Bandar Lampung

Sempat Dilaporkan Menurun, Semburan Asap Tebal Kembali Dikeluarkan GAK Menjulang Kelangit Pada Pukul 10.00 Pagi Ini

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali bergeliat. Dilaporkan oleh salah satu anggota tim PMI di Lampung Selatan, terjadi beberapa kali erupsi yang menyebabkan hamburan debu vulkanik lebih tinggi dari biasanya. Padahal, sempat dilaporkan aktivitas GAK ini menurun selama tiga hari hingga pukul 06.00 pagi ini, Selasa 01/01.

” Memang sempat tertidur selama tiga hari, tapi pagi ini kami semua melihat aktivitas GAK kembali terjadi. Awan vulkanik juga membumbung lebih tinggi dari biasanya ” Terang Umar, salah satu anggota PMI.(01/01)

Namun Umar mengatakan, tidak ada gempa atau getaran apapun yang terasa disana. keadaan pun masih terlihat aman dan tidak ada kepanikan.

” Masih aman disini, tidak ada kepanikan karena memang tidak ada getaran sama sekali. Kita juga belum ada himbauan untuk merapat atau evakuasi lanjutan ” Tambah Umar.

Lagi Viral :   Nanang Eramnto Resmikan Masjid Nurul Iman Di Kecamatan Ketapang

Sementara di tempat lain, Muhammad Ali, juga dari PMI menjelaskan meski terjadi kembali erupsi yang aktif dari GAK mereka tetap semangat untuk melakukan pembersihan dilokasi terdampak tsunami.

” Memang terlihat dari sini jelas, dan cukup aktif, tapi kami yakin akan baik – baik saja. Ombak juga biasa saja, dan suara dentuman juga tidak terdengar. Meski semalam sempat hujan dan saat ini keadaan cuaca mendung, tapi kami belum ada perintah untuk menarik anggota kami dari posisi saat ini ” Tegas Muhammad Ali.

Muhamad Ali mengatakan, GAK terlihat kembali aktif dengan rutin sejak pukul 10.00 pagi hingga berita ini diturunkan. Namun belum ada keterangan lanjutan dari BMKG tentang situasi terkini.

” Belum ada keterangan apapun dari BMKG, kami juga tetap standby disini, melakukan pembersihan dan pelayanan pada masyarakat yang mengungsi. Walau begitu, kami berusaha membuat masyarakat tetap tenang dan tidak panik, serta memberikan arahan jika kemudian terjadi hal yang tidak diinginkan “. Terang Muhamad Ali.

Lagi Viral :   Jelang Idul Fitri, Herman HN Terbitkan Surat Edaran Kepada Pengelola Mall

Baik Umar maupun Muhammad Ali saat inipun masih tetap bekerja secara maksimal untuk kemanusiaan disana dan tergabung dalam tim di PMI. Mereka melakukan pembersihan dan pelayanan kebutuhan masyarakat yang mengungsi akibat terdampak Tsunami di Lampung Selatan.

Sebelumnya, Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) diselat Sunda dilaporkan sempat terus menunjukan penurunan. Dari data aktivitas vulkanik sampai dengan pagi ini, selasa (1/1/2019).

Dilansir dari tribunnews bogor.com, Tidak lagi terdengar adanya suara dentuman dari aktivitas erupsi GAK seperti yang terjadi pada pekan lalu.

“Dari pukul 00.00 wib sampai dengan pukul 06.00 wib, tercatat hanya ada 4 kali gempa letusan dengan amplitudi 13-25 mm dan durasi 40-120 detik,” kata petugas pos pantau GAK di desa Hargopancuran, Suwarno.

Selain gempa letusan juga teramati adanya gempa hembusan sebanyak 39 kali dengan amplitudo 7-22 mm dan durasi 25-225 detik. Dan gempa tremor mon harmonik dengan jumlah 1 dengan amplitudo 25 mm dan durasi 464 detik.

Lagi Viral :   Drama Bakso Sony - Pemkot Bandar Lampung Masih Berlanjut, ini Penyebabnya

Kemudian gempa vulkanik dalam 1 dengan amplitudo 15, S-P : 2.8 detik dan dueasi 17 detik.

“Sampai saat ini status GAK sampai saat ini level III siaga. Dimana para pengunjung dan nelayan dilarang mendekat dalam radius 5 kilometer,” kata Suwarno.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top