Daerah

PLTU SUMSEL 1 MUARA ENIM DIDEMO, BEGINI TUNTUTANNYA

Muara Enim – Sumsel
beeoneinfo.com

Puluhan masyarakat yang yang tmengatasnamakan Sumsel Bersih, menggeruduk PLTU Sumsel 1 yang berlokasi di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (29/09/2021).

Unjuk rasa damai yang dipimpin oleh Koordinator Lapangan Rinaldi Davinci menyampaikan beberapa poin tuntutan, yaitu meminta PLTU Sumsel 1 untuk segera melakukan evaluasi, menggugat PLTU Sumsel 1 untuk segera mensejahterahkan masyarakat sekitar PLTU serta mengutuk keras mafia yang mengatasnamakan masyarakat untuk kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu terhadap seluruh pengadaan jasa yang ditawarkan di PLTU Sumsel 1.

Selain itu, mereka juga menagih janji PLTU Sumsel 1 terhadap perjanjian eks lahan dengan masyarakat yang diiming-imingi untuk segera bekerja di PLTU Sumsel 1.

Lagi Viral :   SAT RES NARKOBA POLRESTA BARELANG MUSNAHKAN 8 KILO GRAM NARKOTIKA JENIS SABU

Kemudian mengingat  letak PLTU Sumsel 1 dianggap sebagai tempat sejarah yang merupakan cagar budaya yang dilestarikan. Pengunjuk rasa juga meminta agar PLTU Sumsel 1 segera membuka kembali mata air dan aliran sungai yang ditutup oleh PLTU Sumsel 1. Karena air itu menurut merema adalah sumber kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, pendemo juga meminta pihak PLTU Sumsel 1 agar menyerahkan dokumen lengkap tenaga kerja asing (TKA) dan tenaga kerja lokal (TKL) kepada Pemerintah Desa setempat serta mendeportasi tenaga kerja asing yang menggunakan visa kunjungan/tidak menggunakan visa kerja kepada Pemerintah Desa setempat.

Selain itu massa pendemo juga menuntut PLTU Sumsel 1 untuk transparansi data dan informasi perusahaan konstruksi tentang administrasi perizinan dan perusahaan kepada masyarakat dan pemerintah setempat,
Masyarakat juga mendesak PLTU Sumsel 1 untuk mewujudkan hutan konservasi kawasan PLTU Sumsel 1 dan segera merealisasikan 1.000 tanaman yang dijanjikan kepada masyarakat Tanjung Menang.

Lagi Viral :   Peningkatan PAD Jadi Pembahasan Pada LAwatan DPRD Tangerang Ke DPRD Lampung Selatan

Terkait tuntutan pengunjukrasa tersebut, perwakilan dari PLTU Sumsel 1 diwakili Mr. Liu Jian Jun didamping penerjemah Merry, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memenuhi semua tuntutan dari Sumsel Bersih karena  keterbatasan PLTU Sumsel 1.

Namun pihaknya akan melakukan mediasi lanjutan untuk dua hari ke depan pada 2 Oktober 2021 dengan prioritas untuk membahas masalah pengadaan jasa yang ditawarkan di PLTU Sumsel 1, tenaga kerja asing dan tenaga kerja lokal kepada Pemerintah Desa setempat, serta mendeportasi tenaga kerja asing yang menggunakan visa kunjungan atau tenaga kerja yang tidak menggunakan visa kerja kepada Pemerintah Desa setempat. Begitu juga mengenai hutan konservasi kawasan PLTU Sumsel 1, dan realisasikan 1.000 tanaman yang dijanjikan kepada masyarakat Desa Tanjung Menang. 

Lagi Viral :   Bupati Nanang Ermanto Terima Audiensi Civitas Akademika UTB dan ITERA

Aksi damai Sumsel Bersih ini dihadiri Camat Rambang Niru Freddy Febriyansyah, Kapolsek Rambang Dangku AKP Sofyan, Danramil 404-04/Gunung Megang diwakili Pelda Dadang, Kanit Intelkam Polsek Rambang Niru Aipda Adit, serta pihak PLTU Sumsel 1 Mr. Liu Jian Jun dan Mr. Alex Yang. (Ab)

Sumber : Enimekspres, Sumeks.co

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top