Daerah

Pemkab Lampung Selatan Kucurkan Rp 7M Lebih Untuk Way Panji, Ini Kata Nanang

LAMPUNG SELATAN, beeoneinfo.com

Kecamatan Way Panji menerima kucuran anggaran pembangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan sebesar Rp. 7.622.671.756 di tahun 2022.

Besaran anggaran untuk kecamatan yang hanya memiliki 4 desa itu terdiri dari anggaran operasional kecamatan sebesar Rp. 1.836.725.100 serta Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 di Kecamatan Way Panji sebesar Rp. 5.785.946.656.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Way Panji yang digelar di SD Negeri Sidomakmur, Kecamatan Way Panji, Rabu (02/02/2022).

Dalam sambutannya Nanang mengatakan, forum Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan merupakan bagian dari proses penyusunan perencanaan pembangunan yang mengacu pada prinsip perencanaan dari bawah dengan memperluas bentuk pelaksanaannya, yaitu dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat sebagai pelaku pembangunan.

Lagi Viral :   PILKADA PALI SUDAH USAI, CIPTAKAN PERSATUAN, BENAHI PERMASALAHAN YANG TERJADI

Untuk itu, Nanang berharap dalam proses pembangunan tersebut diperlukan adanya sinkronisasi program antara pemerintah tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Kepala desa selalu koordinasi dengan kecamatan, jangan sampai ada kegiatan camatnya ngak tahu, apalagi kabupaten. Ini bisa jadi hambatan, harus ada sinkronisasi, mari kita bangun kebersamaan dan gotong-royong untuk memajukan daerah kita,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musrenbang itu bertujuan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan dan inovasi daerah.

Lagi Viral :   Tega, Gara - Gara Bu Lurah Hajatan pelayanan Kelurahan Yosodadi Kec. Metro Tutup Total

Sehingga kata Nanang, terjadi sinkronisasi dalam menentukan prioritas pembangunan, baik ditingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan pemerintah pusat.

“Nanti kita ada tim untuk penajaman. Supaya mengerti apa itu Musrenbang, nanti bisa bermusyawarah dengan baik. Saya selalu tanamkan kebersamaan, hilangkan ego, itu bukan budaya kita. Semua aspirasi dalam forum ini kita terima untuk memajukan daerah,” katanya.

Nanang juga berharap, pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan itu hendaknya tidak hanya dijadikan sekedar melaksanakan tahapan proses perencanaan pembangunan.

Namun kata Nanang, bahwa forum Musrenbang tahunan itu agar dijadikan sebagai satu-satunya forum yang tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat.

Lagi Viral :   ASINTEL DANLANTAMAL IV BERI PENGARAHAN KEPADA SEGENAP PRAJURIT DAN PNS LANTAMAL IV

“Sehingga apa yang dihasilkan dalam forum ini benar-benar merupakan kumpulan kegiatan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023 mendatang,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top