Daerah

Nongsa Neptune Regata Lomba Kapal Yacht Kelas Dunia Di Kepri

Kepri, beeoneinfo.com

Nongsa Neptune Regatta adalah perlombaan kapal yacht, ini adalah satu-satunya lomba layar khatulistiwa kelas dunia yang ada di Kepri.

Perlombaan diikuti oleh 93 Peserta yachters dari 13 negara yang diantaranya adalah Ingris, Italy, Prancis, Singapura, New zealand, Australia, Belgia dan lain lain.

Nongsa Neptune Regatta berlangsung di perairan Indonesia, perlombaan dimulai dari Nongsa Point Marina dan kembali juga ke tempat yang sama.

Nongsa Point Marina Pulau Batam hanya berjarak 11 mil dari Singapura.

Balapan yacht berawal start di nongsa point marina lalu menuju lingga dengan Etape pertama benan, lalu Etape 2 menuju Pulau sikeling, kabupaten lingga.

Begitu sampai sikeling anchor terus start race sampe garis khatulistiwa
Cruise to the zero zero line selama seharian dan Disambut di pulau batu belubang, selanjutnya etape ke tiga dari Pulau sikeling menuju mubut darat dan
Etape terakhir mubut darat balik nongsa point

Lagi Viral :   Upaya Tingkatkan Minat Baca, Nanang Ermanto Minta Pejabat Di Lampung Selatan Sumbangkan Buku

Kegiatan ini sudah belangsung selama 10 tahun, dengan bertujuan untuk mengeksplore keindahan laut yang ada di Indonesia, untuk itu kami ciptakan Nongsa Neptune Regata, ungkap Mike Wiluan.

Mike menjelaskan bahwa konsep Nongsa Neptune Regata kali ini adalah sea sport untuk pariwisata dengan mengadakan event kelas dunia, mencoba mendatangkan Regata agar masuk ke Indonesia, untuk dapat mengeksplore keindahan laut di Kepri.

Dikatakan Mike selama 10 tahun berlangsung Nongsa Neptune Regata, bisa terlaksana semua berkat dukungan penuh dari instansi pemerintah daerah juga TNI Angkatan Laut yang memiliki peran sangat besar dalam kegiatan ini.

“Wilayah Kepri kaya akan lautan, untuk itu kami sangat membutuhkan dukungan penuh dari TNI Angkatan Laut, TNI AL sangat berperan dalam menjaga keamanan di lautan Indonesia, event ini melibatkan beberapa negara tentunya jaminan keamanan sangatlah dibutuhkan oleh para peserta, “ungkap mike.

Ditempat yang sama Kadispen Angkatan Laut Laksamana Pertama M Zainal menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Direktur Nongsa Neptune Regata Mike Wiluan yang telah berhasil melaksanakan kegiatan kali ini.

Lagi Viral :   Nanang Ermanto Ikuti Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama MCP Secara Virtual Yang Di Gelar Oleh Kemendagri Gandeng KPK

Dijelaskan Zainal Kapal milik TNI AL KRI Dewa Ruci juga pernah ikut meramaikan kegiatan Neptune Regata di tahun pertama.

Angkatan laut pada prinsipnya akan slalu mendukung kegiatan Regata, mengingat indonesia negara maritim dan kepulauan terbesar dalam hal ini support dari TNI AL adalah menjamin keamanan agar para peserta merasa nyaman.

Untuk kemanannya sendiri yaitu dari Koarmada 1 dibantu oleh lantamal IV, Guskamla, dan Lanal Batam yang bekerja sama dengan Nongsa Point Marina sebagai penyelengara. “pungkasnya.

Max dan Kim dua orang peserta menyampaikan perasaannya saat mengikuti kegiatan Nongsa Neptune Regata, dikatakan Max peserta dari Australia bahwa kami berdua datang ke event ini juga tahun lalu. Menurut saya ini adalah regatta yang luar biasa dengan persahabatannya yang sangat kental jadi kami memutuskannya untuk kembali ikut tahun ini.

“Ini kedua kalinya kami datang. Yang sangat kami senangi di event ini suasana yang luar biasa walaupun saling berbeda negara namun persahabatannya begitu erat. Semua orang saling membantu, Ini memang perlombaan tapi juga menjalin persahabatan sejati diantara peserta, ditambahkan Kim peserta asal Belgia.

Lagi Viral :   Untuk Menjaga Ekosistem Laut, Danrem 033/WP Himbau Jaga Kelestarian Mangrove

Mereka mengatakan bahwa dalam kegiatan ini bukan hanya perlombaan yacht untuk bersaing di lautan tapi dalam kesempatan ini suasana kekeluargaan dan saling perduli satu sama lain itu yang sangat luar biasa.

“kami saling memperhatikan. Jika ada yang mengalami masalah kami saling membantu, dan kami semua kembali bersama sama, kami memastikan jangan sampai ada yang kehilangan, ujar keduanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top