Ekonomi Bisnis

Tekhnologi AI Untuk Tunjang Bisnis Anda, Simak Disini 10 AI Yang Bisa Jadi Rujukan

Akhir-akhir ini banyak orang yang membahas mengenai Artificial Intelligence (AI). Dalam bahasa Indonesia, AI atau yang disebut kecerdasan buatan ini biasa dimanfaatkan untuk mempermudah tugas-tugas. Artificial Intelligence merupakan sistem kecerdasan manusia yang dimodelkan menjadi sebuah mesin yang dapat berpikir seperti manusia.

Kini banyak industri yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang berbagai hal, termasuk pekerjaan. Adapun contoh teknologi AI yang sudah ada dalam kehidupan kita seperti Google AssistantSiri, hingga Alexa. Apa saja AI  yang bisa kita manfaatkan untuk menunjang produktivitas bisnis? Simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Beautiful.ai

Beautiful.ai adalah alat berbasis web yang memungkinkan pengguna membuat presentasi dalam waktu singkat. AI untuk menunjang produktivitas kerja ini menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat slide berdasarkan konten dan preferensi pengguna. Artinya, Sahabat Wirausaha tidak perlu khawatir mengenai font, warna, tata letak, atau animasi, karena Beautiful.ai akan melakukan penyesuaian secara tepat.

Beautiful.ai berbeda dari alat presentasi lainnya karena tidak memberikan kanvas kosong untuk digunakan. Sebaliknya, alat ini menyediakan perpustakaan templat cerdas yang menyesuaikan dengan konten dan gaya penggunanya.

Cukup pilih template, tambahkan teks, gambar, bagan, atau video, dan biarkan Beautiful.ai menangani sisanya. AI ini secara otomatis akan menyesuaikan tata letak, warna, font, dan animasi pada slide agar terlihat sempurna.

2. Futurepedia

Hampir setiap hari, aplikasi baru berbasis AI terus dirilis. Nah, untuk mengetahuinya, Futurepedia.io menawarkan layanan online yang menyediakan daftar tools-tools tersebut secara up to date.

Sebagai situs daftar direktori yang mengumpulkan berbagai alat berbasis AI, Futurepedia saat ini memiliki lebih dari 350 tools yang akan diperbarui setiap hari. Ada opsi pengurutan dan filter untuk mencari alat tertentu berdasarkan kategori, seperti 3D, seni, pengeditan audio, asisten kode, avatarcopywriting, alat pengembang, desain, dan banyak lagi.

Selain itu, Sahabat Wirausaha juga bisa memanfaatkan AI untuk menunjang produktivitas kerja dengan menyimpan tools tertentu sebagai bookmark favorit lalu login menggunakan akun Gmail/Google.

Lagi Viral :   Masjid Terancam Di Sita Bank, Masyarakat Galang Donasi Selamatkan Masjid

3. Noty.ai

Jika Sahabat Wirausaha pernah membuat transkrip rekaman audio, Sahabat pasti tahu betapa melelahkannya mendengarkan rekaman dan mengetiknya kata demi kata. Kabar baiknya, kini tersebut Noty.ai sebagai alat kecerdasan buatan untuk mengurangi beban kerja tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup unggah audio dan tunggu AI menyalinnya, transkrip kemudian akan tersedia dalam hitungan detik. Selain itu, alat ini terintegrasi dengan beberapa aplikasi seperti Google Workspace, Zoom, dan teknologi seperti OpenAI, sehingga akan mempermudah segala aktivitas dan membuat penggunanya kian produktif.

4. QuestAI 

Quest adalah salah satu AI untuk menunjang produktivitas kerja untuk membuat komponen React yang bersih dan dapat diperluas dari desain Figma. Ini memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk membuat aplikasi React dengan cepat dan mudah, tanpa memerlukan pengkodean secara manual.

Untuk menggunakan QuestAI, Cukup impor desain yang diinginkan dari Figma. Kemudian alat ini akan menghasilkan komponen kode yang mencakup sistem desain dan pustaka komponen. Sebelum aplikasi dirilis, Sahabat Wirausaha bisa meninjaunya terlebih dahulu dan memasukkan kode ke repository GitHub.

Selain itu, AI ini menyediakan perpustakaan animasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai animasi. Itu artinya, Sahabat Wirausaha bisa memegang kendali penuh juga memastikan bahwa kode yang dihasilkan mematuhi standar industri.

5. Hints AI

Hints AI adalah salah satu AI untuk menunjang produktivitas kerja dengan cepat dan tepat. Disini kita bisa berkomunikasi dengan hints seolah-olah sedang berbicara dengan asisten yang sebenarnya, bahkan bisa menangani berbagai tugas seperti manajemen proyek, jaringan, dan entri data ke dalam tabel di berbagai platform perangkat lunak.

Kabar baiknya, alat ini juga dapat terhubung ke beberapa aplikasi seperti WhatsAppTelegramSlackEmail, dan SMS, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengotomatiskan semua tugas manual agar cepat selesai. Sahabat Wirausaha juga bisa berbicara dengan Hints AI seperti halnya berkomunikasi dengan manusia, nantinya alat ini akan memahami dan melaksanakan semua perintah tersebut.

6. MagicalAI

Magical AI adalah alat bantu dalam hal kepenulisan yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengerjakan berbagai tugas, meningkatkan efisiensi saat pengguna sedang bekerja sehingga bisa lebih produktif.

