Bandar Lampung

SMSI Bandar Lampung Usulkan Pendampingan Verifikasi Dewan Pers

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Pengurus Besar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Bandar Lampung meminta, Donny Irawan memberikan pendampingan dan memfasilitasi anggota untuk menuju verifikasi Dewan Pers.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua I Bidang Organisasi SMSI Kota Bandar Lampung Ruslan Anwar Sani, dalam Musyawarah Provinsi ke 1 SMSI Lampung, Sabtu (27/8/2022).

Ruslan mengatakan bahwa dari 30 perusahaan siber yang tergabung di SMSI Kota Bandar Lampung, ada sekitar 20 media online yang sudah legal dan Berbadan Hukum namun belum tercatat di Dewan Pers.

Lagi Viral :   Bupati Lampung Timur  dan Ketua DPRD Tanda Tangani Nota Kesepakatan (KUA) dan (PPAS) Tahun  2019

“Permintaan kepada ketua tepilih yakni, verifikasi. Media online yang menjadi anggota SMSI Kota Bandar Lampung hampir 80% belum verifikasi Dewan Pers. Sehingga ini menjadi salah satu tugas ketua terpilih untuk memfasilitasi,” kata Ruslan.

Fasilitas yang dibutuhkan, disebutkan Ruslan, diantaranya bimbingan serta memberikan kemudahan dalam menginformasikan segala persyaratan dan kebutuhan verifikasi.

“Misalnya, membuat tempat khusus untuk kita bersama-sama melakukan verifikasi serentak. Atau melakukan pergerakan lainnya, misalnya dimulai dengan adanya pendidikan jurnalistiknya, atau sertifikasi wartawan,” ungkap dia.

Disamping itu, SMSI Kota Bandar Lampung juga meminta adanya bantuan pembentukan LBH di Kota Bandar Lampung. Untuk membantu pihak perusahaan media, atau jurnalis dari perusahaa  mendapat pendampingan hukum.

Lagi Viral :   Bahas Program Kerja 2021, DPD KWRI Gelar Konsolidasi Ke Seluruh DPC KWRI Se Lampung

“Ini dibutuhkan bagi perusahaan yang belum, SMSI Kota juga butuh pembimbing hukum. Untuk jurnalis dan medianya. Walau jurnalis sudah sesuai dengan etika, namun masih bisa dipidana jika perusahaan tidak terverifikasi,” tandasnya.

Sementara, Ketua Terpilih Donny Irawan mengatakan terkait verfikasi ini tentu akan menjadi prioritas dan PR seluruh anggota SMSI yang tergabung dan harus dilakukan secara bersama.

“Pertama kita akan segera lalukan pendataan ulang. Lalu apa masukan-masukan dari teman-teman semua akan kita tuangkan ke dalam program kerja,” pungkas Donny.

Lagi Viral :   Herman HN Instruksikan Dinas Kelautan dan Perikanan Bantu Pemasaran Udang dan Rebon

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top