Daerah

TAMBANG BATU BARA TANPA IZIN TERUS BEROPERASI DI KABUPATEN MUARA ENIM, ADA APA?

Muara Enim
beeoneinfo.com

Penambangan Tanpa Izin (PETI) atau Tambang Batubara ilegal yang teroperasi di Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung dalam wilayah Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan sepertinya masih terus beroperasi walaupun kegiatan itu merupakan perbuatan melawan hukum.

Aktivitas PETI ini bukan cuma sudah menyepelehkan peraturan perundang – undangan dan merusak lingkungan alam namun juga sudah banyak memakan banyak korban jiwa.

Aktivitas ilegal ini jelas saja sudah mendatangkan banyak pertanyaan dari masyarakat Kabupaten Muara Enim, mengapa aktivitas PETI ini terus dibiarkan.

Salah satunya. AR, Kepada media ini dia menuturkan bahwa PETI atau lebih populer pertambangan batu bara ilegal ini sudah nyata tanpa izin serta merusak lingkungan sekitar tambang, kenapa pihak pihak berwenang seperti tutup mata.

” PETI itu penambangan tanpa izin yang tidak ada reklamasi pasca tambang ” Ungkap aktivis yang namanya minta di inisialkan ini.

Selain itu, lanjut dia, PETI itu tidak ada pembayaran pajak resmi ke negara, tidak ada kemasukan untuk negara, yang ada hanya untuk mengisi kantong oknum oknum yang terlibat dalam PETI itu. Bahkan sambung dia, aktvitas PETI itu juga tidak mengurangi pengangguran secara signifikan. Dalam hal ini negara sudah sangat dirugikan oleh aktivitas tambang batu bara tanpa izin ini.

Lagi Viral :   SATGAS PENCEGAHAN OPERASI AMAN NUSA II SELIGI-2020 POLDA KEPRI BERI HIMBAUAN PENCEGAHAN COVID-19

” Yang jelas PETI itu penambangan tanpa izin merupakan perbuatan melawan hukum, melanggar undang-undang minerba, ada ancaman pidana dan perdatanya” Tegas Pemerhati Kabupaten Muara Enim ini.

” Namun anehnya, walaupun ada ancaman hukuman, pertambangan batu bara ilegal itu jalan terus, secara terang terangan, tanpa ada rasa takut para pelakunya, terkesan ada yang membekingi, ” Cetusnya.

Dituturkannya lagi aktivitas PETI itu memang nampak membuat perubahan kehidupan masyarakat sekitar lebih baik pada saat ini. Namun mereka tidak menyadari bahwa lingkungan bukan cuma untuk kehidupan saat ini, tapi juga perlu untuk di wariskan kepada anak cucu nantinya. Apa yang bakal terjadi Pasca aktivitas pertambangan batu bara tanpa izin (PETI) itu nantinya.

Lagi Viral :   Bupati Lampung Timur Dan Keluarga Nyoblos Di TPS 02 Desa Negara Ratu

Dikatakan AR lagi bahwa PETI itu tidak memiliki izin amdal. Jadi sudah dipastikan tidak ada kontrol dan pengawasan terhadap damoak dan pencemaran lingkungan, baik darat maupun air akbat dampak kegiatan PETI itu.

” Yang namanya Penambangan tanpa izin tidak ada pihak pihak yang betanggung jawab, tidak ada pengawasan terkait dampak lingkungan yang terjadi akibat kegiatan tambang itu, dimana ada batu bara digali, diambil, diangkut, dijual, begitulah prakteknya dari hari ke hari, sedangkan masalah kerusakan lingkungan mereka tidak peduli” Ungkap dia.

” Aktivitas PETI ini memang sering dirazia, namun itu terkesan hanya seremoni belaka. sebuah aksi tanpa hasil, PETI tetap jalan terus tanpa tindakan yang berarti ” Terang AR.

” Padahal kegiatan PETI itu sudah jelas melanggar undang-undang tentang pertambangan, undang-undang tentang lingkungan hidup, juga tindak pidana illegal mining yang menegaskan bahwa setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR, atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah). Juga pada Pasal 109 UUPPLH mengatakan setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah),” Pungkas AR (Tim)

Lagi Viral :   TANGKAP SPECIALIS PEMBOBOL PASAR INPRES PENDOPO, POLSEK TALANG UBI MENDAPAT KARANGAN BUNGA

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top