Nasional

SUAMI ISTRI KENA OTT KPK, BUPATI PROBOLINGGO PUPUT TANTRIANA SARI DAN ANGGOTA DPR RI HASAN AMIRUDDIN

Jakarta
beeoneinfo.com

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Pada kegiatan tangkap tangan ini, tim KPK telah mengamankan 10 orang dibeberapa tempat berbeda di Wilayah Probolinggo Jawa Timur, Senin (30/08/2021) sebelum subuh sekitar pukul 04.00 WIB.

Terdapat dua nama yang menjadi sorotan dalam OTT ini yaitu Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin.

Hasan Aminuddin adalah anggota Partai Nasional Demokrat dan saat ini menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari fraksi Nasional Demokrat.

Selanjutnya ada dua orang ajudan, lima camat dan satu Pelaksana Jabatan Kepala Desa. OTT KPK ini pun diduga terkait jual beli jabatan Pemerintahan Deaa.

Lagi Viral :   Ketika Jokowi Dan Budi Gunawan Mainkan Sandiaga Uno, Pengamat : "Prabowo-Sandi, atau Sandi-Puan ?"

OTT KPK ini dibenarkan Pelaksana Tugas  juru bicara KPK, Ali Fikri.

” Benar, informasi yang kami terima, tim KPK melakukan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sebagai pelaku tindak pidana korupsi di wilayah Jawa Timur,” ucap Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (30/08/2021) dilansir dari merdeka.com.

Dengan adanya OTT KPK yanf menjerat kader Partai Nasdem ini, Sekjen DPP Nasdem Johnny Gerard Plate menegaskan partainya memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) jika ada kader yang menyangkut masalah korupsi (merampok uang rakyat).

SOP tersebut adalah anggota yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari keanggotaan partai.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya kader tersebut dapat lebih fokus untuk menyelesaikan masalah hukum yang sedang dijalaninya.

Lagi Viral :   KAPOLRI IDHAM AZIZ MELANTIK KAPOLDA SUMSEL DAN 8 KAPOLDA LAINNYA

“Internal NasDem ada SOP ketika kader terkena tindakan hukum terkait korupsi biasanya mereka mengundurkan diri sebagai fungsionaris penugasan partai maupun dari keanggotaan partai,” tegasnya.

Hasan Aminuddin merupakan anggota DPR RI Fraksi Nasdem dua periode yang sebelumnya juga menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode.

Sementara itu, setelah dilakukan pemeriksaan oleh KPK, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin sudah ditetapkan tersangka.

Terkait kasus ini, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, pihaknya telah melakukan pemecatan terhadap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya yang juga anggota DPR RI Hasan Aminuddin. 

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Pemerintah Kabupaten Probolinggo. 

Ia menjelaskan, setiap kader yang menduduki jabatan publik, maka ketika dia terseret kasus pidana dan sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh penegak hukum, yang bersangkutan harus mundur dari partai. 

Lagi Viral :   Terima Form B1KWK Dari PKS, Bunda Lili : " Terima Kasih Masyarakat Morowali Utara"

“Maka begitu dinyatakan sebagai tersangka, artinya memenuhi dua alat bukti, kemudian dia secara otomatis dinyatakan mengundurkan diri dari partai,” kata Ahmad Ali kepada KOMPAS TV, Selasa (31/08/2021). (Ab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top