Bandar Lampung

Siap – Siap Sertifikat Halal Bakal Wajib, Sanksinya Buat Jantungan : “Daftar Mumpung Gratis !”

Bandar Lampung, beeoneinfo.com

BPJPH kembali membuka sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM yang produknya masuk dalam kategori wajib bersertifikasi halal jalur self declare. Pendaftaran sertifikasi halal gratis ini dibuka kembali sejak 24 Agustus 2022 hingga 17 September 2022. Namun begitu, info terkini yang beredar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berencana akan memperpanjang pendaftaran gratis sertifikasi halal ini.

Hal ini dilakukan untuk percepatan para pelaku UMKM memiliki sertifikat halal bagi produk – produk yang masuk dalam kategori wajib bersertifikasi halal seperti salah satunya adalah makanan dan minuman.

BPJPH sendiri menegaskan, kewajiban memiliki sertifikat halal bagi produk – produk berkategori sendiri akan secara bertahap diterapkan. Bahkan, pemerintah sendiri telah turut mendukung dengan menerbitkan aturan tentang sanksi bagi pelaku usaha yang produknya masuk dalam kategori wajib bersertifikat halal.

Secara tegas, Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) memberikan sanksi administratif dan juga pidana, berupa penjara dan denda. Sanksi tersebut dikenakan terhadap pengusaha yang tidak mengurus kehalalan produk belum bersertifikat halal.

Tidak tanggung-tanggung, ancaman pidananya berupa penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak 2 Milyar Rupiah. Tidak hanya itu, jenis sanksi lain berupa penarikan produk dari peredaran juga terdapat di UU JPH.

Lagi Viral :   Pembunuh Dua Blantik Sapi Tertangkap Di Babel Oleh Tekab 308 Lampung Tengah

Ketentuan ini berlaku untuk produk halal impor yang tidak diregistrasi oleh  BPJPH. Semua produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal (bagi produk yang ingin dinyatakan halal).

Ketentuan ini berlaku untuk semua produk barang atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat dan kosmetik. Selain itu, produk kimiawi, biologi, rekayasa genetik, serta semua barang yang digunakan oleh masyarakat juga wajib bersertifikat halal.

rencananya, kebijakan kewajiban produk bersertifikat halal ini sendiri akan dilaksanakan mulai dari 24 Oktober 2024 nanti.

Apa sih keuntungan yang diperoleh UKM dengan memiliki sertifikasi halal? Banyak. UKM yang memiliki sertifikasi halal untuk produknya tentu akan memiliki poin plus dan keunggulan kompetitif dibanding pesaingnya. Tak hanya itu, keuntungan yang diperoleh UKM setelah mengantongi sertifikasi halal antara lain sebagai berikut.

1. Jaminan kualitas

Produk yang telah memiliki sertifikasi halal tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sebab, untuk memperoleh sertifikasi halal itu sendiri sudah melalui serangkaian proses kendali mutu mulai dari bahan baku yang digunakan, proses produksinya, sampai dengan produk jadi siap edar dan konsumsi. Jika LPPOM MUI telah menyatakan lulus uji, artinya UKM sebagai produsen mampu menjamin bahwa produknya halal dan berkualitas.

Lagi Viral :   Terciduk Sedang Asik Bagikan Uang Di Masa Tenang Pemilu, Camat Teluk Betung Timur Lapor Panwaslu

2. Memberikan ketenangan kepada konsumen

Wajib bagi setiap muslim untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Dengan adanya sertifikasi halal yang diwujudkan dalam label halal pada kemasan produk dapat memberikan rasa tenang kepada konsumen, terutama muslim ketika menggunakan atau mengonsumsi produk tersebut. Tanpa adanya label halal, konsumen akan merasa cemas dan khawatir adanya bahan-bahan yang tidak halal terkandung atau tercampur secara tidak sengaja di dalam produk.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Sertifikat halal bukanlah dokumen yang bisa diperoleh secara sembarangan, tetapi melalui serangkaian proses bahkan uji klinis bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi suatu produk. Bahkan prosedurnya cukup ketat, di mana bahan-bahan baku diteliti secara cermat guna memastikan kehalalannya. Dengan terbitnya sertifikat halal, tentu saja akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kandungan produk makanan atau minuman yang diteliti.

4. Menambah Unique Selling Point

Unique Selling Point (USP) adalah konsep marketing yang dapat membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. Apabila Anda sebagai pelaku UKM sudah mengantongi sertifikat halal, maka produk Anda akan memiliki poin plus di mata konsumen, sehingga mendorong konsumen untuk lebih memilih produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing Anda.

Lagi Viral :   Angka Perceraian Tinggi, TNI Ajak Perwakilan Kanwil Kemenag Gelar Penyuluhan

5. Mendapatkan akses pasar lokal dan global

Adanya sertifikasi halal akan memberi Anda peluang untuk masuk ke pasar halal baik lokal maupun global. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini telah banyak dikembangkan wisata halal bahkan di negara-negara yang muslimnya minoritas, seperti Thailand, Philipina, Singapura, dan lainnya. Hal ini tentu membuka peluang yang lebih luas bagi Anda untuk memasarkan produk-produk unggulan hingga ke pasar halal internasional.

6. Menambah jejaring usaha

Keuntungan memiliki sertifikasi halal lainnya adalah memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan pasar hingga ke pasar internasional. Anda berkesempatan untuk mengekspor produk Anda ke berbagai negara muslim seperti Arab Saudi, Brunei Darussalam, Turki, dan lainnya.

Dari berbagai sumber
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top