KEP. RIAU

KRI TOM 357 Bersitegang Dengan Kapal Vietnam, Ini Penyebabnya

Kepri, beeoneinfo.com

Kapal patroli milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI TOM-357 menangkap 4 kapal penangkap ikan berbendera Vietnam, Minggu (24/2/2019) pukul 07.40 WIB.

“Keempat kapal itu diduga menangkap menggunakan trawl (pukat) di Landas Kontinen Laut Natuna, Indonesia,”

keempat kapal tersebut yakni BV 525 TS dengan muatan 1 palka ikan, BV 9487 TS bermuatan 2 palka ikan, BV 4923 TS dengan muatan 1 palka ikan, dan BV 525 dengan muatan kosong.

saat KRI TOM-357 sedang menggiring 4 kapal tersebut, terdapat kapal Vietnam Fisheries Resources Surveillance (VFRS) bernama Kiem Ngu 2142124 dan 214263 menerobos masuk ke wilayah ZEE Indonesia.

Komandan Guspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Irvansyah,  menjelaskan kronologi pengamanan empat kapal ikan asing yang dihadang oleh dua kapal pengawas Vietnam tersebut. Disebutkan,

Lagi Viral :   Harga Minyak Dunia Anjlok, Pengamat Minta Harga BBM Ikut Turun, Luhut : "Pengamat Asal Bunyi"

“ ada dua kapal Vietnam Fisheries Resources Surveillance yang mengikuti konvoi KRI TOM-357 saat mengamankan empat kapal ikan asing ini” kata Irvansyah ketika ditemui di dermaga Lanal Batam, Jumat (1/3).

Irvansyah melanjutkan, dalam prosesnya KRI TOM-357 sudah mendapat perlawanan ketika akan mengamankan kapal-kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia yang berbatasan dengan Vietnam ini.

Berbagai modus pun dilakukan kapal ini untuk mencoba menghindar dari KRI TOM 357, ada yang membakar bagian buritan kapal, ada juga yang lari ke perairan negara mereka.

KN-263 dan KN-214 ini terus melaksanakan manuver yang membahayakan dan bersifat provokatif terhadap KRI TOM 357 saat konvoi dengan empat kapal vietnam ini. Kapal ini memotong haluan kapal ikan dan KRI Bung Tomo-357 secara ekstrim.

Lagi Viral :   DANLANTAMAL IV HADIRI PERESMIAN MAKOGABWILHAN I

“awal dari KRI TOM 357 melakukan komunikasi dan memberikan peringatan terhadap KN-263 agar segera meninggalkan wilayah perairan Indonesia. Namun diabaikan,” jelas Irvansyah.

KRI Bung Tom-357 akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan. Hal ini dilakukan untuk menghalau kapal pengawas tersebut. Karena tetap diabaikan, tembakan peringatan pun kembali diberikan.

Setelah itu, dua tembakan lagi dilepaskan mendekati bagian depan kapal pengawas ini.  kapal ini pun akhirnya berhenti dan mematikan mesin kapal mereka.

“Kemudian komandan KRI Bung Tomo-357 memberi peringatan keras, jika tidak segera meninggalkan perairan Indonesia, akan ditindak tegas. Meriam sudah diarahkan ke kedua kapal tersebut.

Lagi Viral :   Tim Penilai Internal Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM Di LPKA Kelas II Batam

Dan pada sekitar pukul 11.50 WIB, kedua kapal tersebut menjauh dri KRI TOM 357.
Selanjutnya keempat kapal ikan vietnam tersebut digiring menuju dermaga Lanal Batam, ” Jelas nya.

(Renty)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top