Daerah

LUAR BIASA, PROYEK JALAN SUKA DAMAI PALI 2021, CUMA PENGERASAN 2 KM DIANGGARKAN RP 1,8 MILIAR

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
beeoneinfo.com

Untuk diketahui pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan telah dianggarkan pengerjaan proyek jalan akses Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi dengan nilai proyek Rp 1,8 Miliar.

Proyek ini sebagaimana seperti tertera di papan informasi proyek dengan judul Pekerasan Jalan Batu Krokos dan Pembuatan Gorong – Gorong Desa Suka Damai.
Nomor kontrak : 094/PKK/SPK/PJBKGGDSK/DPU.PALI/VIII/2021
Tanggal : 12 Agustus 2021
Nilai kontrak : Rp. 1.854.443.000,.
Lokasi : Desa Sukadamai
Pelaksana : CV. Penukal Jaya Mandiri. Dipapan informasi proyek, tidak tercantum berapa hari kalender masa waktu pekerjaan

Selain itu, dari pantauan langsung  awak media dilapangan, pengerjaan proyek tersebut dinilai terlalu mahal kalau cuma menghampar batu Krokos dan pembuatan badan jalan yang panjangnya sekitar 2 KM.

Lagi Viral :   Kadin Batam Berharap Perka BP Batam No.10 Agar Di Tangguhkan

Hal ini disampaikan oleh salah satu tim investigasi Napoleon Jum’at,(03/09/2021).

Dikatakannya, sangat tidak masuk akal dalam pengeraban proyek ini,
cuma menghampar batu Krokos dan pembuatan badan jalan yang panjangnya sekitar 2 KM sudah menelan dana Rp 1,8 Miliar.

‘ Ada indikasi disini terjadi mark up dan layaknya seperti proyek bancaan untuk mencari keuntungan diluar kewajaran ” Ujar Napeleon.

” Kami juga menilai pekerjaan proyek ini terkesan asal jadi ” Tukasnya.

” Oke lah, saat ini kontraktornya sedang bekerja, belum bisa diindikasikan ada merugikan negara. Tapi kalau dilihat dari jenis pekerjaan yang dilaksanakan, dapat kita sinyalir lebih awal kalau diproyek ini sarat perbuatan korupsi ” Terangnya.

Lagi Viral :   Musrenbang Lampung Selatan Berakhir Di Kecamatan Tanjung Bintang

Dalam hal ini, lanjut Napeleon, pihaknya meminta Dinas PU Bina Marga PALI dan Tata Ruang Kabupaten PALI untuk meninjau ulang proyek ini. Agar transparan jenis pekerjaan dan jenis material yang digunakan dalam proyek ini.

” Dinas terkait jangan cuma menerima laporan diatas meja saja, tetapi harus melakukan peninjauan, pemeriksaan dan pengawasan langsung kelapangan. Jangan sampai uang masyarakat PALI jadi bancaan, PALI di jadikan ladang Korupsi oleh oknum pelaksana dan negara dirugikan ” Pintanya

” Kami melihat hamparan batu krokos pada proyek ini sangat tipis, apa memang begitu spek dan RAB pada proyek Jalan ini ” Napoleon menanyakan.

” Bila pekerjaan proyek seperti itu masih saja di terima dan di ACC oleh instansi terkait, dalam hal ini pihak Dinas PU Bina Marga Kabupaten PALI tentunya hal ini menjadi pertanyaan ”  cetusnya

Lagi Viral :   Danrem 033/Wira Pratama Tinjau TMMD ke - 112 di Batam

” Ada indikasi terjadi kongkolingkong, persekongkolan, kemufakatan jahat pada proyek ini ” Pungkasnya.

Sementara itu, terkait permasalahan ini, ketika tim investigasi mencoba mengkonfirmasi  pihak pelaksana yang menurut informasi bernama “Jaer”.  Hingga berita ini di tayangkan tidak memberikan jawaban.

Sefangkan dari pihak Dinas PU Bina Marga PALI, terkait ini belum bisa konfirmasi.

Laporan : TIM

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top