saya tidak tahu ” Jelasnya.

” Yang pasti bahwa dana untuk kerjasama dengan media sebesar Rp 7 Juta itu sudah dicairkan pihak desa melalui pihak Bank  Sumsel Babel. ” Tuturnya melalui sambungan telpon.

” Tapi kalau masalah dana itu dialokasikan kemana saja, saya tidak tahu ” Pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa dana untuk media itu pada tahun anggaran 2021, totalnya diperkirakan sebesar Rp 1,7 Miliar, dengan rincian Rp  7 Juta perdesa, sebanyak 245 desa ( 7 juta X 245 Desa ).

Dana media tahun anggaran 2021 sebesar Rp 1,7 Miliar yang dikelola oleh Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim ini, sampai saat ini tidak ada kejelasan.

Ini yang menimbulkan banyak pertanyaan dari insan media di Kabupaten Muara Enim

Sebelumnya salah satunya wartawan media online saungnews, Agustiawan, mengakui kalau dirinya juga bertanya tanya, kenapa hasil pertemuan dan rapat dengan forum kepala desa itu tidak dilaksanakan Forum Kades, sedangkan dananya sudah ditarik dari para Kepala Desa.

” Kalau dana untuk media itu sudah ditarik dari para Kepala Desa, kenapa dana itu tidak direalisasikan sebagaimana kegunaannya. Ada apa ini ” Agustiawan mempertanyakan.

” Sedangkan Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim sendiri (Maman) tidak ada penjelasan, apa alasan sehingga tidak dilaksanakan. Hal ini patut ditelusuri ” Imbuhnya.

Dijelaskan Agus lagi, di tahun anggaran 2021, dana untuk media itu sebesar Rp 7 Juta perdesa . Berarti kalau ada 245 desa di Kabupaten Muara Enim, totalnya mencapai Rp 1,7 Miliar lebih. Dana yang sudah direalisasikan dari para Kepala Desa Sekabupaten Muara Enim itu sudah ada di Bank Sumsel. Namun sayangnya dana itu tidak bisa terserap sebagaimana peruntukannya.

” Ini patut kita pertanyakan dengan pihak Forum Kepala Desa dan pihak Bank Sumsel ” Tegasnya.

” Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim diminta untuk segera mengadakan pertemuan lagi dengan insan pers di Kabupaten Muara Enim, guna menjelaskan permasalahan dana media yang sudah ada di bank itu ” Pungkasnya.

Senada juga disampaikan oleh wartawan media online yang lain, Fajeri. Dikatakan Fajeri kalau dirinya mengetahui kalau akan ada rencana kerjasama antara insan pers dengan Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim sebagamana beberapa kalu rapat yang diikuti insan pers Kabupaten Muara Enim, Ketua Forum Kepala Desa, Perwakilan DPMD, dan juga dari fihak Bank Sumsel Babel

” Rapat rapat itu sudah ada titik dan keputusan, tinggal lagi pelaksanaannya. Namun anehnya, lanjut Fajeri, hasil pertemuan itu tidak dilaksanakan hingga sudah dipenghujung tahun 2021. Itu dinilai sebagai pembatalan sepihak dari Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, tanpa adanya penjelasan, sementara dana dari Kepala Desa sudah direalisasikan ” Beber Fajeri.

” Itu pembatalan sepihak dari Ketua Forum Kepala Desa, sedangkan dana dari Kepala Desa sudah diambil oleh fihak Bank Sumsel Babel. Kita mempertanyakan kenapa dana itu tidak disalurkan ke media sebagaimana hasil rapat antara Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim dengan Insan Pers di Kabupaten Muara Enim “ Tutur Fajeri

” Kami mohon Kepada oknum Ketua Forum Kepala Desa, kesepakatan itu jangan dicurangi ”Kata Fajeri.

” Juga kami minta kepada Pj Bupati Kabupaten Muara Enim H Nasrun Umar untuk memperhatikan nasib insan pers di Kabupaten Muara Enim ” Harap Fajeri.

Terkait masalah ini, Kepala Dinas Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah MSi juga sudah dikonfirmasi. Dia menjelaskan bahwa yang mengelolah dana untuk media, itu ditangani langsung oleh Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, DPMD tidak terlibat, mengingat itu adalah berkaitan langsung dengan kepala desa masing masing.

” Dalam hal ini, sejak tahun 2021,  pihak DPMD tidak ingin terlalu campur tangan dengan permasalahan itu, mengingat dana untuk media itu adalah dana milik desa ” Ucap Rusdi ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (07/12/2021) lalu.

Sedangkan Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, Maman sudah berapa kali dikonfirmasi via telpon. Hpnya aktip namun yang bersangkutan tidak perna mau mengangkat telpon ataupun membalas pesan yang dikirim lewat WA.

Secara terpisah, beberapa wartawan yang pada tahun anggaran 2020 lalu sudah mengikat kerjasama dengan Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim,  ketika dibincangi media ini mengatakan, kalau pada tahun anggaran 2021 ini, medianya tidak ada lagi kerjasama dengan Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim, kerjasama itu sudah terputus. Jelas mereka.

Dari perbincangan itu, berarti bahwa dana media tahun anggaran 2021 sebesar Rp 1,7 Miliar, yang dikelolah oleh Forum Kepala Desa Kabupaten Muara Enim tidak ada kejelasan.

Hal ini perlu jadi penelusuran aparat penegak hukum, baik Kejaksaan maupun kepolisian. Mengingat bahwa dana media sebesar Rp 1,7 Miliar itu merupakan dana desa tahun 2021. Termasuk mohom diungkap dana silva kerjasama media pada tahun sebelumnya.

Oleh : Aben

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top