Berita Viral

Teguran Keras PKB Buat Yaqut : “Jangan Bikin Ribut Dan Picu Kontroversi”

Nasional, beeoneinfo.com

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) buka suara atas viralnya pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang diduga membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing.

Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid menyampaikan teguran pada Yaqut dan meminta agar meralat pernyataan tersebut dan meminta maaf pada masyarakat.

Jazilul mengatakan, secara Fiqih menjawab Adzan bagi umat Islam adalah hal wajib yang harus dilakukan. Jazilul juga meminta Yaqut agar tidak mengeluarkan pernyataan – pernyataan yang tidak produktif.

“”Jangan bikin ribut dan memicu kontroversi. Urusilah hal-hal yang produktif bagi kemaslahatan umat,” ucap Jazilul dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (24/2).

Lagi Viral :   Viral Ada TNI Amankan Dinosaurus Ngamuk Di Magetan, Ini Faktanya

Jazilul mengakui DPP PKB banyak menerima keluhan akibat pernyataan Yaqut yang viral tersebut. Dia juga heran kenapa sampai bisa Yaqut menyamakan suara Adzan dengan gonggongan anjing.

“Lah, kok ini dianalogikan dengan gonggongan anjing. Astaghfirullah! Kami sarankan dengan hormat agar Menag meralat dan mengakui kesalahan analoginya,” katanya.

“Pak Jokowi juga telah berpesan, agar para pebantunya fokus bekerja bukan malah membuat gaduh” Pungkas Jazilul.

Sebelumnya, Yaqut saat diwawancara sejumlah awak media di Pekanbaru, Riau, sempat menjelaskan bahwa volume suara toa masjid dan musala harus diatur maksimal 100 desibel (dB). Selain itu, waktu penggunaan disesuaikan di setiap waktu sebelum dan sesudah azan.

Lagi Viral :   BBM NAIK, BERIKUT JENIS DAN DAFTAR HARGA BARUNYA

Hal itu dia sampaikan untuk menjelaskan surat edaran yang mengatur penggunaan toa di masjid dan musala yang dikeluarkannya beberapa waktu lalu.

Namun, Yaqut kemudian mencontohkan suara-suara lain yang dapat menimbulkan gangguan. Salah satunya suara gonggongan anjing.

“Yang paling sederhana lagi, kalau kita hidup dalam satu kompleks, misalnya. Kiri, kanan, depan belakang pelihara anjing semua. Misalnya menggonggong dalam waktu bersamaan, kita ini terganggu, enggak? Artinya apa? Suara-suara ini, apa pun suara itu, harus kita atur supaya tidak jadi gangguan. Sepiker di musala-masjid silakan dipakai, tetapi tolong diatur agar tidak ada terganggu,” kata Yaqut.

Lagi Viral :   KELUARGA BESAR KOLINLAMIL GOWES SEPEDA SUNTER - ANCOL - MARKAS KOLINLAMIL

sebagian besar dikutip dari artikel berjudul “PKB Minta Yaqut Akui Salah, Samakan Azan dengan Gonggongan Anjing” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220224142651-32-763526/pkb-minta-yaqut-akui-salah-samakan-azan-dengan-gonggongan-anjing.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top