Bandar Lampung

Polemik TPS 19 Way Kandis Gakkumdu Akan Segera Umumkan Ada Tersangka Atau Tidak, Pidananya Gak Main – Main

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Upaya pencarian tersangka pelaku pencoblosan surat suara di TPS 19 Way kandis Bandar lampung terus dilakukan oleh Sentra Gabungan Penegak hukum (Gakkumdu) yang terdiri dari Bawaslu, Polresta dan Kejati Bandar Lampung.

Setelah mendengar keterangan dari saksi ahli, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Lampung yang juga pihak Sentra Gakkumdu, Oddy JP Marasa mengatakan, kepastian adanya penetapan tersangka atau tidak dalam perkara ini pada 14 Maret 2024.

Lagi Viral :   Pembangunan Tahap II Gedung Parkir Pemkot Bandarlampung Dilanjut

“Besok hasilnya, tadi sifatnya pembahasan besok baru putusan” ujarnya, Rabu (13/03).

Sebelumnya pada 6 Maret 2024 lalu Sentra Gakkumdu telah meminta salah satu saksi Ahli dari UNILA untuk menyampaikan pendapatnya pada masalah ini.

adapun kemudian saksi lain termasuk didalamnya Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Kelurahan Way Kandis. Kemudian tujuh orang Eks Anggota KPPS berstatus terlapor, termasuk Ketua KPPS Abu Salim, kemudian Ketua RT setempat juga telah dimintai keterangan.

Adapun surat suara tercoblos sebelum dilakukannya pemungutan suara sebenarnya sudah diatur dalam UU Pemilu Pasal 532 yang menyebutkan bahwa:

Lagi Viral :   Isi Ramadhan, Beberapa Komunitas Jadi Satu Beramal Bareng

Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan yang menyebabkan suara seorang Pemilih menjadi tidak bernilai atau menyebabkan Peserta Pemilu tertentu mendapat tambahan suara atau perolehan suara Peserta Pemilu menjadi berkurang dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak Rp48.000.000,00 (empat puluh delapan juta rupiah).

Yang jadi permasalahan adalah Sentra Gakkumdu sendiri belum mendapat titik terang siapa yang melakukan pencoblosan dan sedang mendalami dengan hati – hati untuk mencari siapa yang paling bertanggung jawab.

Lagi Viral :   Marak Aksi Pencurian, Kasat Pol PP Bandar Lampung Minta Masyarakat Lakukan Langkah Antisipatif

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top