Lampung

Pemkab Lampung Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Santir Nasional Di Lapangan Desa Tanjung Sari Natar

Kalianda, beeoneinfo.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Lapangan Desa Tanjung Sari, Kecamatan Natar, pada hari Minggu, 22 Oktober 2023 mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, pada Senin (16/10/2023).

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Lampung Selatan Eka Riantinawati, membahas berbagai aspek mengenai persiapan upacara, mulai dari penentuan lokasi, susunan acara, hingga pengamanan acara.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan H. Ashari, Kepala Bagian Kesra Lampung Selatan serta perangkat daerah terkait dan perwakilan dari Pondok Pesantren.

Lagi Viral :   Pjs TP PKK Lampung Selatan Galakkan Kembali Program SIGER

Dalam rapat tersebut, Eka Riantinawati mengatakan, bahwa petugas upacara nantinya akan diisi oleh para santri yang ada di Kecamatan Natar.

“Untuk pakaian, laki-laki menggunakan atasan putih, peci hitam pakai sarung. Untuk wanita menggunakan baju muslimah bebas rapi. Kemudian, pesertanya nanti satu Pondok Pesantren membawa 50 santri,” ujar Eka Raintinawati menyepakati poin-poin dalam rapat tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan H. Ashari dalam rapat itu menekankan pentingnya peringatan Hari Santri Nasional sebagai wujud penghargaan terhadap peran santri dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

Lagi Viral :   DPRD Kota Metro Gelar Paripurna Pandangan Umum Raperda APBD TA 2019

Oleh karena itu, H. Ashari meminta agar dalam pelaksanaannya, peringatan Hari Santri Nasional dapat dipersiapkan dengan matang dan sebaik mungkin.

“Hal-hal kecil pun harus kita perhatikan. Ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya semua peserta upacara harus sikap sempurna. Itu juga bagian dari suksesnya pelaksanaan upacara. Karena ini Hari Santri kita sama-sama memeriahkannya,” kata H. Ashari.

Adapun, tema peringatan Hari Santri pada tahun 2023 ini adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Tema ini bertujuan sebagai pengingat bagi para santri bahwa mereka juga memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya itu, santri juga harus aktif memberi kontribusi dalam memajukan Negeri serta berjuang di era transformasi digital.

Lagi Viral :   Oknum Anggota Nyatakan Dukungan, Pengurus Ormas GML Marah Besar

Selain upacara bendera, peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Lampung Selatan juga akan diisi dengan kegiatan Tabligh Akbar dan berbagai pertunjukan dari para santri. Hal itu guna memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional 2023. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top