Lagi Viral :   KRI TELUK BINTUNI 520 BAWA PASUKAN MARINIR DALAM RANGKA BINSAT KORPS MARINIR 2019

Kabar baiknya, MagicalAI tersedia untuk Chrome dan Edge yang mampu mengotomatiskan pembuatan pesan, pembaruan formulir, dan tugas rutin lainnya. Misalnya ketika Sahabat Wirausaha sedang menulis sebuah promosi penjualan atau menanggapi pertanyaan pelanggan, maka ketepatan dan kesadaran konteksnya akan diteliti.

MagicalAI tersedia untuk semua orang, tanpa memerlukan integrasi, API, atau persyaratan yang rumit. Umumnya alat ini berkaitan dengan mempercepat tugas-tugas seperti pengiriman pesan, entri data, dan sejenisnya. Kemudian MagicalAI akan memastikan bahwa pengguna dapat fokus pada tugas inti mereka sementara tugas yang berulang akan dikerjakan secara otomatis.

7. Fireflies AI

Fireflies AI adalah asisten suara AI yang membantu menyalin, meringkas, membuat catatan dan menyelesaikan tindakan selama rapat. AI untuk menunjang produktivitas kerja ini bisa terhubung ke semua platform konferensi web terkemuka seperti Zoom, Google Meet, Webex, dan Microsoft Teams, serta aplikasi bisnis seperti Hubspot, Slack, Trello, Asana, dan Salesforce.

Selain itu, ada berbagai fitur unggulan dari Fireflies seperti merekam aktivitas rapat di semua platform konferensi web utama secara real time. Alat ini juga mampu mentranskripsikan rapat langsung atau file audio yang kita unggah. Dengan begitu, Sahabat Wirausaha bisa membaca transkrip dan mendengarkan audionya secara bersamaan.

Yang lebih menarik, alat ini mampu memberikan ikhtisar rapat terperinci, garis besar, catatan rapat, kata kunci, dan item tindakan yang paling inti. Dalam 5 menit, Sahabat Wirausaha bisa melacak dan menelusuri hasil rapat secara keseluruhan. Luar biasa!

8. SheetAI.app

SheetAI.app adalah salah satu AI untuk menunjang produktivitas kerja dalam bentuk spreadsheet. Hal ini memungkinkan pengguna menggunakan model OpenAI GPT3 mutakhir di Google Spreadsheet untuk menganalisis dan mengubah data teks secara otomatis dengan akurasi dan kecepatan tak tertandingi.

SheetAI bisa dengan cepat mengubah deskripsi teks menjadi ekspresi reguler (REGEX) atau mengotomatiskan tugas-tugas yang memakan waktu seperti ekstraksi data dari teks. Selain itu, Sahabat Wirausaha juga dapat membagikan Google Sheet dengan aman dan mencegah eksploitasi data dengan menggunakan fitur Ask OpenAI.

Aplikasi SheetAI menggunakan kecerdasan buatan pada fitur-fitur spreadsheet, membuatnya mudah untuk mengelola dan meningkatkan proses analisis data. Alat ini juga memungkinkan pengguna memperoleh wawasan dari data yang dimasukkan dengan cepat dan efektif sekaligus memanfaatkannya.

Lagi Viral :   MEGAWATI JENGKEL, KEGAGALAN PENANGANAN COVID - 19, IMPLIKASINYA KE SUARA PDIP ?

9. AlanaAI

AlanaAI adalah kecerdasan buatan pertama yang dirancang khusus untuk periklanan. Disini Sahabat Wirausaha bisa menanggapi komentar, membuat laporan, dan mengelola postingan secara otomatis. Dengan segala fitur didalamnya, tentu akan membuat sebuah brand mencapai tingkat respons, tingkat konversi, dan wawasan yang tidak mungkin dicapai secara manual.

Dengan mengotomatiskan kualitas dan mencapai ROI yang sebenarnya, AI ini dapat mengoptimalkan proses dan biaya merek. Selain itu, Alana juga memiliki fitur omnichannel by AI, yang mengintegrasikan jaringan sosial, situs webemail, dan aplikasi menggunakan kecerdasan buatan untuk memastikan hasil di semua saluran.

10. CoGram

Cogram ditujukan untuk ilmuwan data dan pemrograman Python yang menggunakan kueri SQL dan Notebook Jupyter. Alat AI ini memungkinkan pemrograman untuk menulis kueri dalam bahasa Inggris, yang kemudian diubah menjadi kueri SQL yang kompleks dengan gabungan dan pengelompokan. Perlu kita ketahui bahwa Cogram juga mendukung SQLite, PostgreSQL, dan MySQL.

Ya, platform ini sangat berguna karena mampu menghemat waktu karyawan untuk untuk meringkas isi pertemuan dan membuat laporan. Kabar baiknya, CoGram juga menawarkan uji coba gratis untuk 15 menit pertama. Lebih lanjut, Sahabat Wirausaha bisa menghubungi pihak CoGram secara langsung untuk bernegosiasi biaya langganan seterusnya.

Penutup

Itu dia beberapa rekomendasi AI untuk menunjang produktivitas kerja. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Sahabat Wirausaha bisa meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas data, dan tentunya menghemat waktu. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top